Eksotis dan unik, itulah mengapa sesekali kamu harus mampir ke Pantai Sine yang ada di Tulungagung. Pantainya bersih berpadu dengan rindangnya pohon dan perahu nelayan. Keren!

Ada banyak spot foto kece yang ada di pantai ini, mulai dari hamparan pasir dengan garis lautnya yang indah. Hingga perairan menghijau yang dikelilingi pepohonan dan menyerupai danau. Di pinggirnya juga ada perahu nelayan yang sedang parkir di dermaga.

Bila penasaran, yuk jelajahi keindahannya bersama sebelum menjadwalkan liburanmu ke sana!

Sebelum Masuk Pantai Sine (Parkiran)
Sebelum Masuk Pantai Sine (Parkiran) via googlemaps @bang boom

Berwisata di Pantai Sine

Destinasi wisata ini sangat cocok untuk kaum milenial dan keluarga. Di sini, semuanya bisa seru-seruan untuk melepas lelah dan penat. Bermain pasir dan air dengan leluasa. Apa saja aktivitas yang bisa dilakukan?

Melihat sunrise

Salah satu hal yang terkenal di pantai ini adalah eksotisme matahari terbitnya. Keindahannya bahkan diumpamakan bisa membius siapa pun yang melihatnya. Ini juga menjadi spot terbaik saat kamu berada di sini.

Jadi, saran kami sebaiknya ke sini pagi sebelum matahari terbit. Sehingga pas sudah sunrise kamu bisa menikmatinya dengan tenang.

Gambar Main di pantai saat sunset ataupun sunrise Pantai Sine
Main di pantai saat sunset ataupun sunrise via instagram @aqila644

Menikmati lezatnya kuliner makanan laut

Yang tak boleh ketinggalan saat berada di sini adalah kuliner makanan lautnya. Bagi orang kota yang jarang menikmati ikan segar yang baru ditangkap, menikmati makanan laut yang baru saja ditangkap adalah hal yang menakjubkan.

Silakan rasakan dan bedakan sendiri bagaimana rasa makanan laut yang baru ditangkap itu amat sangat berbeda dengan yang sudah ditangkap lama lalu diawetkan dengan air es. Boleh dibakar atau diolah sesuka hati. Rasanya benar-benar nikmat.

Banyak Warung Lesehan Kuliner Laut di pinggir Pantai Sine
Banyak Warung Lesehan Kuliner Laut di pinggir pantai via googlemaps @mohamad Naim

Berfoto di spot yang instagrammable

Di sekitar lokasi sudah ada spot-spot yang sangat cocok untuk di-posting di instagram. Ada yang dekat perahu, di pasir putih, payung, dan ikon-ikon ala pantai Sine lainnya. Silakan pilih spot terbaik yang sesuai dengan warna bajumu dan konsep foto yang diinginkan.

Salah Satu Spot Foto Bagus
Salah Satu Spot Foto Bagus via instagram @tulungagungsparkling

Upacara kebudayaan tiap tahun

Malam 1 suro menjadi salah satu momen yang paling ditunggu oleh warga sekitar. Sebab di saat ini adalah momen upacara kebudayaan yang memang diadakan setiap tahun. Warga sekitar biasanya menggelar wayang kulit sekalian untuk melestarikan budaya.

Kalau mau menikmatinya datanglah di musim tahun baru islam. Lokasinya akan terasa ramai. Namun, jika kamu tidak cocok dengan keramaian atau lebih suka suasana yang tenang, sebaiknya hindari awal tahun hijriah.

Tebing bermata air alami

Salah satu hal yang unik lainnya adalah di sekitar lokasi ada tebing yang memiliki mata air alami. Jadi, kamu bisa ke sini untuk menenangkan diri sekalian bermain air. Airnya sangat tenang dan tidak dalam.

Seribu cemara (cemara sewu)

Pohon cemara di sekitar lokasi juga menjadi spot indah tersendiri buat para pengunjung. Selain bisa dipakai untuk berfoto, pohon-pohon ini juga cocok digunakan sebagai tempat berteduh setelah berpanas-panasan di area pantai. Semilir angin akan mengembalikan energimu yang hilang.

Gambar Tersesat di Cemara Sewu Pantai Sine
Tersesat di Cemara Sewu via instagram @a_likaa

Penginapan di Pantai Sine Tulungagung

Jangan khawatir kemalaman bila berada di sini, sebab sudah ada banyak sekali penginapan dengan harga yang terjangkau di sekitar lokasi. Mulai dari guest house hingga hotel berbintang sudah tersedia. Kisaran harganya dari 150 sampai 350 ribuan rupiah.

Silakan buka Google Map agar lebih detail informasinya sebab tarif biasanya dapat berubah sewaktu-waktu.

Harga tiket masuk Pantai Sine terbaru, jam buka, dan alamat

Tiket masuk ke tempat wisata pantai di Tulungagung ini adalah Rp 10.000,- per orang. Sudah ada lokasi parkir yang luas dengan tarif terpisah. Parkir untuk motor biasanya Rp 3.500,- sekali parkir.

Bukanya selama 24 jam setiap hari. Kamu bisa berkunjung ke sini dengan melewati rute lewat kota Tulungagung. Jaraknya sekitar 30 km. Perjalanan darat dengan kendaraan bermotor membutuhkan waktu sekitar 1 jam, tergantung medan dan kondisi jalan.

Alamat lengkapnya berada di Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Tulungagung.

Saat ini, pengelola terus melakukan pengembangan dengan memperbaiki akses jalan menuju pantai sine. Jadi, sangat recommended untuk dikunjungi saat kamu berada di Jawa Timur.

Featured Image Tempat Wisata Pantai Sine via instagram @ferydwigunawan7