Yuk kunjungi taman safari Prigen, taman terluas se-Asia! Di sini, ada banyak sekali fauna atau satwa liar yang bisa kamu lihat. Cocok untuk berlibur bersama keluarga dan menjadi salah satu destinasi wisata edukasi yang sangat direkomendasikan.

Tempat wisata di pasuruan ini sering ramai di musim liburan atau saat weekend. Letaknya ada di tengah-tengah antara Malang dan Surabaya. Lokasi pintu utamanya berada di Jalan Surabaya-Malang.

Jadi, kalau kamu dari Surabaya dan mau ke Malang lewat Pasuruan melalui jalur perjalanan darat. Kamu pasti akan melewati pintu utamanya yang sangat khas. Gapura berbentuk gading gajah raksasa berwarna putih di kanan jalan.

Gambar Taman Safari Prigen
Suasana Berkunjung ke Tempat Wisata Taman Safari Prigen via safariprigen.com

Wahana taman safari prigen

Terdapat banyak sekali wahana di taman ini. Ada yang diperuntukkan untuk anak saja. Ada juga yang bisa digunakan oleh remaja dan orang dewasa. Bahkan, rombongan anak sekolah pun bisa mencoba wahananya untuk edukasi.

Gambar Peta Taman Safari Prigen Pasuruan
Peta Taman Safari Prigen via safariprigen.com

Di antara wahana yang terkenal di taman ini adalah:

Safari adventure

Pada saat masuk ke lokasi, kamu akan melihat banyak sekali hewan liar yang hidup di alam. Berbagai jenis spesies hewan ada di sini. Mereka semua tidak ditali. Bebas mencari makanan sendiri.

Safari ini dimulai dengan hewan-hewan herbivora. Hewan-hewan ini tidak buas. Yang menarik dari safari ini adalah kadang kamu harus memberhentikan mobil untuk sekedar menunggu hewan yang lewat di tengah jalan. Biasanya, hewan-hewan ini akan mencari makanan dan menunggu dekat kaca mobil.

Gambar Hewan Berteduh Kehujanan
Hewan Berteduh Kehujanan via instagram @therechristina

Setelah kawasan herbivora, kamu akan masuk ke hewan-hewan karnivora seperti singa, harimau, dll. Khusus untuk hewan di area ini, ada gate yang dibuka tutup oleh petugas. Kamu juga akan ditemani oleh guide yang membantu untuk mengusir hewan tersebut saat mereka menghalangi jalan.

Gambar Carnivore Feeding Adventure di taman safari prigen
Carnivore Feeding Adventure via instagram @tamansafariprigen

Petualanganmu tak berhenti di sini, masih banyak hewan lain seperti kuda nil, buaya, dan hewan air lainnya yang ada di sini.

Gambar Selfie Dengan Singa
Anak Kecil Berani Selfie Dengan Singa via instagram @megamarpaung

Amusement Park

Setelah petualangan menegangkan yang asyik bersama hewan-hewan alam, kamu bisa berhenti di amusement park yang menghadirkan sejumlah wahana modern. Di antaranya adalah kereta api, motor boat, sepeda layang, roller coaster, bom bom car, dan yang lainnya.

Gambar Wahana Bermain Anak
Serunya Wahana Bermain Anak via instagram @ellamaniezz

Di sini, kamu juga bisa sekaligus melepas lelah dan rileks sebentar setelah petualangan yang panjang.

Dolphin Show

Salah satu wahana yang selalu ramai dikunjungi adalah Dolphin Bay. Wahana ini berisi edukasi tentang binatang laut. Kamu akan melihat atraksi lumba-lumba dan singa laut yang sangat kompak. Belajar mengenai berapa kecepatan mereka di air dan keahliannya.

Atraksi mereka tidak dilakukan sepanjang hari, melainkan ada waktu-waktu tertentu. Biasanya setelah dhuhur. Tapi jamnya bisa sewaktu-waktu berubah.

Di akhir acara, kamu bisa berfoto bersama singa laut dan lumba-lumba.

