Jadi lokasi wisata favorit, Pantai Popoh Tulungagung menawarkan pesona yang sangat indah. Destinasi ini masih alami, menenteramkan, dan membuat damai. Penduduk sekitar pun ramah. Sempurna!

Lokasi wisata ini merupakan salah satu tempat yang sangat terkenal di Tulungagung, Jawa Timur. Bahkan, pantai ini bisa dibilang sebagai cikal bakal wisata laut yang ada di sini. Sebelum pantai lain dikembangkan sebagai tempat wisata, Popoh sudah menjadi tempat berlibur bagi warga sekitar.

Saking populernya, banyak orang yang menyebut belum ke Tulungagung jika belum ke Popoh.

Kalau kamu penasaran, langsung jadwalkan saja liburan ke sini. Aksesnya mudah, kok! Jaraknya dari pusat kota Tulungagung juga tidak terlalu jauh, jadi bisa sekalian mampir saat ke sini.

Tapi sebelum itu, mari kita jelajahi dulu sejarah dan tips wisatanya dalam ulasan ini!

Sejarah pantai Popoh

Unsur sejarah di pantai ini sangat kuat. Diceritakan seorang Tumenggung Yudhonegoro yang memiliki nama asli Raden Kromodipo. Raden ini merupakan kepala prajurit yang berasal dari Kerajaan Mataram. Dia merupakan bawahan Adipati Andong Biru yang merupakan pemegang kekuasaan di pesisir selatan.

Sang Tumenggung mendapatkan tugas untuk babat alas guna ekspansi di wilayah selatan, termasuk salah satunya pantai Popoh ini. Dia berhasil menciptakan pemukiman warga dan akhirnya mendapatkan keistimewaan untuk menikahi putri Sang Adipati yang bernama Gambar Inten.

Atas keistimewaan tersebut, Raden Kromodipo mengadakan sedekah laut untuk mengungkapkan rasa syukur. Tradisi ini masih dilakukan oleh warga sekitar hingga sekarang. Setiap tahun di bulan Selo, tepat di hari Minggu Kliwon mereka akan melakukan Larung Sembonyo dan selalu ramai pengunjung.

Tradisi ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi Popoh beach.

Sejarah Popoh
Sejarah Popoh via instagram @tulungagungsparkling

Berlibur di Pantai Popoh Tulungagung

Meski saat bulan Selo pantai di Tulungagung ini ramai, kamu tak perlu menunggu bulan selo untuk berkunjung dan berlibur di sini. Sebab di hari biasa pun, ada banyak hal yang ditawarkan dan bisa kamu lakukan. Apa saja?

Pantai yang unik

Di sini pantainya cukup unik, berbeda dengan yang lain. Hal ini karena garis pantainya begitu dekat dan kamu bisa puas main air.

Tidak hanya air, para pengunjung juga akan dimanjakan dengan teduhnya pohon-pohon rindang di sekitar lokasi. Inilah salah satu keunikan yang ada di sini.

Bila biasanya siang hari di pantai identik dengan hawanya yang panas, Popoh tidak demikian. Kamu tetap bisa berteduh di bawah rindangnya pohon sambil terus menikmati keindahan laut secara leluasa.

Aktivitas langsung para nelayan

Saat masuk kawasan pantai pertama kali, pemandangan laut dengan kapal berjajar akan memenuhi ruang matamu. Bila biasanya di tempat lain kamu bisa menyewa perahu-perahu tersebut untuk bermain di laut, di sini kamu tidak hanya bisa melakukan itu.

Sebab pemandangan lain yang tak kalah menarik adalah aktivitas pelelangan ikan oleh para nelayan. Ya, Popoh dekat dengan tempat pelelangan ikan.

Nelayan Sedang Inspeksi Kapal
Nelayan Sedang Inspeksi Kapal via googlemaps @PETAPAGENit

Ikan segar yang memanjakan lidah

Di sini kamu juga bisa mengonsumsi makanan laut dengan nyaman. Ikan bakar yang rasanya lezat karena baru diambil dari laut ditambah dengan pemandangan laut dan gunung menghijau adalah perpaduan yang sangat manis dan menenteramkan.

Gambar Banyak Yang Jual Ikan Segar
Banyak Yang Jual Ikan Segar via instagram @frontonetulungagung

Batuan yang menarik

Kamu juga bisa berfoto di atas batu-batu pipih yang terkikis air laut setiap harinya. Ditambah dengan lumut hijau yang menempel di beberapa bagian membuat batuan ini makin menarik.

Batuan Pantai Popoh
Batuan Pantai Popoh via instagram @tulungagungnow

Sunset yang indah

Tempat wisata ini buka 24 jam, jadi kamu bisa menikmatinya sampai sore hari sambil melihat matahari tenggelam.

Gambar Sunset Pantai Popoh yang indah
Sunset Pantai Popoh yang indah via instagram @kitatulungagung

Alamat dan jarak Tulungagung ke Pantai Popoh

Pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi dengan teman dan keluarga, bahkan kamu bisa mengajak anak lalu bermain pasir di pinggir pantai. Alamatnya berada di jalur lintas selatan, jalan raya pantai Prigi, Watulimo, Besuki, Tulungagung, Jawa Timur.

Jarak Tulungagung ke pantai Popoh hanya sekitar 33 km bila lewat Jl. Raya Popoh. Waktu tempuhnya kurang dari 1 jam tergantung kondisi jalan dan kelihaian pengemudi.

Harga tiket masuk Pantai Popoh dan jam bukanya

Harga tiket masuknya adalah Rp 3.000,- per orang. Destinasi ini buka selama 24 jam. Kalau kemalaman, kamu juga bisa langsung cari penginapan karena di sekitar lokasi sudah cukup banyak tersedia.

So, tunggu apa lagi? Selamat membuat jadwal liburan ke pantai Popoh bersama keluarga atau teman biar makin ramai.

Featured Image Tempat Wisata Pantai Popoh via googlemaps @Hendra Setiawan