Jadi destinasi wisata unggulan Indonesia terbaru, Pantai Tanjung Kelayang yang ada di Belitung makin ramai pengunjung. Kamu juga harus ke salah satu dari 10 Bali Baru Indonesia ini.

Sebagaimana diketahui, sejak tahun 2015 Indonesia telah menetapkan 10 lokasi wisata yang termasuk dalam Bali Baru. Satu di antaranya adalah Tanjung Kelayang. Sementara lokasi lain yang saat ini tengah naik daun adalah Labuan Bajo yang ada di NTT.

Wilayah ini terpilih karena dinilai sangat strategis sebagai tempat bertemunya Indonesia dan negara ASEAN lainnya. Bahkan, destinasi ini sudah dipakai sebagai tempat berskala nasional dan internasional seperti festival maritim hingga voli pantai se-ASEAN.

Jadi, tak mengherankan bila tempat wisata ini selalu ramai pengunjung. Apalagi setelah para wisatawan membuktikan sendiri keindahannya, sebagian besar merasa betah dan tidak ingin pulang.

Kamu ingin ke sini juga? Yuk jelajahi dulu lewat ulasan ini!

Sejarah pantai tanjung kelayang

Tempat wisata di Belitung ini memiliki luas sekitar 324,4 hektar. Sementara hamparan pasirnya seluas 1,5 km. Di sini, terdapat banyak sekali batuan granit berukuran raksasa yang siap memanjakan mata.

Menurut sejarahnya, batuan ini sudah ada sejak zaman megalitikum yang ternyata berdaya magis buat siapapun yang melihatnya. Tak hanya orang awam, para arkeolog dan ahli sejarah pun mempercayainya.

Tak hanya itu, di lokasi ini kamu juga bisa melihat kepala burung yang seolah sedang mengerami telurnya. Burung itu selalu menghadap ke kiblat.

Nama Tanjung Kelayang sendiri sebenarnya diambil dari nama burung Kelayang yang konon sering terbang di atas pantai dan menambah suasana makin indah di pagi hari.

Bisa berwisata langsung ke banyak pulau kecil naik perahu
Bisa berwisata langsung ke banyak pulau kecil naik perahu via googlemaps @Kun Chan

Keistimewaan tanjung kelayang

Ada banyak hal yang membuat tanjung kelayang istimewa. Di antaranya adalah:

Titik pemberangkatan ke pulau terdekat yang sangat indah

Saat berada di sini, kamu bisa menyewa perahu pulang pergi untuk berkunjung ke tiga pulau sekaligus. Pilihan pulaunya adalah pulau lengkuas, pulau babi (kepayang), pulau kelayang, pulau pasir, dan pulau burung.

Sebagian besar dari pulau tersebut memiliki batuan granit raksasa yang sangat unik. Ada yang menyerupai paruh burung, kelayang, dll. Namun, ada satu pulau yang paling unik yakni lengkuas (Light House) yang memiliki mercusuar dan bisa digunakan untuk melihat pemandangan indah di sekitar pantai.

Kamu bisa menyewa perahu untuk pulang pergi ke pula-pulau tersebut. Satu kapal biasanya maksimal berisi 10 orang dengan tarif yang berbeda-beda. Saat musim liburan atau peak season biasanya harganya lebih mahal dibanding hari biasa.

Tertambatnya kapal-kapal persewaan

Karena menjadi tempat pemberangkatan ke berbagai pulau, di sini banyak sekali kapal yang sedang parkir siap disewakan.

Kapal-kapal yang berjajar rapi ini menjadi pemandangan yang unik dan bisa dijadikan sebagai spot untuk berfoto.

Bisa Sewa Kapal Untuk Keliling
Bisa Sewa Kapal Untuk Keliling via instagram @savooneleven

Pasir putih yang indah

Tak perlu terburu-buru berangkat ke pulau terdekat, pantai ini sendiri punya pemandangan yang sayang untuk dilewatkan. Kamu bisa melihat pasir putih berpadu kontras dengan air laut berwarna biru tosca.

Ombaknya yang tenang membuat siapapun enggan untuk beranjak saat bermain air di pantai ini. Terlebih di sepanjang pantai, pohon kelapa menjadi pagar dan meneduhkan suasana.

Gambar Menikmati Lembutnya Pasir Putih Pantai Tanjung Kelayang
Menikmati Lembutnya Pasir Putih Pantai Tanjung Kelayang via instagram @nakedindonesia

Snorkling dan diving

Kamu juga bisa snorkling dan menyelam di sini. Terumbu karangnya sangat bagus dan kehidupan bawah lautnya begitu indah.

Seru-seruan Snorkling dan Diving Bareng di Pantai Tanjung Kelayang
Seru-seruan Snorkling dan Diving Bareng di Pantai Tanjung Kelayang via instagram @nadinecelvira

Sunrise yang indah

Menyaksikan matahari terbit di sini adalah yang terbaik. Jadi, jangan sampai terlewat.

Sunrise ataupun Sunset Tetap Sama Indahnya
Sunrise ataupun Sunset Tetap Sama Indahnya via instagram @ikaamelina

Fasilitas yang tersedia

Fasilitas umum sudah cukup memadai, mulai dari parkir yang luas, bisa untuk mobil dan motor. Hingga mushola, tempat makan, dan kamar bilas, dan toilet sudah tersedia semua.

Kamu juga bisa belanja suvenir saat berkunjung ke pantai Tanjung Kelayang ini.

Gambar Sajian Kelapa Muda di Pantai Tanjung Kelayang
Sajian Kelapa Muda di Pantai Tanjung Kelayang via googlemaps @Boy Ardhieta

Tarif destinasi wisata tanjung kelayang

Kalau mau ke sini dan island hoping ke beberapa pulau, kamu bisa menyewa perahu dengan tarif Rp 400.000,- sampai Rp 600.000,-. Nelayan setempat yang menyewakan perahu, jadi sudah pasti hafal medannya.

Tarif ini berlaku untuk sekelompok orang, maksimal 10. Jadi, bisa lebih murah kalau datang bareng rombongan atau pas ada barengan naik dengan pengunjung lainnya.

Kalau mau menginap, tersedia juga penginapan dengan tarif Rp 300.000,- sampai dengan Rp 350.000,- per malam.

Harga tiket masuk ke pantai ini adalah sekitar Rp 8.000,- per orang. Sangat murah!

Jam buka dan alamat

Alamatnya di kecamatan Sijuk. Hanya berjarak 27 km dari pusat Tanjung Pandan atau sekitar 35 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Pantai tanjung kelayang buka setiap hari selama 24 jam. Jadi, kalau mau bermain ke sini, kamu bisa menjadwalkannya dengan leluasa.

Featured Image Pantai Tanjung Kelayang via googlemaps @NY Rita