Terjangkau dan wahananya lengkap, itulah yang membuat taman ria Balekambang tak pernah sepi pengunjung. Bayangkan, kamu dan keluarga bisa main sepuasnya hanya di satu tempat. Penasaran seperti apa? Cek ulasannya berikut ini.

Tempat wisata ini berlokasi di Karanganyar, Jawa Tengah. Sebuah destinasi yang menawarkan banyak sekali wahana. Dari spot foto dengan tema dunia hingga aktivitas seru yang sangat menghibur.

Tempat wisata Balaikambang di Karanganyar

Tempat wisata di Karanganyar ini tidak hanya cocok buat orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Dari permainan alam hingga air, semuanya tersedia. Agar lebih jelas, berikut ini adalah beberapa hal yang sangat menarik dan bisa dilakukan selama berlibur di taman ini.

Berburu spot foto bertema dunia

Ada banyak ikon dunia yang ada di sini. Kamu bisa berfoto dengan ikon-ikon itu tanpa perlu berkunjung ke negaranya. Berikut ini adalah beberapa ikon yang cukup populer dan sayang bila dilewatkan:

  1. Menara Eiffel – Paris.
  2. Gunung Fuji – Jepang.
  3. Menari Pisa – Roma.
  4. Spinx.
  5. Merlion – Singapura.
  6. Tembok Besar Cina.
  7. London Bridge.
  8. Mumi Mesir.
  9. Colloseum.
  10. Patung Liberty.
  11. Candi Borobudur, dll.

Spot foto lain yang tak kalah menarik adalah Sandal Raksasa, Air Mancur Trevi, I Love BK, Patung Dinosaurus, Patung Naga, dll.

Berada di sini serasa keliling dunia, bukan? Apalagi setelah foto kamu bisa langsung upload ke sosial media.

Miniatur Ikon Dunia Taman Ria Balekambang via googlemaps
Miniatur Ikon Dunia Taman Ria Balekambang via googlemaps

Wahana seru di Taman Ria Balekambang

Sambil mencari spot foto terbaik, kamu bisa ikutan main di beberapa wahana seru. Misalnya Flying Fox, ATV, Paint ball, Mini Fox, Becak, High Rope, Sepeda Listrik, Kereta, Shooting Target, dan yang lainnya.

Wahana-wahana seru ini butuh biaya tambahan dari Rp 5.000,- sampai Rp 50.000,- tergantung wahana yang dipilih.

Playground atau wahana bermain anak

Anak-anak juga bisa bermain di playground yang sudah disediakan di lokasi. Isinya lumayan bervariasi. Di antaranya adalah jungkat-jungkit, prosotan, ayunan, dan yang lainnya.

Bila sudah main seperti ini anak-anak biasanya akan sangat betah dan sulit diajak pulang. Meski begitu, selama bermain anak selalu harus dalam pengawasan.

Tempat Bermain Anak via googlemaps
Tempat Bermain Anak via googlemaps

Suasana taman

Karanganyar secara umum memiliki suhu yang sejuk. Dipadu dengan nuansa taman yang tertata rapi khas pedesaan membuat tempat wisata ini terasa sangat menentramkan dan menyejukkan.

Di taman juga sudah ada gazebo yang bisa dipakai duduk dan menikmati pemandangan yang ada di sekitar. Kamu bisa melepas lelah juga di gazebo ini setelah berkeliling di taman dan menikmati wahana serunya.

Waterpark

Kalau mau main air, tempat wisata di Karanganyar ini juga sudah menyediakan kolam untuk anak yang dilengkapi dengan seluncuran air atau water slide. Terdapat juga patung-patung hewan air buat para pengunjung yang ingin berfoto.

Jika niat ke sini mau main air sekalian, maka jangan lupa bawa baju ganti ya?

Ada Waterpark Yang Luas di Taman Ria Balekambang via googlemaps
Ada Waterpark Yang Luas di Taman Ria Balekambang via googlemaps

Live music

Khusus di akhir pekan, di sini juga ada hiburan live music.

Mini zoo

Untuk edukasi anak, sudah ada juga kebun binatang kecil.

Fasilitas di Taman Ria Balekambang

Fasilitas yang ada di sini sudah lengkap. Bahkan, jumlah kamar mandinya sudah sangat memadai. Jadi, buat yang ingin bilas dan ganti baju setelah main air juga tak perlu antre panjang.

Selain toilet atau kamar mandi, di taman ini juga sudah ada mushola, kantin (warung makan), oleh-oleh (suvenir), dan fasilitas penunjang lainnya.

Harga tiket masuk taman Balekambang Tawangmangu, jam buka, dan alamat

Tiket masuk ke taman Balekambang sangat murah, hanya Rp 20.000,- di weekday dan Rp 25.000,- di weekend. Sementara biaya parkirnya adalah Rp 3.000,- per motor dan Rp 5.000,- per mobil.

Jam bukanya adalah 09.00 WIB – 17.00 WIB untuk weekday, Sabtu dari jam 08.00 WIB sampai 17.00 WIB, dan Minggu dari jam 07.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Alamatnya di Jl. Balaikambang, Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Jangan lupa pakai outfit terbaikmu saat berkunjung ke taman ria Balekambang. Supaya hasil fotonya memuaskan.

Featuerd Image Tempat Wisata Taman Ria Balekambang via googlemaps

Peta Lokasi