Alamat
Desa Tureloto,, Balefadoro Tuho, Lahewa, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara 22853
Harga
Gratis
Jam Buka
24 Jam

Pantai tureloto Nias kini dikenal jadi Laut Mati di Indonesia. Kalau sempat, kamu harus berkunjung ke sini saat liburan.

Tempat wisata di Sumatera Utara ini memiliki pemandangan yang luar biasa. Batuan karangnya begitu indah, mirip seperti otak manusia.

Tak hanya itu, garis pantainya juga menjorok ke lautan, jadi pasir putih yang ada di lokasi terhampar luas sehingga asyik buat jalan-jalan saat liburan.

Wisata ke laut mati di Indonesia, pantai Tureloto

Begitu sampai di lokasi, kekagumanmu akan keindahan laut ini tak akan pernah habis. Air yang jernih berpadu dengan pasir putih dan batuan karang yang beraneka ragam membuatnya terlihat unik dan menarik dibanding lautan lainnya.

Biar tidak makin penasaran, berikut ini ulasan lengkapnya.

Berlibur ke Pantai Tureloto Nias via googlemaps
Berlibur ke Pantai Tureloto via googlemaps

Deskripsi Pantai Tureloto

Pantai ini sempat viral sebagai salah satu laut matinya Indonesia. Di mana saat itu ada orang yang tak bisa berenang bisa mengambang di sini dengan mudah. Hal ini diduga karena lautnya memiliki kadar garam yang sangat tinggi sama seperti laut mati.

Padahal nyatanya tidak demikian. Keberadaan orang yang tidak bisa berenang tapi dapat mengambang tersebut disebabkan oleh posisi pantai yang dekat dengan teluk. Selain itu, di lokasi juga ada gugusan karang dengan jarak 400 meter saja.

Dua hal ini membuat gelombang lautnya tak terlalu besar dan menjadikan para pengunjung bisa aman bermain air.

Keindahan unik yang ada di pantai tureloto

Tanpa dikenal sebagai laut mati pun, tempat ini harusnya jadi sasaran para pengunjung karena begitu indah. Ada beberapa hal yang membuatnya berbeda dari pantai kebanyakan.

  1. Ada batu karang unik yang menyerupai otak manusia. Konon hal ini disebabkan oleh gempa pada tahun 2005 lalu. Di mana setelah gempa terjadi, tiba-tiba garis pantainya berubah semakin menjorok ke lautan. Alhasil, batuan karang yang tadinya tertutup air kini jadi terlihat dengan sangat jelas.
  2. Menaiki perahu nelayan untuk berkeliling melihat gugusan karang. Selain karang berbentuk otak manusia, kamu juga dapat melihat gugusan karang yang ada di sekitar lokasi. Jumlahnya banyak dan bisa ditempuh dengan menaiki perahu jika ingin melihatnya dari dekat.
  3. Sunrise yang begitu cantik dan tidak bisa dilewatkan.
  4. Pose manja di atas bebatuan karang atau di spot-spot fantastis juga tidak bisa dilewatkan bila kamu berada di sini. Sangat sayang melewatkan pemandangan seindah ini tanpa jepretan lensa kamera.
  5. Air yang jernih membuat ikan bisa terlihat dari permukaan.

Keindahan-keindahan di atas terasa makin lengkap dengan fasilitas yang ada di lokasi.

Bisa Wisata Naik Perahu Seputar Pantai Tureloto Medan via instagram @adiputra25.id
Bisa Wisata Keliling Naik Perahu Sewa via instagram @adiputra25.id

Fasilitas pantai untuk pengunjung

Selama berada di sini, kamu bisa menikmati berbagai fasilitas yang lumayan lengkap, di antaranya adalah:

  1. Kamar mandi untuk bilas dengan tarif Rp 5.000,-.
  2. Makanan khas Nias seperti ikan bakar dan menu sejuta umat mie instan. Harganya bervariasi. Yang unik, kamu bisa langsung bakar ikan di pinggir pantai.
  3. Penginapan berupa pondok-pondok yang view-nya langsung mengarah ke pantai.
  4. Lahan parkirnya ada tapi masih belum berbayar.

Itulah beberapa fasilitas yang siap memanjakanmu selama liburan ke obyek wisata di Medan ini.

Petunjuk arah fasilitas Pantai Tureloto via instagram @dewichan79
Petunjuk arah fasilitas Pantai via instagram @dewichan79

Harga tiket masuk pantai indah tureloto, alamat, dan jam bukanya

Tempat ini juga sering disebut dengan nama Pantai Indah Tureloto. Untuk masuk ke sini, pengunjung tak perlu membayar. Masih gratis. Belum tahu ke depan akan seperti apa. Mungkin akan dipasang tarif khusus.

Alamat

Alamatnya di Desa Tureloto, Balefadoro Tuho, Lahewa, Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara. Kalau dihitung dari Gunungsitoli, dimana bandaranya berada, jaraknya sekitar 63 kilometer.

Jam buka

Kamu bebas mengunjungi pantai Tureloto ini selama 24 jam penuh setiap hari. Jadi, makin mudah menyesuaikan jadwal kalau mau mengajak rombongan.

Featured Image via googlemaps

Peta Lokasi