Jawa Timur

Pantai Pehpulo

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pantai pehpulo Blitar masih perawan, lho! View-nya benar-benar eksotis dan jalan ke lokasi juga sangat unik. Mau tahu selengkapnya? Simak ulasan ini sampai selesai.

Salah satu destinasi wisata hits di kalangan para pemuda baik yang berasal dari Blitar maupun luar kota adalah Pantai Peh Pulo. Sesuai dengan nama pantainya, alamat tempat wisata ini juga di desa Peh Pulo.

Ada banyak hal yang menarik dari tempat wisata di Blitar ini. Jadi, sayang banget jika harus dilewatkan begitu saja.

Rute dan jalan ke lokasi pantai pehpulo

Plakat Pantai Pehpulo Blitar via instagram @adihydro93
Plakat Pantai Pehpulo Blitar via instagram @adihydro93

Daya tarik dari tempat wisata kekinian ini salah satunya adalah rute menuju lokasi yang masih sangat alami. Untuk menuju ke sini para pengunjung harus melewati jalan cor-coran dengan kombinasi jalan makadam.

Jadi, jangan harap perjalananmu akan mulus begitu saja. Sebab faktanya, ada banyak bebatuan yang akan membuat perjalananmu makin terasa bermakna.

Kalau kamu suka bertualang, maka destinasi wisata ini paling pas buat kamu kunjungi baik sama teman maupun pacar.

Tempat wisata ini terletak di desa Pehpulo, Sumbersih, Panggungrejo, Blitar. Karena berada di pedesaan, sudah pasti udara di sekitar lokasi masih sejuk dengan pemandangan sekitar yang sangat khas.

Kamu harus melewati rumah warga, perkebunan, atau area sawah sebelum akhirnya bisa sampai di lokasinya.

Kalau mau ke sini, pengunjung harus menggunakan kendaraan roda dua. Hal ini karena kendaraan roda empat tidak bisa sampai di lokasi pantainya.

Namun, bila kamu terpaksa memakai mobil. Maka mobilnya harus diparkir di sebelah barat pantai peh pulo atau di pantai Sumbersih. Selanjutnya, kamu perlu jalan kaki untuk bisa sampai di lokasi dan melihat pemandangannya secara langsung.

Jaraknya tidak terlalu jauh. Tapi tergantung kemampuan dan kebiasaan orang dalam menempuh perjalanan dengan berjalan kaki.

Daya tarik wisata pantai pehpulo

Saat sudah sampai lokasi, kamu akan melihat banyak hal menakjubkan, di antaranya adalah:

Hamparan pasir putih di bibir pantai

Salah satu bagian yang terkenal dari pantai ini adalah pasir putihnya yang melimpah. Bahkan, ada yang menyebut di sinilah surga pasir putih yang ada di daerah Blitar. Lokasinya yang cukup tersembunyi membuat destinasi wisata ini makin menarik saja.

Pasir Putih Pantainya via instagram @kirana_anggeli
Pasir Putih Pantainya via instagram @kirana_anggeli

Batuan karang dan hewan laut saat air surut

Ketika air laut sedang surut, kamu bisa melihat ada banyak batuan dan terumbu karang, hingga hewan laut yang hidup di permukaan. Semuanya terlihat dengan jelas dan menjadi pemandangan yang sulit didapatkan di tempat lain.

Bila ini terjadi, pastikan kamu siap dengan bidikan kamera agar bisa memposting-nya di sosial media.

Berdiri di Batuan Karang Pantai Peh pulo via instagram @ichamarsha05
Berdiri di Batuan Karang Pantai Peh pulo via instagram @ichamarsha05

Pulau-pulau kecil gagah berdiri di pinggir dan tengah laut

Memandang ke laut lepas, kamu akan melihat pulau-pulau kecil yang ada di tengah segara. Jaraknya tak begitu jauh dari bibir pantai.

Pada saat air sedang pasang, pulau-pulau ini seolah terpisah-pisah. Tapi begitu air surut, justru batuannya terlihat menyatu bila dilihat dari daratan.

Banyak Pulau Kecil via instagram @pesonawisata.nusantara
Banyak Pulau Kecil via instagram @pesonawisata.nusantara

Rumah nelayan dan perahu

Saat berkunjung, kamu juga bisa melihat rumah-rumah nelayan dan perahunya. Aktivitas laut di sore dan pagi hari bisa langsung terlihat di sini.

Kapal Nelayan Bersandar di Pantai Pehpulo via instagram @__kerehore__
Kapal Nelayan Bersandar di Pantai Pehpulo via instagram @__kerehore__

Fasilitas yang terus dikembangkan

Semakin hari, sejumlah fasilitas terus dibangun tanpa menghilangkan kesan alami dari laut dan pantainya. Hal ini terlihat dengan adanya stand warung yang siap memanjakan perutmu saat mulai keroncongan dan tenggorokanmu ketika mulai merasakan dahaga.

Mau minum kopi sambil melihat pemandangan laut, semua bisa dilakukan di sini dengan nyaman.

Harga tiket masuk pantai pehpulo di Blitar Jawa Timur dan jam buka

Untuk masuk ke lokasi, kamu hanya perlu membayar Rp 5.000,- per orang. Parkir mobilnya sekitar Rp 10.000,- dan motor Rp 5.000,-.

Pantai ini buka setiap hari selama 24 jam. Jadi, kamu bebas menentukan jadwal saat hendak ke pantai pehpulo. Namun perlu diingat bahwa saat membuat jadwal jangan lupa untuk mempertimbangkan kondisi jalan. Artinya, sebaiknya jangan ke sini saat malam hari.

Featured Image Wisata Pantai Pehpulo Blitar via instagram @fix_moto_

Peta Lokasi