Jawa Tengah

Rumah Hobbit

Pinterest LinkedIn Tumblr

Indonesia punya banyak Rumah Hobbit. Salah satunya di Lembah Semilir, sebuah destinasi wisata sejuk di Karanganyar, Jawa Tengah. Kalau kamu cari spot yang instagrammable, ini adalah opsi yang tepat.

Berada di kaki gunung Lawu, secara umum Karanganyar memang memiliki udara yang sejuk. Hampir semua destinasi wisata di sini juga menawarkan hal serupa. Keindahan alam pegunungan, hutan yang hijau, dan udara yang sejuk.

Berada di sini tak akan rugi karena oksigen yang bersih. Kamu dan teman-teman bisa dengan bebas menghirup oksigennya. Bermain seru di tempat wisata berkonsep pegunungan. Pasti menyenangkan!

Biar makin yakin untuk mampir ke sini, baca dulu ulasannya.

Spot foto Rumah Hobbit Karanganyar

Yang menjadi daya tarik wisatawan adalah spot foto anti mainstream yang tersedia di sini. Apa saja?

Rumah hobbit

Sesuai dengan namanya, di sini kamu bisa berfoto dengan latar rumah kecil berpintu bulat yang sering terlihat di film Hollywood, The Lord of The Rings. Tidak hanya di depan rumahnya, kamu juga bisa masuk ke dalam untuk sekedar mengambil gambar dari angle berbeda.

Saat ini, Indonesia memang punya banyak sekali destinasi wisata yang menawarkan rumah serupa. Namun, yang ini lain sebab rumahnya terbuat dari bambu asli.

Artinya, kesan alami begitu terasa saat mengambil gambar di sini. Di depan rumah juga ada taman dan bangku yang bisa dipakai untuk duduk sambil menikmati alam. Di kursi kayu ini, para pengunjung bisa meng-eksplor hasil tangkapan lensa kamera untuk sekedar mencari angle yang paling sempurna.

Taman Tumpah di Rumah Hobbit
Taman Tumpah di Rumah Hobbit via googlemaps @Candra Pesona

Berfoto di ketinggian

Mengambil foto di ketinggian sedang trend akhir-akhir ini. Kalau kamu tidak mau ketinggalan, cobalah untuk berfoto di spot berkonsep ketinggian di tempat wisata di Karanganyar ini.

Ada beberapa spot yang bisa dicoba. Salah satunya adalah gubug yang terbuat dari bambu dan ditempatkan di area tinggi tak jauh dari rumah kecil ala Hobbit.

Anyaman bambu berbentuk heksagonal ini dibuat dengan kuat dan diletakkan di bagian atas agar pengunjung bisa melakukan eksplorasi foto dengan mudah.

Bila dijepret dengan benar, lensa kamera kamu akan menangkap pegunungan, pemukiman, dan hamparan tumbuhan hijau di bawahnya. Sungguh indah dan terlihat berani.

Jangan ragu untuk mencoba spot selfie ini karena sudah dipastikan aman.

Ada Rumah Seribu Batu
Rumah Seribu Batu via googlemaps @jemuran kering

Ayunan

Selain memanfaatkan ketinggian, kamu dan rombongan juga berlibur seru di atas ayunan. Ayunan ini bukan untuk main lama, tapi termasuk spot foto yang bisa dimanfaatkan.

Bermain ayunan dengan latar pegunungan alam yang indah terasa sangat unik. Harus dicoba!

Jalanan menanjak

Apabila ke sini, pastikan kamu sehat. Karena jalannya cukup jauh dan menanjak. Tapi tak perlu khawatir, pihak pengelola sudah membuat treking yang bagus sehingga mudah dilewati.

Terlebih, selama perjalanan hamparan dedaunan hijau akan menemanimu. Tumbuhan-tumbuhan ini juga biasanya jadi tempat favorit pengunjung untuk berfoto dengan tema alam.

Fasilitas

Selain anak tangga dan jalan untuk tracking, pengelola juga sudah menyediakan fasum seperti musala, toilet, warung buat beli jajan atau makanan, dan area parkir.

Salah Satu Fasilitas Rumah Hobbit
Salah Satu Fasilitas Rumah Hobbit via googlemaps @Alfian Krisna Ramdhani

Harga tiket masuk Rumah Hobbit Karanganyar, alamat, dan jam bukanya

Tiket masuk ke sini sangat murah, yakni sekitar Rp 5.000,- saja. Kamu bisa puas berfoto dan eksplorasi.

Jam bukanya dari 07.00 WIB sampai 17.00 WIB. Alamatnya di dusun Milir RT 001 RW 014, desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Saran kami, usahakan memakai pakaian yang hangat dan alas kaki yang nyaman buat berjalan jauh bila kamu berkunjung ke Rumah Hobbit Lembah Sumilir ini.

Featured Image Tempat Wisata Rumah Hobbit Karanganyar via googlemaps @Arifah Arika

Peta Lokasi