Jawa Timur

Taman Bungkul

Pinterest LinkedIn Tumblr

Mau ngadem dari panasnya kota Surabaya? Ke Taman Bungkul saja! Rindangnya pepohonan, semilirnya angin, dan lengkapnya fasilitas menjadi alasan kenapa kamu harus datang ke taman kota ini.

Destinasi wisata ini terletak di jalan protokol Kota Surabaya, yakni Jalan Darmo. Sudah pasti, area kiri kanannya selalu dilalui kendaraan baik itu di siang maupun malam hari.

Tapi bagi kamu yang tidak suka dengan kebisingan, jangan khawatir. Meski kelihatannya sangat ramai karena dilalui banyak kendaraan, ternyata hal itu tak benar-benar terjadi saat masuk ke area taman.

Hanya hawa sejuk dan ademlah yang begitu terasa. Hal ini karena taman yang berdiri di lahan 900 meter ini dipenuhi dengan pepohonan tinggi yang hijau.

Dedaunan lebat dari pohon-pohon itu berdesir pelan saat diterpa angin. Suara-suara itulah yang justru menang dibanding deru mobil dan motor di luaran.

Di sini, banyak sekali hal yang bisa kamu lakukan. Ajaklah anak dan keluarga untuk jalan-jalan dan bersantai di tempat wisata murah ini.

Tempat Wisata Taman Bungkul Surabaya
Taman Bungkul via flickr

Fasilitas taman bungkul

Tema yang diangkat dalam lokasi wisata ini adalah gabungan konsep kota Surabaya. Mulai dari keagamaan, budaya, olahraga, pendidikan hingga hiburan. Tak heran bila fasilitas di dalamnya  sangat lengkap. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Area bersantai

Saat memasuki area pintu masuk, kamu bisa melihat tulisan taman bungkul yang bisa dijadikan sebagai spot selfie. Dekat dengan tulisan ini terdapat tempat berbentuk lingkaran yang bisa digunakan sebagai area bersantai.

Tak hanya di sini, kamu juga bisa bersantai di area pinggir taman yang sudah dilengkapi dengan hiasan air mancur. Sejenak melepas lelah dengan suara gemericik air.

Plaza

Kamu juga bisa duduk di area plaza. Plaza ini adalah bangunan yang cukup luas yang biasanya dipakai oleh pengunjung untuk menikmati keindahan taman secara lengkap.

Area padang rumput

Daya serap air di tempat wisata ini bagus. Salah satunya karena ada area padang rumput hijau yang menyejukkan.

Tempat sampah tiap 5 meter

Kebersihan di taman bungkul bisa terjaga dengan baik karena sudah tersedia tempat sampah tiap 5 meter. Pengunjung tak perlu bingung di mana membuang sampah mereka.

Kecuali memang malas mencari dan tidak mau ikut menciptakan kebersihan, mereka baru akan membuang sampah sembarangan.

Toh, kalau ada oknum seperti ini, kebersihannya tetap terjaga karena ada petugas yang selalu berkeliling siang dan malam.

Tempat Sampah
Tempat Sampah di Taman Bungkul via googlemaps @teguh l

Lahan bermain skateboard dan BMX sport

Hobi berolahraga sepeda dan skateboard, di destinasi wisata malam Surabaya ini kamu bisa menyalurkan hobi karena areanya sudah disediakan.

Area skateboard dan BMX sport di Taman Bungkul
Area skateboard dan BMX sport via googlemaps @Ridwan widoyoko

Terapi berjalan kaki di atas kerikil

Berjalan kaki tanpa alas di atas kerikil kecil konon sangat bagus buat kesehatan. Kamu bisa mencobanya di sini.

Taman bermain anak

Anak-anak bisa bermain di kolam dan play ground. Kolamnya mengeluarkan air setinggi 3 meter. Sementara tamannya dilengkapi dengan fasilitas mangkok putar, perosotan, jungkat-jungkit, ayunan rantai, ayunan bangku, dll.

Toilet yang sangat bersih

Jika sewaktu-waktu ada panggilan alam, jangan ragu untuk ke toilet. Toiletnya bersih, airnya sudah pakai PDAM.

Fasum Toilet Pria yang Bersih
Fasum Toilet Pria yang Bersih via googlemaps @muh fadli ariansyah

Sentra PKL

Lapar? Datang saja ke area PKL yang letaknya berada di dekat taman bermain anak.

Ziarah makam

Kamu bisa berziarah ke makam Sunan Bungkul atau Ki Ageng Bungkul, sesepuh yang telah membuka area Bungkul ini.

Di makam ini juga ada makam kerabat Ki Ageng Bungkul. Kamu juga bisa melepas lelah karena ada tempat beristirahat di sana.

Mushola

Mau sholat? Di dekat makam, ada mushola untuk menunaikan ibadah sholat.

Car free day

Saat hari minggu tiba, taman ini sangat ramai. Dipenuhi dengan orang-orang yang bersepeda dan sekedar olahraga jalan kaki serta jogging.

Ketika Car Free Day Datang di Taman Bungkul
Ketika Car Free Day Datang via googlemaps @Samsun nasihin

Samsat keliling dan fasilitas lainnya

Di sini juga ada layanan samsat keliling. Kamu bisa perpanjang SIM luar kota, bayar pajak kendaraan, donor darah, dan bayar PBB.

Ada Samsat Keliling Juga
Ada Samsat Keliling Juga via googlemaps @Afandi Idris

Pojok perpustakaan

Buat yang hobi baca, bisa masuk ke pojok perpustakaan daerah. Kamu juga bisa mengajak anak membaca di sini untuk meningkatkan minat bacanya.

Taman bungkul Surabaya malam hari

Suasana malam di taman ini tak jauh berbeda dengan saat siang. Banyak pengunjung yang tetap berdatangan menikmati sejuknya udara dan indahnya lampu kota.

Saat malam, ada permainan yang bisa dilakukan, yakni ketapel warna-warni. Cara mainnya dengan dilemparkan ke atas seperti main ketapel. Peluru yang berbentuk mirip kitiran akan terbang dengan mengeluarkan cahaya warna warni.

Suasana Yang Ramai Saat Malam di Taman Bungkul
Suasana Yang Ramai Saat Malam via googlemaps @Your Second Home Bali

Harga tiket masuk taman bungkul Surabaya dan jam buka

Jam buka: 06.00 WIB – 24.00 WIB.

Harga tiket masuk: Rp 2.000,- per orang

So, yuk ajak teman, saudara, dan keluarga ke taman bungkul. Murah, asyik, dan aman! Sebab di sini sudah ada satpam dan polisi yang jaga.

Peta Lokasi