Bukan gaib, tapi pulau pasir yang ada di perairan Belitung ini memang tidak bisa dikunjungi dengan mudah. Sebab kadang ada, namun kadang tak terlihat.

Pulau ini menjadi salah satu tempat wisata yang menjadi tujuan saat wisatawan mengikuti island hopping di Bangka Belitung. Secara ringkas, obyek wisatanya adalah hamparan pasir putih yang berada di tengah lautan.

Ini bukan hamparan pasir putih biasa. Sebab bisa melihat dan menjejakkan kaki di atas pasir putih ini adalah sebuah keberuntungan.

Bila saatnya beruntung dan pulau sedang terlihat, maka wisatawan dapat berhenti dan berwisata. Sebaliknya, bila sedang tak terlihat, maka pelancong harus rela lanjut ke pulau berikutnya tanpa mampir ke sand island ini.

Sebutan khusus

Tempat wisata di Belitung ini memiliki sebutan lain, yakni pulau pasir belitung dan pulau pasir timbul belitung. Disebut seperti ini karena memang saat terlihat, pasirnya seolah timbul dari air laut yang jernih.

Berwisata ke Pulau Pasir Belitung

Bila ingin berwisata dan melihat langsung indahnya pulau pasir, maka pengunjung tidak bisa sembarangan memilih waktu.

Pulau ini hanya akan terlihat saat air laut surut dan kondisi perairan sedang bagus. Maka dari itu, bila kamu benar-benar ingin melihatnya, rencanakan liburanmu dengan matang. Pilihlah waktu yang tepat.

Mengunjungi destinasi wisata ini saat musim hujan adalah pilihan yang keliru. Sebab pada saat inilah justru debit air laut sedang tinggi karena guyuran air hujan.

Baiknya, kunjungilah saat curah hujan sangat sedikit atau bahkan nol, yakni di musim kemarau. Di saat ini kans untuk melihat pasir di pulaunya cenderung lebih besar karena debit air yang kecil.

Bila sudah berhasil menepatkan waktunya, maka kamu bisa berlibur ke sini dan melakukan berbagai hal seru di sana. Hal seru apa saja?

Foto bareng waktu liburan di Pulau Pasir Belitung
Foto bareng waktu liburan di Pulau Pasir Belitung via instagram @metranaibaho

Berenang

Air laut di Belitung memang sangat jernih, bila kamu dan rombongan hobi berenang maka inilah spot yang tidak boleh dilewatkan. Kejernihan airnya juga membuatmu mudah melihat bagian dalam laut seperti ikan yang lucu.

Berfoto

Kalau takut berenang bisa menghabiskan waktumu selama berada di sana, maka nikmatilah dengan mengabadikan momen. Setidaknya, hal inilah yang sering dilakukan oleh para pengunjung yang berhasil ke sini.

Dengan latar air laut dan pulau-pulau terdekat, hamparan pasir di tengah laut ini selalu menarik dan akan sangat kece kalau diunggah di media sosial.

Bermain dengan bintang laut

Di sini ada banyak bintang laut unik yang bisa diajak bermain. Jadi, selama kamu bisa bertemu dengan mereka segera jepret dengan lensa kamera. Jangan khawatir akan tergigit, karena hewan ini aman.

Ketemu 2 Bintang Laut di Pulau Pasir
Ketemu 2 Bintang Laut di Pulau Pasir via instagram @jacbellezza

Snorkeling dan diving

Rasanya akan sangat sayang bila ke sini tak membawa peralatan menyelam dan snorkeling. Air laut yang jernih khas Belitung membuat biota laut di dalamnya jadi terlihat dari permukaan.

Maka buat yang hobi menyelam, biota ini akan makin indah bila dinikmati secara langsung di dasar laut.

Ke Pulau Pasir Belitung Naik Perahu
Ke Pulau Pasir Belitung Naik Perahu via instagram @juve__world

Menikmati pemandangan sekitar

Bila semua aktivitas di atas terasa melelahkan dan ribet, kamu bisa cukup duduk di atas hamparan pasir putih dengan butiran halus itu. Lalu menikmati pemandangan sekitar yang terdiri dari pulau-pulau kecil yang unik.

Pemandangan Laut dan Pulau Pasir yang Indah
Pemandangan Laut dan Pulau yang Indah via instagram @arie_369

Harga tiket masuk pulau pasir timbul dan jam buka

Untuk masuk ke pulau ini biayanya gratis. Kamu tinggal mengikuti paket island hopping dengan menyewa kapal nelayan. Harga sewa kapal ini beragam, tergantung besar kecilnya kapal.

Harga sewanya mulai Rp 400.000,- berangkat dari pantai Tanjung Kelayang.

Sementara untuk jam bukanya adalah 24 jam. Namun untuk bisa melihatnya, kamu harus datang tepat waktu yakni saat air laut surut.

Itulah keajaiban pulau pasir yang tidak bisa dikunjungi sewaktu-waktu. Jadi, pastikan jadwal liburanmu tepat!

Featured Image Pulau Pasir Belitung via instagram @liburansekolah