Taman nasional Sebangau merupakan salah satu area yang paling cocok untuk dikunjungi bila kamu mau bermain di rawa dan tanah gambut yang basah. Hutan lindung ini sangat alami dan banyak satwanya.

Pulau Borneo memang memiliki hutan dan perairan yang tiada habisnya, salah satunya adalah di destinasi wisata ini. Berdiri di atas lahan seluas 568.700 hektar, menjelajahi hutan ini rasanya tak kan pernah habis. Untuk mengetahui detailnya, tak akan cukup waktu satu hari.

Biasanya, taman ini dikunjungi oleh rombongan yang melakukan penelitian atau studi. Kini, pengunjung yang berniat wisata juga bisa berada di sana, menikmati taman alami yang menjadi salah satu jantungnya dunia.

Tiga wisata yang jadi andalan taman nasional Sebangau

Setidaknya ada tiga destinasi wisata yang jadi incaran saat berada di tempat wisata di Palangka Raya ini, yakni:

Sungai Koran

Terletak di Palangka Raya, di sini para wisatawan bisa tracking di dalam hutan. Di sana, ada banyak sekali berbagai jenis orang utan. Tak jarang, ada beruk yang lewat. Bahkan, hewan liar seperti ular sanca juga ada.

Jarak tempuhnya bila berangkat dari Pelabuhan Kereng Bengkirai adalah sekitar setengah jam.

Menyusuri Sungai Koran Taman Nasional Sebangau
Menyusuri Sungai Koran Sebangau via instagram @ratupermatasari23

Resort Mangkok

Selain sungai, ada resort mangkok yang terletak di wilayah kabupaten Pulang Pisau. Di sini, pemandangan yang ditawarkan adalah rehabilitasi lahan gambut.

Terdapat pembuatan kanal atau blocking kanal yang bertujuan untuk membasahi lahan saat musim kemarau tiba.

Selain sebagai tempat pendidikan lahan gambut, terdapat juga ular berbagai jenis dan hewan-hewan lainnya.

Suasana Dusun dan Resort Mangkok
Suasana Dusun dan Resort Mangkok via instagram @seputaranplk

Wisata Punggualas

Selanjutnya, wisata Punggualas terletak di daerah Kecamatan Baun Bungo. Lokasinya berada di Kabupaten Katingan.

Yang menarik di sini adalah adanya kapal pesiar Kalteng Destination atau yang lebih sering disingkat KTD. Juga ada guest house, kantan, ular, owak-owak, orang utan, dan yang lainnya.

Ada Kapal di Wisata Punggualas
Ada Kapal di Wisata Punggualas via instagram @infokalteng

Dari ketiga tempat wisata di atas, yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Punggualas dan Sungai Koran. Namun demikian, Resort Mangkok juga menarik dan cukup sering mendapatkan kunjungan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Bagaimanapun, taman nasional ini merupakan salah satu representasi hutan tropis asli Kalimantan. Tak heran bila banyak yang ingin berkunjung ke sana. Terlebih, ada lebih dari 6.000 orang utan di sini. Belum hewan lain seperti ular, mamalia, ikan, dan burung.

Berbagai jenis flora sudah ada di sini, cocok buat pengenalan alam, khususnya penelitian flora dan fauna asli Indonesia.

Tak hanya itu, ada juga upacara penyambutan dari suku dayak bila kamu berkunjung ke salah satu desa mereka. Hal menarik lain yang sayang untuk dilewatkan adalah naik sampan, susur sungai, dan naik rumah apung.

Paket wisata taman nasional Sebangau

Karena taman ini sangat luas, rasanya sangat mustahil bisa mengunjungi semuanya dalam sehari. Apalagi bila kamu tidak punya pengalaman mengenai daerah setempat. Untuk itu, ada banyak sekali paket wisata yang ditawarkan oleh para penyedia.

Bahkan, ada yang menjanjikan selesai berwisata dalam satu hari.

Bila kamu tertarik untuk memakai jasa paket wisata, maka mulailah mencari informasinya di internet. Ada banyak sekali penawaran yang akan kamu dapatkan di sana.

Biaya masuk taman nasional Sebangau

Untuk bisa masuk taman Sebangau, kamu cukup menyediakan uang Rp 5.000,- per orang untuk WNI. Sementara bagi WNA, bayarnya adalah Rp 150.000,- per orang.

Kalau mau naik rumah apung biayanya Rp 10.000,- per orang tapi harus menunggu penuh. Kalau mau sewa satu rumah langsung, bisa bayar Rp 200.000,-.

Ada sewa kelotok juga yang dibanderol dengan harga mulai Rp 350.000,- dalam sehari.

Alamatnya di Jalan Mahir Mahar km 1,2 Paduran Sabangau, Sebangau Kuala, Kecamatan Sebangau Kuala, Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Tengah.

Perlu diketahui bahwa taman nasional Sebangau pada dasarnya adalah lahan konservasi. Wisata adalah opsi keduanya, jadi bukan fungsi utama. Jadi, kebanyakan yang datang memang untuk penelitian.

Featured Image Taman Nasional Sebangau via instagram @sampitinfo