Jangan menyesal bila tak mampir ke Pulau Lengkuas saat ke Bangka Belitung. Keindahannya tak terdeskripsikan. Begitu nyata dan wajib dikunjungi.

Kekuatan sekaligus keunikan dari pulau ini dibandingkan dengan pulau lainnya adalah keberadaan mercusuar yang sampai kini masih aktif. Mercusuar ini dikelilingi oleh pantai, batuan granit, dan lautan dengan air yang jernih, cocok buat diving.

Penasaran kan betapa eloknya pulau ini? Kalau mau ke sini, yuk lihat cara ke sana dan aktivitas yang bisa dilakukan dalam ulasan ini dulu.

Mengenal bangunan apa yang ada di pulau lengkuas

Mercusuar, itulah bangunan ikonik yang ada di sini. Mercusuar ini sudah ada sejak tahun 1882 dan merupakan hasil tangan dari orang Belanda bernama Z.M Willem III. Saat itu Belanda masih menjajah Indonesia.

Uniknya, meski sudah berdiri selama hampir 2 abad, bangunan ini tetap tegak dan kokoh. Bahkan, para pengunjung masih bisa masuk ke beberapa lantai yang ada di dalam mercusuar.

Mercusuar ini memiliki tinggi 52 meter dengan total 18 lantai. Di setiap lantai ada jendela yang bisa digunakan untuk melihat setiap sudut pulau secara sempurna, 360 derajat.

Jadi, saat berada di sini dan berani naik mercusuar, pemandangan indah yang tak tergambarkan akan terlihat secara jelas.

Mercusuar Pulau Lengkuas
Mercusuar Pulau Lengkuas via googlemaps @Isnan Wijarno

Cara menyeberang ke pulau lengkuas

Untuk bisa sampai di tempat wisata di Belitung ini, kamu bisa berangkat dari 3 pantai sekaligus, yakni Pantai Tanjung Binga, Kelayang, dan Tanjung Tinggi.

Dari ketiga pantai ini, jarak Pulau Lengkuas hanya sekitar setengah jam dengan mengendarai perahu motor atau kapal-kapal yang bisa disewa dari warga sekitar.

Harga sewanya mulai dari Rp 450.000 – Rp 600.000,-. Satu kapal bisa diisi maksimal 10 orang. Jadi, semakin banyak orang yang ikut akan semakin murah biayanya. Sebab bisa patungan!

Perahu Untuk Menyeberang Ke Pulau Lengkuas
Perahu Untuk Menyeberang Ke Pulau Lengkuas via googlemaps @Anto Solo

Aktivitas yang bisa dilakukan di Pulau Lengkuas

Penasaran kan, di sini kamu bisa melakukan apa saja? Berikut adalah beberapa ulasannya:

Berkeliling pulau

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengelilingi pulau. Luasnya Cuma 1 hektar. Dengan perahu motor, kamu bisa selesai berkeliling selama setengah jam.

Berkeliling Pulau Lengkuas
Berkeliling Pulau Lengkuas via instagram @int_JK

Berenang, diving, dan snorkeling

Kamu juga bisa berenang, menyelam, dan snorkeling. Airnya sangat jernih, sangat cocok untuk melihat biota laut. Agar makin sempurna liburanmu, jangan lupa bawa kamera underwater ya?

Kalau mau diving, masuklah ke bagian kapal Indomarine yang karam sejak tahun 1999. Para penyelam biasanya ke sini untuk melihat bangkai kapal yang sudah banyak terumbu karangnya. View-nya di luar nalar!

Kamu bisa minta tolong guide untuk memandumu ke sini.

Berenang, diving, dan snorkeling
Berenang, diving, dan snorkeling via instagram @rachman1982

Camping / berkemah di pinggir pantai

Mau coba hal baru? Ajaklah teman-teman untuk berkemah di pinggir pantai. Kamu bisa makan ikan segar dan jagung bakar di malam hari. Lezat banget!

Tapi yang perlu diketahui, air di sini sangat terbatas jadi harus berhemat. Listriknya juga menyala dari jam 18.00 WIB sampai 23.00 WIB saja. Jadi, benar-benar kembali ke tempoe doeloe! Asyik!

Naik mercusuar

Kamu bisa menaiki mercusuar dengan membayar uang masuk seikhlasnya. Ini jika beruntung ya? Sebab beberapa pengunjung yang ke sana tidak diperbolehkan naik karena alasan keamanan. Apalagi bila pengunjung membludak.

Kalaupun diizinkan, sekarang sudah tidak bisa sampai lantai 18. Beberapa pengunjung bilang hanya sampai di lantai 3 atau 4.

Foto dari Atas Mercusuar
Foto dari Atas Mercusuar via googlemaps @Rizál

Berfoto-foto

Kamu juga bisa berfoto dengan latar mercusuar, pantai, pohon kelapa, atau spot lain yang super instagramable! Keren banget! Terlebih di sekitar pulau juga ada batuan granit besar kecil yang siap membuatmu takjub.

Minum kelapa muda yang menyegarkan

Lelah berkeliling dan berfoto, kamu bisa pesan minuman kelapa muda di pantai ini. Ada banyak sekali pedagang yang siap menghidangkan makanan ala anak pantai buatmu.

Sekarang, sudah makin yakin mau berkunjung ke sini, bukan? Yuk jadwalkan segera. Jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan selama berada di sana. Kalau perlu bawa sendiri kantong sampah pribadi.

Jam buka Pulau Lengkuas / Langkuas mulai pagi, tutupnya sore sekitar jam 3, kecuali jika kamu mau berkemah. Lokasinya di Kecamatan Sijuk. Tepatnya di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang, Bangka Belitung.

Featured Image Tempat Wisata Pulau Lengkuas via googlemaps @Rommy Sudarno

Peta Lokasi