Gambar Foto Bersama Lumba-lumba
Foto Bersama Lumba-lumba Setelah Pertunjukan via instagram @diantriasih

Memberi makan gajah

Wahana yang tak kalah asyik adalah memberi makan gajah. Setelah memberi makan, kamu bisa berfoto dan dikalungi bunga oleh gajah tersebut. Sangat asyik!

Gambar Foto Diberi Bunga Oleh Gajah di taman safari prigen
Foto Diberi Bunga Oleh Gajah via instagram @windycaang

Selain wahana-wahana tersebut, berikut adalah wahana lain yang tak kalah menarik:

  1. Tiger show.
  2. Jungle boy.
  3. Elephant story.
  4. Baby zoo
  5. The temple of terror, dll.
Gambar Foto Bersama Macan
Foto Bersama Harimau via instagram @megamarpaung

Fasilitas taman safari prigen

Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang sangat mendukung wisatamu di sini:

Tempat parkir

Jika kamu datang dengan mengendarai motor, maka di sana tersedia lahan parkir untuk pemotor. Kemudian untuk bisa bertualang di dalam, kamu bisa menaiki bus yang disediakan oleh pengelola.

Kalau kamu menggunakan mobil, maka sejak awal masuk kamu akan menggunakan mobil tersebut untuk bertualang. Parkir mobilnya terletak di tengah-tengah. Di sekitar Amusement Park. Tempat parkirnya sangat luas, dengan pembagian yang jelas antara atas dan bawah.

Kamar mandi yang bersih

Jika kamu ingin membersihkan diri, kamar mandi di sini lumayan banyak dan bersih.

Rumah makan

Setelah bertualang cukup lama, biasanya perut akan keroncongan. Di sini ada rumah makan yang cukup lengkap menunya.

Mushola/masjid

Mau sholat? Di sini sudah ada fasilitasnya kok.

Harga tiket masuk taman safari prigen, alamat, dan jam buka

Harga tiket masuk taman safari prigen beraneka macam, yakni:

Tiket rusa

Bisa mengunjungi safari adventure, aquatic land, baby zoo, 4 animal show, dan bisa pilih temple of terror atau dolphin show. Harga khusus weekday Rp 80.000 untuk anak usia 1-5 tahun, Rp 85.000 untuk orang dewasa. Sementara weekend, harganya Rp 105.000,- untuk anak usia 1-5 tahun, Rp 110.000,- untuk orang dewasa.

Tiket badak

Bisa mengunjungi safari adventure, baby zoo, aquatic land, 6 animal show, 22 permainan (berlaku untuk 1x), safari water world. Harga weekday Rp 110.000,- dan weekend Rp 135.000,-.

Tiket Badak

Paket promonya berisi safari adventure, 22 permainan (bisa berkali-kali), aquatic land, baby zoo, 6 animal show safari water world, dan 6D cinema untuk 2 film. Harganya Rp 135.000,- untuk weekday dan Rp 160.000,- untuk weekend dan hari libur.

Pada saat masuk, petugas akan menawarkan tiket terusan apa reguler. Maksudnya adalah reguler untuk rusa, terusan untuk badak.

Gambar Burung Kakak Tua
Burung Kakak Tua via instagram @rzxkyh

Kalau ingin berfoto dengan sea lion, kamu harus membayar Rp 100.000,- sekali foto. Kalau ingin memberi makan gajah dan berfoto biasanya ada tarif dari Rp 10.000,- sampai Rp 20.000,-.

Gambar Wahana Safari Water World di taman safari prigen
Boomerang Giant Slide, Lazy River dan Super Bowl di Safari Water World via instagram @tamansafariprigen

Jam buka tempat wisata ini adalah dari jam 08.30 WIB sampai 16.30 WIB. Kalau Weekend durasinya lebih panjang 15 menit. Tutupnya jam 16.45 WIB. Alamatnya adalah di desa Jatiarjo, Prigen, RT 12 RW 6.

Agar bisa menikmati semua wahana, sebaiknya berangkat lebih pagi. Selain itu, jangan lupa siapkan fisik dan mentalmu sebelum berwisata ke taman safari prigen. Karena di sini, kamu akan benar-benar bertualang sambil belajar.

Peta Lokasi

Website

safariprigen.com

Kontak

(0343) 6743000