Sumber air panas ciracas masih sangat alami. Biaya masuknya murah dan sangat dekat dengan area kota. Recommended buat liburan keluarga.

Mandi di air panas memang menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Dari pada jauh ke Subang, kamu bisa ke Ciracas yang lokasinya lebih dekat. Terlebih area ini memang belum banyak tersentuh. Jadi, sangat alami dan nuansa alamnya sangat terasa.

Karena belum terlalu terjamah, warga Purwakarta pun masih banyak yang belum tahu tempatnya.

Tak perlu khawatir, kami akan mengulasnya lengkap dari potensi wisata, lokasi, hingga harga tiket masuk dan kondisinya.

Wisata di Purwakarta yang masih belum tersentuh, Sumber air panas Ciracas

Destinasi wisata di Purwakarta ini sebenarnya memiliki potensi yang luar biasa bila dikembangkan. Sayangnya, sampai kini masih belum tersentuh. Pengelolanya tidak lain adalah warga sekitar melalui swadaya saja.

Berikut ini adalah beberapa potensi yang bisa dikembangkan:

Pemandian putra dan putri

Tempat wisata di Purwakarta ini terdiri dari dua pemandian yang terpisah. Satunya untuk cowok, satunya lagi untuk cewek.

Kolamnya sebenarnya adalah bak mandi. Ukuran bak mandinya adalah 10 x 5 meter. Jadi, jangan bayangkan seperti kolam renang yang luas dan besar ya?

Sumber titik air panas di lokasi ini sebenarnya cukup banyak, sekitar 12. Hanya saja, beberapa di antaranya ada di area persawahan.

Kamu bisa berkunjung ke sini untuk menikmati manfaatnya buat kesehatan. Di antaranya adalah menghilangkan gatal-gatal, rematik, dan masalah kesehatan lainnya. Setelah dari sini, rasakan kebugaran jasmanimu.

Berendam di Sumber Air Panas Ciracas Purwakarta
Berendam di Sumber Air Panas Ciracas Purwakarta via googlemaps

Spot foto keren di sekitar lokasi

Potensi yang bisa dikembangkan lain adalah daerah di sekitar lokasi yang merupakan area persawahan. Di sinilah kamu bisa menggunakan lensa kamera untuk menjepret pemandangan berlatar hijau yang meneduhkan.

Jangan bayangkan latarnya akan seperti lukisan. Karena di sini memang masih belum tersentuh dan apa adanya.

Tapi, justru inilah letak keindahannya. Normal, alami, dan tidak terlihat dibuat-buat. Kamu hanya perlu mencari angle yang pas supaya hasil jepretanmu terlihat indah dan pantas untuk dimasukkan ke media sosial.

Apalagi di sini juga ada pemandangan perbukitan. Jadi, tidak akan sulit untuk menemukan spot foto terbaik.

Suasanya sekitarnya hijau banyak sawah
Suasanya sekitarnya hijau banyak sawah via googlemaps

Kolam renang atau sungai

Bila ingin mandi di kolam renang dengan air biasa, di dekat lokasi ada yang bisa dikunjungi. Biaya masuknya Rp 10.000,- dan ini terpisah dengan lokasi sumber mata air.

Kamu juga bisa ke Sungai Ciherang yang airnya jernih bila ingin mandi dengan hawa dingin sambil melihat batuan alami. Jaraknya cukup dekat dengan tempat wisata alami ini.

kolam renang juga di dekat Pemandian Air Panas
Ada kolam renang juga di dekat Pemandian Air Panas via googlemaps

Alamat dan lokasi air panas ciracas

Tempat wisata ini beralamat di desa Ciracas, kecamatan Kiarapedes, Purwakarta. Areanya pas di kaki bukit dan hanya berjarak sekitar 27 km dari pusat kota Purwakarta.

Rute menuju lokasi dari Situ Wanayasa

Bila berangkat dari pusat kota Purwakarta, kamu butuh waktu sekitar 1 jam untuk sampai di lokasi. Dari Purwakarta, silakan arahkan kendaraan ke Situ Wanayasa. Setelah situ ini, kamu akan menjumpai pertigaan. Ambil kiri arah Subang.

Ikuti jalan sampai menjumpai pertigaan gapura, batas antara Subang-Purwakarta, kemudian ambil jalur kanan. Kamu akan melewati area persawahan, rumah penduduk, dan hutan ke arah Kiarapedes.

Jalan menuju lokasi berkelok-kelok, tapi medannya bagus. Kamu harus terus berhati-hati selama mengemudi.

Situ Wanayasa
Sumber Air Panas Ciracas dari Situ Wanayasa via instagram @avisenasyafieq

Harga tiket masuk sumber air panas ciracas dan jam bukanya

Untuk masuk, tak ada patokan HTM. Pengunjung boleh menyumbang seikhlasnya. Umumnya, orang-orang menyumbang Rp 5.000,-.

Jam bukanya belum ditentukan dengan pasti. Jadi masih bisa dikunjungi selama 24 jam. Meski begitu, kamu tidak bisa berkunjung sembarangan kesini. Mengingat penerangan di lokasi masih perlu ditambah lebih banyak lagi.

Featured Image Sumber Air Panas Ciracas via googlemaps

Peta Lokasi