Pesona alam Belitung memang selalu indah, salah satunya terlihat di Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini beda, ada bebatuan besar khas Bangka Belitung yang berpadu manis dengan jernih dan birunya air laut.

Berada di sini bisa menenangkan pikiran, berdecak kagum, dan berucap syukur. Kalau lagi stres memikirkan pekerjaan atau masalah kehidupan lainnya, bersantailah sejenak dan nikmatilah keindahan alam yang diciptakan Tuhan ini.

Kalau mau ke sana, berikut adalah informasi yang kamu butuhkan sebelum memulai perjalanan:

Wisata pantai tanjung tinggi belitung

Keindahan pantai di sini bak lukisan. Masih sangat alami seolah belum terjamah. Pasir putihnya kontras dengan warna bebatuan granit berukuran besar. Sesekali ombak menyapu pasir dan menerjang batu-batu itu, menghasilkan percikan air yang indah. Sangat elok!

Jadi tempat syuting Laskar Pelangi

Bila kamu adalah penggemar film laskar pelangi, maka tempat wisata di Belitung ini tak akan asing lagi. Sebab di sinilah film tersebut melakukan proses syuting.

Batu-batuan granit besar dan pasir putihnya itu semua asli, bukan efek buatan. Keindahan itu nyata ada di destinasi wisata yang kini sering disebut sebagai pantai Laskar Pelangi ini.

Pasir putih nan bersih

Yang menarik dari lokasi wisata ini adalah pantainya yang bersih dengan air yang tenang. Tak ada sampah berceceran. Lingkungannya masih sangat terjaga.

Putihnya Pasir di Pantai Ini
Putihnya Pasir di Pantai Ini via googlemaps @Damien Couriou

Menikmati pemandangan

Saat berada di sini, kamu bisa menikmati pemandangan. Berjalan atau duduk di atas batu-batuan besar menatap lepas ke arah laut bisa menjadi pilihan. Rasakan betapa udara masih sangat bersih dan nyaman untuk menenangkan diri.

Pemandangan Bebatuan di Pantai Yang Indah
Pemandangan Bebatuan di Pantai Yang Indah via guidekudotcom @guidekudotcom

Berenang

Airnya sangat jernih dan tidak dalam. Oleh karena itu, kamu bisa berenang dengan bebas tanpa takut terseret arus.

Air yang tenang akan membuatmu merasa nyaman bermain dengan anak di pinggir pantai. Menunggu sisa ombak yang menyapu pasir di pinggir. Berlari-lari dengan riang.

Kalau ingin bermain sampai tengah, boleh juga. Sebab sudah ada persewaan ban di sekitar lokasi. Main air sampai puas.

Gambar Asyiknya Berengan di Pantai via Instagram
Asyiknya Berengan di Pantai via Instagram @tanjongtinggi_official

Berfoto

Terasa kurang rasanya bila ke sini tapi tidak mengambil gambar sebagai kenangan. Apalagi latarnya sangat instagrammable. Kamu bisa berfoto di antara batu yang menjulang, duduk di atas batu yang terkena cipratan air, atau berfoto di pasir putihnya yang bersih.

Silakan eksplorasi spotspot yang menurutmu kece untuk dijadikan sebagai latar.

Sunset yang indah tak terbantahkan

Keindahan matahari tenggelam di sini tak terbantahkan. Sangat elok dan bikin nagih.

Menikmati Sunset Pantai Tanjung Tinggi
Menikmati Sunset Pantai Tanjung Tinggi via Instagram @argarizkik

Menikmati segarnya kelapa muda sambil menikmati pemandangan

Di sini sudah banyak penjual makanan dan minuman. Lokasinya juga tak jauh dari tempat berwisata. Salah satu menu yang harus dicoba saat berada di sini adalah kelapa muda.

Sambil menikmati kesegarannya, kamu tetap bisa melihat indahnya air yang biru menghijau memerciki bebatuan granit raksasa.

Fasilitas pantai tanjung tinggi

Dari sejak dibuka untuk umum, pantai ini terus berbenah. Dibuktikan dengan ketersediaan fasilitas yang makin memadai seperti:

  1. Toilet.
  2. Tempat bilas.
  3. Persewaan ban dan alat berenang.
  4. Penjual makanan dan minuman.
  5. Tempat parkir yang luas.
  6. Ada mushola yang cukup dekat.

Bila ingin bebas saat berwisata di sini, sebaiknya pilih jadwal yang longgar. Jangan pilih waktu peak season karena cukup ramai.

Gambar Menyewa Alat Renang di Pantai Tanjung Tinggi
Menyewa Alat Renang di Pantai Tanjung Tinggi via Instagram @janganlupajalan

Hotel di pantai tanjung tinggi Belitung

Belum puas menikmati keindahan pantainya secara langsung, kamu bisa menyewa hotel di sekitar lokasi untuk lebih menenangkan diri. Yang terdekat dari situ adalah Homestay yang waktu tempuhnya hanya 3 menit dengan kendaraan bermotor.

Akan tetapi, bila ingin sekalian mengunjungi tempat wisata Belitung lain, kamu bisa menginap di Grand Hatika Hotel, Bahaman Hotel & Resort, atau hotel-hotel lainnya.

Harga tiket masuk dan alamat

Lokasi wisata alam ini berada di antara 2 semenanjung, yakni Tanjung Pendam dan Kelayang. Terletak di Jalan Tanjung Pandang – Tanjung Kelayan, di Kepulauan Bangka Belitung.

Harga tiket masuknya gratis. Kamu hanya perlu menyediakan uang untuk bayar parkir bila membawa kendaraan pribadi. Siapkan juga uang untuk makan dan menyewa alat permainan.

Kalau ke pantai tanjung tinggi sebaiknya pagi atau sore. Kalau pagi masih sepi, sedangkan datang sore akan membuatmu bisa melihat indahnya sunset.

Featured Image Tempat Wisata Pantai Tanjung Tinggi via googlemaps @JC Chen