Jawa Timur

Taman Pecut

Pinterest LinkedIn Tumblr

Singgah ke taman pecut kota Blitar saat malam hari memang asyik. Tempatnya enak buat berkumpul bersama keluarga dengan fasilitas yang lumayan lengkap.

Destinasi wisata ini terletak di jantung kota Blitar. Tepatnya di sebelah selatan alun-alun kota. Konsepnya adalah area terbuka hijau yang bisa didatangi segala usia, dari anak hingga dewasa.

Kamu bisa ke sini bareng pasangan, teman sekantor, atau keluarga untuk sekedar melepas lelah, menikmati air mancur warna-warni, atau melakukan aktivitas bermanfaat lainnya.

Sejarah Taman Pecut Blitar

Tempat wisata di Blitar ini diresmikan oleh Wali Kota Blitar, Bapak Samanhudi Anwar, pada tanggal 22 Juni 2017 lalu. Sejak diresmikan, jumlah pengunjung yang datang semakin banyak sehingga jadi salah satu tempat nongkrong favorit di kota.

Sesuai dengan namanya, ikon yang ada di destinasi wisata ini adalah sebuah pecut. Hal ini karena konon dulu pecut merupakan salah satu pusaka yang dimiliki oleh Bupati ketiga Blitar, yakni Kanjeng Pangeran Sosrohadinegoro. Beliau memimpin Blitar dari tahun 1915 sampai 1918.

Pusaka beliau ini memiliki cerita mistis. Di mana menurut kisahnya pada saat lahar kelud menyapu area Blitar dan datang ke arah pendopo dari utara, pecut Samandima pun dilecutkan.

Di saat itu, lahar yang tadinya akan menyapu pendopo tiba-tiba terbelah jadi dua dengan sendirinya. Selain itu, suara yang keluar pada saat pecut dilecutkan juga menggelegar dengan dahsyatnya.

Wisata dan gambar Taman Pecut Blitar

Destinasi wisata ini berdiri di atas lahan dengan luas sekitar 1 hektar. Ada banyak sekali spot menarik yang jadi primadona bagi para wisatawan, di antaranya adalah:

Air mancur bergoyang tiap malam minggu

Salah satu daya tarik yang ikonik dari tempat wisata ini adalah air mancurnya. Di mana pada saat malam minggu ada atraksi khusus. Saat itu, air mancur yang ada di lokasi akan keluar dengan memunculkan warna-warni yang indah. Mereka bergerak seolah menari dengan gerakan khusus.

Tak heran bila tiap malam minggu para pengunjung sengaja datang dan memenuhi lokasi wisata. Sekedar melihat tarian air mancur yang diiringi musik di sekitar ikon pecutnya.

Bila kamu mau ke sana, atraksi air mancur ini bisa dilihat pada jam 19.30 WIB sampai 21.00 WIB.

Tempat Wisata Taman Pecut Penuh Atraksi Air via googlemaps
Tempat Wisata Taman Pecut Penuh Atraksi Air via googlemaps

Jalan-jalan pagi dan sore hari

Area di sini sudah bersih dengan pembangunan yang baik. Lantainya sudah mulus sehingga banyak dimanfaatkan oleh para pengunjung olek jalan-jalan, jogging, atau berolahraga ringan.

Di sekitar lokasi ada banyak sekali tempat duduk buat yang ingin beristirahat setelah berkeliling. Selain itu, ada juga tempat sampah di beberapa titik yang harus dimanfaatkan para pengunjung untuk turut menjaga kebersihan lokasi wisata.

Piknik bersama keluarga

Kamu bisa ke sini bersama keluarga, menggelar tikar di salah satu spot sambil menikmati makanan yang dibawa dari rumah.

Rumput di sini hijau dan terawat. Pilihlah area yang rumputnya sudah boleh diinjak agar tetap bisa menjaga taman tersebut dengan baik.

Tempat Piknik Bersama Keluarga di Taman via instagram @anorachilya
Tempat Piknik Bersama Keluarga di Taman via instagram @anorachilya

Spot foto minimalis modern

Konsep bangunan tempat ini minimalis dan modern sehingga lumayan cocok buat dipotret dan dimasukkan ke media sosial.

Ada Ikon Wisata Buat Foto Cantik via instagram @tri.wahyuni13
Ada Ikon Wisata Buat Foto Cantik via instagram @tri.wahyuni13

Fasilitas yang memadai

Selain tempat sampah dan tempat duduk sebagaimana disebutkan di atas, di sini juga tersedia area parkir dan toilet. Keduanya berbayar.

Aerial View Taman Pecut Blitar via googlemaps
Aerial View Taman Pecut Blitar via googlemaps

Harga tiket masuk taman pecut kota Blitar, alamat, dan jam buka

HTM taman ini gratis. Kamu hanya perlu menyediakan uang untuk bayar parkir atau ke toilet jika memang perlu.

Alamatnya di Jl. Merdeka, Kepanjen Lor, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar. Bukanya mulai jam 06.00 WIB sampai 23.00 WIB.

Silakan jadwalkan kunjunganmu ke taman pecut. Kalau datang di malam minggu, datanglah lebih awal karena perlu mencari lahan parkir dan menghindari kemacetan area tersebut.

Featured Image Taman Pecut Blitar via googlemaps

Peta Lokasi