Tak salah orang menamainya pulau batu berlayar. Destinasi wisata ini unik dengan batuan granit besar yang berdiri tegak menyerupai layar pada sebuah perahu.

Berkunjung ke pantai atau pulau Belitung memang tidak pernah ada habisnya. Semuanya menawarkan keunikan tersendiri yang bisa memanjakan mata dan hati. Tak terkecuali pantai batu berlayar yang lokasinya cukup dekat dengan wisata pantai lain seperti kelayang, dll.

Apa saja yang bisa kamu lakukan di sini?

Berwisata di pulau batu berlayar

Berlibur ke tempat wisata di Belitung tak akan pernah rugi. Dengan pemandangan alam yang sejati, kamu pasti akan refresh kembali. Tak hanya sejenak, rasa tenang dan damai akan bertahan lama menemani harimu.

Pemandangan yang tak hingga indahnya

Satu hal pasti yang ditawarkan di lokasi ini adalah keindahan alamnya yang tiada dua. Pasir putih menghampar luas di tengah-tengah laut. Batuan granit kecil mengelilingi batuan-batuan besar yang berada di tengah. Berdiri kokoh bak layar raksasa.

Semua pemandangan ini menggambarkan perahu besar yang sedang berlayar di tengah lautan, sungguh tak terdeskripsikan.

Di sini, kamu bisa berfoto dan mengunggahnya di media sosial. Jangan lupa sekalian buat vlog agar latar videomu seperti film-film hollywood. Kece dan unik.

Duduk di batuan granit besar, memandang ke tengah segara juga menjadi satu hal yang bisa menenangkan batin. Mengagumi keindahan laut yang diciptakan oleh Tuhan dengan segala keajaibannya.

Semua pemandangan ini akan makin sempurna dengan sunset dan sunrise. Kamu bisa ke sini pas di pagi atau sore hari.

Gambar Pemandangan Pulau Batu Berlayar yang tak hingga indahnya
Pemandangan Pulau Batu Berlayar yang tak hingga indahnya via instagram @visitwisata.id

Berenang

Ombak kecil dan air yang jernih menjadi alasan kuat kenapa kalau ke pulau berlayar pengunjung harus membawa baju ganti. Sebab tak mungkin rasanya bila ke sini tanpa berbasah-basah ria, berenang dengan serunya.

Berenang di Pulau Batu Berlayar
Berenang via instagram @w_azuma

Island hopping

Untuk menuju ke sini para pengunjung harus berangkat dari pulau terdekat dengan menaiki perahu nelayan. Para nelayan biasanya akan sekalian menawarkan untuk island hopping yakni berkunjung ke pulau-pulau terdekat lainnya.

Selain batu berlayar, kamu juga bisa mampir ke Batu Garuda, Pulau Lengkuas, Kepayang, hingga Pasir.

Island hopping
Island hopping via instagram @joinbelitungtour

Letak pulau berlayar dengan tanjung kelayang

Letak pulai ini sangat dekat dengan tanjung kelayang, hanya sekitar 15 menit dengan menaiki kapal.

Saat island hopping, para pengunjung biasanya akan meletakkan kendaraannya di pantai tanjung kelayang ini. Baru setelah itu, menyewa kapal nelayan untuk berangkat ke enam pulau eksotis lainnya, salah satunya adalah batu berlayar ini.

Karena kunjungan yang tidak hanya ke satu tempat, baiknya sediakan waktu yang cukup longgar bila ke sini. Akan sangat baik jika kamu berangkat pagi dan pulang di sore hari agar bisa puas menikmati indahnya pemandangannya secara lengkap.

Harga tiket masuk pulau batu berlayar dan alamat

Untuk masuk ke lokasi pulau tidak ada biaya yang dipatok. Kamu cukup menyediakan uang untuk biaya parkir kendaraan dan sewa kapal menuju lokasinya.

Persewaan kapalnya sekalian island hopping, harganya beragam mulai dari Rp 400.000,- yang bisa diisi maksimal 10 orang. Jadi, bisa sekalian patungan.

Destinasi ini hanya tempat wisatanya saja. Jadi, kalau mau ke toilet, makan, atau fasilitas umum lainnya sebaiknya lakukan di pantai tanjung kelayang. Tempat di mana dermaga kapal persewaan berada.

Untuk ke pulau batu berlayar, kamu harus ke pantai tanjung kelayang dulu yang beralamat di kecamatan sijuk. Dari ibu kota Kabupaten Belitung, Tanjung Pandan, jaraknya hanya 27 km. Jam bukanya adalah setiap hari selama 24 jam. Jadi, selamat berkunjung dan bersenang-senang!

Featured Image Pulau Batu Berlayar via instagram @rodatravel