Indonesia punya banyak Taman Pancasila. Salah satu yang terkenal ada di Karanganyar. Kini, taman ini selalu ramai pengunjung yang mayoritas adalah keluarga yang sedang berlibur.

Beberapa permainan seru tersedia dan bikin anak tak akan bosan. Liburan keluarga asyik dan putra putri senang.

Nah, kalau mau ke taman tersebut, simak dulu ulasan lengkapnya di sini.

Asal-usul atau sejarah Taman Pancasila

Tak banyak yang mengira kalau asal usul taman ini adalah pasar. Ya, area yang kini berubah jadi destinasi wisata cantik ini dulunya adalah pasar Karanganyar yang diubah oleh Bapak Bupati kala itu (Bapak Waluyo Cokro Darmanto).

Saat area ini dipermak, pedagang pasar dipindah ke area dekat dengan Perumahan Pelita yang ada di Bejen. Sayangnya, pedagang mengeluhkan dagangannya yang sepi pengunjung. Mereka pun mencari lokasi lain hingga sampailah di Jungke.

Setelah difasilitasi pemerintah, akhirnya para pedagang yang tadinya asal gelar lapak di Jungke kini sudah bisa berjualan dengan tenang di Pasar Jungke.

Selanjutnya, oleh Bapak Drs. H. Juliyatmono (bupati Karanganyar), taman yang dulunya adalah pasar terus dikembangkan dan dipercantik. Hingga kini, ada banyak spot yang bisa digunakan untuk berfoto dan beberapa wahana yang bisa dinikmati bersama anak-anak.

Daya tarik dan wahana di Taman Pancasila Karanganyar

Konsep utama dari taman ini adalah ruang publik terbuka yang bisa dijadikan sebagai penggerak ekonomi sekaligus wisata. Maka dari itu, ada beberapa hal yang bisa kamu lihat dan nikmati selama berada di sini.

Patung Sang Proklamator

Berada di bagian utama bangunan, patung sang proklamator ini langsung menarik perhatian pengunjung yang masuk ke area taman.

Kamu bisa berfoto dengan patung Bung Karno. Mencari angle yang pas untuk mendapatkan hasil jepretan terbaik.

Sang Proklamator di Taman Pancasila
Sang Proklamator di Taman Pancasila via googlemaps @Allisca Cande

Aktivitas olahraga

Tempat wisata di Karanganyar ini sudah dipaving lengkap sehingga jalanan dan lapangannya bisa dilalui dengan mudah. Kalau mau, kamu bisa membawa sepeda untuk gowes di sini.

Kamu juga bisa sekedar jalan kaki berkeliling atau jogging di pagi hari untuk membakar lemak dan berolahraga rutin.

Kuliner

Tersedia beragam makanan yang bisa mengenyangkan perut dan memuaskan keinginan kulinermu. Bila ke sini sambil piknik, kamu tak perlu khawatir soal makanan sebab semuanya ada.

Tak hanya untuk orang dewasa, jajan untuk anak-anak pun melimpah. Jadi, memang cocok buat wisata keluarga.

Permainan anak

Inilah salah satu spot yang paling ramai selama kamu berlibur di sini. Ada persewaan mobil untuk anak-anak yang pastinya akan membuat mereka betah selama di sini. Selain itu, ada juga permainan memancing ikan, mandi bola, dan yang lainnya.

Pusat Belanja dan Bermain Anak
Pusat Belanja dan Bermain Anak via googlemaps @Danang Dwi Prakoso

Rekreasi belanja

Tak hanya makanan dan permainan. Para ibu-ibu yang datang berkunjung juga bisa membeli pakaian untuk anak atau membeli jilbab untuk diri sendiri dan ibu mertua. Harganya miring dan pilihannya sangat banyak. Recommended!

Berwisata malam

Tak hanya siang hari, sore jelang senja sampai malam juga masih ada pedagang yang menggelar lapak. Kamu bisa menikmati kuliner khas Jawa Tengah dan berbelanja layaknya di pasar malam.

Selain itu, ada delman yang bisa dinaiki dan berkeliling di sekitar lokasi, jika memang kamu mau menyewanya.

Area parkir yang tertata rapi

Soal parkir, jangan khawatir. Area parkirnya luas dan kendaraannya tertata dengan rapi. Kamu bisa nyaman berlibur tanpa takut kendaraanmu hilang.

Harga tiket masuk Taman Pancasila Karanganyar, jam buka, dan alamatnya

Untuk masuk ke sini tidak dipungut biaya alias gratis. Jam bukanya 24 jam. Tapi kalau mau kulineran, belanja, dan yang lainnya datanglah jam 15.00 sampai 23.00 WIB.

Alamatnya di Jl. Lawu, Dompon, Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Selama berlibur di taman Pancasila, tetap jaga sopan santun, jaga kebersihan, dan awasi anak-anak dengan baik ya?

Featured Image Taman Pancasila Karanganyar via googlemaps @priyo kuncoro