Siapa sangka bila Indonesia memiliki patung Dewi Kwan Im tertinggi se-Asia Tenggara. Letaknya di Siantar, Sumatera Utara. Terbuka untuk umum, jadi kamu bisa mengunjunginya untuk sekedar berwisata.

Patung ini terletak di Vihara Avalokitesvara yang ada di pusat kota Pematang Siantar. Tepatnya di jalan Sipiso-piso Sumatera Utara. Pada tahun 2008, patung ini sudah dinobatkan sebagai patung Dewi tertinggi se-Indonesia, bahkan Asia Tenggara oleh MURI. Ketinggiannya mencapai 22,8 meter.

Dengan ketinggian tersebut, Dewi Kwan Im bisa dilihat dari segala penjuru sekaligus mudah untuk ditemukan. Saat sedang berjalan memasuki vihara, Sang Dewi begitu jelas terlihat. Berdiri dengan kokoh dan megah.

Sejarah Patung Dewi Kwan Im

Selain tingginya, patung ini juga memiliki keistimewaan lain. Di mana pembuatannya membutuhkan waktu sekitar 3 tahun. Peresmiannya pada tanggal 15 November 2005. Sejak saat itu, tempat ini makin sering dikunjungi oleh orang dari dalam maupun luar negeri.

Lantas seiring berjalannya waktu, lokasi ini menjadi tempat wisata di Siantar berkonsep religi yang cukup populer karena bisa didatangi oleh orang dari berbagai agama, tak hanya yang beragama Tionghoa saja.

Tempat Wisata Rohani Patung Dewi Kwan Im
Tempat Wisata Rohani Patung Dewi Kwan Im via instagram @explore_siantar

Bahan pembuatan patung sang dewi

Material yang digunakan untuk membuat patung ini adalah bebatuan yang didatangkan langsung dari Tiongkok. Bebatuan tersebut dipahat dengan sangat halus oleh ahlinya sehingga hasilnya bisa  detail dan sempurna.

Makna Patung Dewi Kwan Im

Saking terkenalnya, patung ini sampai dipakai sebagai obyek penelitian dalam sebuah skripsi. Dari skripsi ini diketahui bahwa makna yang terkandung dari bebatuan yang terpahat dengan wajah sang Dewi memiliki makna mendalam.

Makna yang ingin disampaikan dari bangunan ini adalah penghormatan untuk orang-orang yang ada di tiga golongan, yakni Sangha, Buddha, dan Dhamma.

Sementara itu, dijelaskan juga bahwa fungsi keberadaannya di vihara tak lain dan tak bukan adalah sebagai tempat religi. Selain itu juga berguna untuk pariwisata dan identitas kebudayaan.

Letak wisata patung

Sebagaimana disebutkan di atas bahwa Sang Dewi diletakkan di Vihara Avalokitesvara, di Pematang Siantar. Secara detail, ia diletakkan di lantai dua. Jadi, para pengunjung yang ingin melihat kokohnya bangunan tersebut harus menaiki tangga-tangga.

Saat pertama kali menaiki tangga, kamu akan disambut dengan dua patung besar yang letaknya berada di dua sisi tangga menuju lokasi.

Tidak hanya itu, untuk membuat nuansanya makin identik dengan negeri bambu, terdapat juga lampion-lampion. Di depan patung juga ada lonceng besar, tempat untuk beristirahat, dan bersantai saat kamu kepanasan.

Selain patung sang dewi dan dua patung besar pencatat amal kebaikan dan keburukan sebagaimana dijelaskan di atas, kamu akan menemui patung-patung shio yang terjajar dengan rapi. Spot ini juga sering dipakai pengunjung untuk berfoto ria.

Kalau kamu ingin memotret sang dewi, baiknya dari jarak jauh agar mendapatkan perwujudan lengkap dari atas sampai bawah. Foto tidak bisa dilakukan di dekat secara langsung karena hanya akan mendapatkan bagian bawahnya saja. Carilah angle yang benar-benar pas.

Situasi Ketika Malam Hari
Situasi Ketika Malam Hari via instagram @marzzkurnia

Harga tiket masuk, alamat, dan jam buka

Kabar baiknya, untuk masuk ke lokasi kamu tidak perlu mengeluarkan uang alias gratis. Jam bukanya adalah dari pagi sampai sore, tepatnya pukul 7 pagi sampai 5 sore waktu setempat.

Tersedia area parkir untuk para pengunjung. Kalau ke sini pas musim kemarau atau siang hari, sebaiknya pakai topi agar tidak terlalu kepanasan. Tidak terlalu banyak pohon di lokasi yang membuat area ini terasa cukup panas.

Alamatnya di jalan Gunung Pusuk Buhit, Kebun Sayur. Tepatnya di Kecamatan Siantar Tim, Pematang Siantar.

Featured Image Patung Dewi Kwan Im di Vihara Avalokitesvara Pematang Siantar via googlemaps @Nano Jesicastudio