Alamat
Tlk., Sialang Buah, Kec. Tlk. Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara
Harga
Gratis
Jam Buka
24 Jam

Pantai sialang buah jadi destinasi wisata pilihan saat liburan. Tiket murah, pemandangan mewah, dan akses jalannya sangat mudah.

Ini adalah salah satu pantai dengan rating yang bagus di Provinsi Sumatera Utara. Hasil ulasan dari para pengunjung menempatkannya di bintang 4,1. Mayoritas pengunjung memuji kearifan lokal dan keramahan warga sekitar selain pantainya yang memang indah.

Kamu mau ke pantai ini? Yuk simak dulu ulasannya.

Daya tarik pantai sialang buah

Keindahan lautan di Sumatera Utara sudah tidak diragukan lagi, pasti indahnya. Uniknya, bila biasanya pasir pantai itu putih, di sini kamu akan melihat pasir yang cokelat.

Ombak yang tenang

Tak hanya pasirnya yang unik, di sini lautnya juga dikenal memiliki ombak yang tenang. Bahkan bila kamu beruntung bisa melihat keindahan air laut saat surut.

Bila ini terjadi, biasanya para pengunjung akan langsung berjalan ke tengah segara. Menikmati hamparan pasir pantai yang luas sambil menunggu air laut kembali pasang.

Tempat wisata di Medan ini sangat cocok buat dikunjungi bersama anak karena ketenangan ombaknya. Jadi, kunjungilah bersama keluarga agar makin seru.

Pantai Sialang Buah Punya Ombak Tenang dan Pasir Agak Coklat via instagram @ary_nst
Pantai Sialang Buah Punya Ombak Tenang dan Pasir Agak Coklat via instagram @ary_nst

Hamparan pasir yang cocok buat selfie

Di hamparan pasirnya yang coklat dengan latar laut kebiruan yang tenang, kamu bisa mendapatkan spot foto terbaik. Carilah angle yang tepat dan berposelah seolah-olah kamu seorang model yang sedang pemotretan di pantai.

Selanjutnya, unggah di media sosialmu dan beri tag nama tempat wisatanya. Dijamin, fotomu akan banyak view-nya. Kalau beruntung bakal mendapatkan banyak like. Bahkan dari orang yang tidak kamu kenal sekalipun.

Kulineran seafood yang lezat

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di obyek wisata ini adalah makan. Ya, tempat ini menjadi destinasi dengan tempat kuliner seafood yang rasanya lezat.

Mau cari ikan bakar, udang, cumi-cumi, atau kepiting yang diolah khas Sumatera Utara, semuanya tersedia. Pokoknya, semua makanannya siap memanjakan lidahmu yang butuh cita rasa tinggi.

Kulinernya lengkap dan Maknyus di Pantai Sialang Buah via instagram @elisaphenandez
Kulinernya lengkap dan Maknyus via instagram @elisaphenandez

Menyewa pondok di pinggir pantai

Ada banyak sekali pemondokan yang ada di pinggiran pantainya. Untuk berteduh dan berkumpul bersama keluarga, kamu bisa menyewa pondok-pondok ini.

Sambil istirahat di dalam pondok, kamu tetap bisa menikmati pemandangan lautan lepas yang menenangkan dan menghilangkan stresmu.

Berjejer pondokan untuk berteduh di sepanjang garis Pantai Sialang Buah via instagram @cayagich
Berjejer pondokan untuk berteduh di sepanjang garis Pantai via instagram @cayagich

Fasilitas yang lengkap

Di sini, fasilitasnya sangat lengkap. Waktu masuk pertama kali, kamu akan disambut dengan lahan parkir yang sangat luas, baik untuk mobil maupun motor.

Selanjutnya, setelah bermain air di laut atau menikmati pemandangan, kamu bisa bilas di toilet yang terawat.

Selain itu, ada juga mushola-mushola yang sudah terjaga kesuciannya. Dengan keberadaan fasilitas ini, umat muslim yang datang ke lokasi bisa sedikit lebih tenang.

Rute menuju lokasi dan alamat pantai sialang buah

Alamat tempat wisata ini berada di Teluk Sialang Buah, di kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Segai atau Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara.

Akses ke sini sangat bagus dengan jalanan yang mulus. Di samping itu, keramahan penduduk setempat akan menyambutmu dan membuatmu merasa seperti di rumah sendiri.

Kalau berangkat dari medan, kamu butuh waktu tempuh sekitar 1,5 jam saja (tanpa lewat tol). Kalau mau lewat tol lintas sumatera tentu bisa lebih cepat.

Kalau lewat tol, kamu bisa keluar dari pintu tol teluk Mengkudu. Dari lokasi ini, tinggal 5 menit lagi kamu akan sampai di tujuan.

Harga tiket masuk pantai sialang buah dan jam bukanya

Untuk masuk ke lokasi kamu hanya butuh bayar Rp 5.000,- saja. Di dalam lokasi, kamu masih harus membayar biaya parkir kendaraan, beli makanan, atau sewa pemondokan.

Jam buka

Tempat ini buka setiap hari selama 24 jam. Tapi kalau operasionalnya dari pukul 08.00 sampai 18.00 waktu setempat karena alasan keamanan.

Terakhir, jangan sampai kameramu ketinggalan saat hendak berangkat. Cek dulu semua barang bawaan.

Featured Image via instagram @noniy2806