Jawa Barat

Situ Wanayasa

Pinterest LinkedIn Tumblr

Melipir ke Situ Wanayasa yuk! Di sini kamu bisa melihat pemandangan pohon pinus, danau, dan pegunungan. Pastinya sejuk dan menenangkan.

Soal pemandangan alamnya, situ ini tidak usah diragukan lagi. Ditambah lagi, kamu tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk bisa berkunjung dan berlibur di sini.

Nah, sebelum ke sana, baca dulu ulasannya biar kamu bisa eksplor dengan leluasa saat berada di destinasi wisatanya.

Sejarah Situ Wanayasa

Sesuai dengan namanya, danau ini terletak di kecamatan Wanayasa, Purwakarta. Tempat wisata di Purwakarta ini merupakan danau alam yang memiliki luas kurang lebih 7 hektar are dengan sebuah pulau kecil yang terletak di bagian tengahnya.

Di pulau tersebut terdapat makam bupati Karawang ke-9 yang meninggal pada tahun 1827, yakni R.A. Surawinata. Beliau juga dikenal sebagai salah satu pendiri Purwakarta.

Yang membuatnya makin menarik, situ ini terletak di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. Hal inilah yang membuat suasananya sangat sejuk dan menenangkan.

Konon jutaan tahun silam, Gunung Sunda meletus. Wanayasa sebagai salah satu daerah terdekat ikut terkena imbas. Tanah di Wanayasa jadi subur. Sementara itu, sampai kurang lebih radius 100 km dari daerah letusan muncul cekungan-cekungan. Salah satu cekungan yang berada di sebelah utara berubah menjadi Situ yang dikenal dengan nama Situ Wanayasa.

Berwisata di Purwakarta: Danau Wanayasa

Sebagai danau alam, tentu ada banyak keindahan yang ditawarkan di tempat wisata ini. Oleh karena itu, berikut adalah aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan:

Mencari spot foto terbaik

Ada begitu banyak spot foto yang bisa kamu eksplor selama berada di sini. Mulai dari pemandangan gunung Burangrang yang memikat hingga spot-spot foto seperti jembatan, jalan menuju tengah pulau, dan yang lainnya.

Untuk mendapatkan foto terbaik, kamu juga bisa memilih waktu berkunjung. Misalnya datang saat pagi untuk bisa mendapatkan view sunrise atau datang di sore hari untuk mendapatkan view semburat senja saat sunset.

Foto Terbaik di Situ Wanayasa
Foto Terbaik di Situ Wanayasa via instagram @pesonapurwakarta18

Menikmati pemandangan

Agar momenmu selama berada di sana tak hanya diisi dengan kegiatan foto-foto, cobalah untuk lebih melihat dan menikmati pemandangan yang ada. Rasakan keindahan dan kesejukan suasananya.

Menyatulah dengan alam sejenak, rasakan harmonisasi alam yang begitu menenangkan dan meneduhkan agar bisa lebih bersyukur dan pikiran segar kembali.

Duduk memandang lepas ke tengah danau dengan latar Gunung Burangrang dan pohon pinus menjadi titik favorit para pengunjung.

Gambar pohon pinus
Banyak pohon pinus via googlemaps

Berkeliling atau jalan-jalan

Sambil menikmati keindahan danau dan pemandangan alam yang ada, kamu bisa jalan-jalan sekedar membakar lemak, biar keringat keluar, dan tubuh menjadi lebih sehat.

Jalannya sudah bagus, jadi tak perlu khawatir.

Jalan-jalan menyenangkan di Situ Wanayasa Purwakarta
Jalan-jalan menyenangkan di Situ Wanayasa Purwakarta via instagram @ernisaps

Melihat lebih dekat sejarah yang ada

Bagaimanapun tempat ini adalah salah satu peninggalan sejarah. Jadi, saat berada di sini kamu juga bisa mempelajari sekaligus mengagumi wisata sejarahnya di samping wisata alamnya.

Main bebek-bebekan

Pengunjung juga bisa main bebek sampai ke tengah situ. Cocok bila kamu datang bareng pasangan atau sama keluarga, khususnya anak.

Wisata sekeluarga naik bebek air di Situ Wanayasa
Wisata sekeluarga naik bebek air di Situ Wanayasa via googlemaps @pungky 201

Harga tiket masuk situ Wanayasa, alamat, dan jam bukanya

Untuk masuk ke situ ini, para pengunjung tidak perlu membayar alias gratis. Belum ada loket tiket layaknya tempat wisata lain.

Lokasinya juga mudah dijangkau karena berada di pinggir jalan. Ada banyak plang yang akan membantumu sampai di lokasi. Alamatnya di Jl. Raya Wanayasa No. 36, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Situ Wanayasa buka 24 jam setiap hari. Fasilitasnya juga lengkap. Jadi, jangan ragu untuk mampir sebentar ke sini ya?

Featured Image Situ Wanayasa Purwakarta via instagram @wonderful.purwakarta

Peta Lokasi