Unik dan fantastis! Inilah dua kata yang pas untuk menggambarkan taman nasional bali barat. Di sini, kamu tidak hanya bisa melihat hewan darat tetapi juga laut. Kamu bahkan bisa menikmati pesona indahnya bawah laut di TNBB ini.

TNBB merupakan sebutan singkat untuk lokasi wisata yang berada di bagian barat pulau Bali ini. Karena lokasinya di Bali, tentu tak akan sempurna bila suguhannya hanya berupa hewan dan habitat aslinya.

Keunikan TNBB terlihat dari jenis hewan yang ada di dalamnya, karena menggabungkan antara hewan darat dan lautan. Hewan berhabitat air yang ada di sini juga hidup di tempat aslinya. Bukan dibuatkan habitat buatan layaknya di taman nasional lain.

Jika biasanya di taman nasional lain kamu melihat rusa dengan habitat berlatar pepohonan dan rerumputan hijau, maka di sini kamu akan melihat hewan ini dekat dengan pantai dan pepohonan yang rindang.

Taman Nasional Bali Barat
Taman Nasional Bali Barat via instagram @bayumurti86

Aktivitas menarik dan spot kece di TNBB

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini, mulai dari berjalan kaki (treking) berkeliling sambil melihat hewan-hewan liar yang dilindungi, melihat pantai yang meneduhkan, hingga diving atau menyelam.

Beberapa spot kece yang tak boleh dilewatkan saat berada di West Bali National Park adalah:

Berjalan di alam bebas sambil melihat satwa yang dilindungi

Seperti yang disebutkan di atas, hewan yang hidup di sini berhabitat di air dan darat. Jadi, spesies binatang yang dilindungi jauh lebih banyak. Anda bisa berjalan berkeliling di jalan setapak yang sudah tersedia untuk melihat hewan-hewan tersebut.

Lebih dekat dengan hewan menjangan
Lebih dekat dengan hewan menjangan via instagram @friscayuwanita

Menikmati burung jalak asli Bali di Teluk Brumbun

West Bali National Park merupakan pusat penangkaran buruk jalak asli Bali. Hewan endemik ini sudah terancam punah.

Pasangan Jalak Bali
Pasangan Jalak Bali via instagram @chris_b19

Diving dan Snorkling di Pulau Menjangan

Kamu bisa berhenti di Pulau menjangan dan menikmati pesona bawah laut di sana. Sebab di teluk menjangan ini, kamu bisa menyelam dan snorkling. Di Pulau Menjangan kamu juga bisa melihat rusa yang dilindungi oleh pemerintah.

Persiapan Diving
Persiapan Diving via instagram @alenglengtravel

Pura

Kamu juga bisa melihat pura di beberapa spot saat berkunjung ke TNBB. Ada beberapa nama pura yang ada di tempat wisata di Bali ini, di antaranya adalah pura teluk terima dan pulaki.

Pura di Bali Barat
Pura di Bali Barat via instagram @yuyun_erma88

Pantai karang sewu

Lelah berkeliling melihat fauna di taman nasional, kamu bisa melihat laut lepas di pantai karang sewu sambil bersantai. Pemandangan yang indah, bersih, dan berbeda dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Bali membuat destinasi wisata ini wajib dikunjungi.

Jika biasanya kamu melihat pantai dengan paduan pasir putih, di sini pantainya dipadu dengan rerumputan hijau yang menyejukkan.

Pantai karang sewu gilimanuk
Pantai karang sewu gilimanuk via instagram @infodevata

Paket wisata taman nasional bali barat

Setidaknya, ada dua paket wisata yang bisa kamu ambil saat berkunjung ke West Bali National Park ini:

Paket trekking di TNBB

Paket ini berisi wisata edukasi untuk melihat fauna dan flora yang ada di taman ini. Durasi waktunya antara 3 sampai 4 jam. Beberapa fauna yang bisa dilihat adalah lutung, kijang, jalak, ayam hutan, dan monyet ekor panjang.

Gerbang Menjangan Island Bali Barat National Park
Gerbang Menjangan Island Bali Barat National Park via instagram @mels_711__

Paket menyelam

Inilah paket yang memungkinkanmu untuk diving dan menikmati kerennya biota laut di teluk menjangan.

Harga tiket masuk taman nasional bali barat

Untuk wisatawan domestik, biaya yang ditarifkan hanya Rp 2.500,- per orang. Sedangkan untuk para bule, biaya yang perlu dibayarkan adalah Rp 20.000,- per orang. Ini merupakan biaya untuk masuk saja, belum biaya wahananya.

Pulau Menjangan
Pulau Menjangan via instagram @yyiayy

Kalau ingin masuk ke masing-masing wahana yang ada di sana, bersiaplah untuk mengeluarkan biaya tambahan. Tempat wisata di bali ini buka setiap hari, dari Senin sampai Minggu.

Peta Lokasi