Berada di tengah kota, taman situ lembang menjadi lokasi yang paling dekat bila kamu ingin terbebas dari hiruk pikuk suasana perkotaan yang padat. Rasakan kesejukan dan ketenangan di sini.

View yang ditawarkan di tempat wisata ini memang berkebalikan dengan ramainya perkotaan. Saat berada di sini, kita seolah tidak sedang berada di kota sebab bisa melihat danau hijau lengkap dengan taman yang dipenuhi bunga dan sangat tertata. Indah!

Bila mau ke sini, ajaklah anak, istri, dan keluarga. Tak perlu khawatir dengan tiket masuk, kamu cukup menyediakan camilan buat teman nongkrong. Bila diperlukan, siapkan kresek untuk wadah sampah agar kebersihan tempat ini tetap terjaga.

Berlibur di taman Jakarta Pusat (situ lembang)

Ada banyak hal yang ditawarkan di tempat wisata Jakarta ini. Mulai dari sekedar beristirahat sambil menikmati pemandangan hingga berpiknik bersama keluarga. Selengkapnya simak ulasan di bawah ini:

Menikmati pemandangan

Kamu dan keluarga bisa menikmati pemandangan. Melihat bunga yang indah dan danau yang ada di tengah. Di bagian tengah danau ada air mancur yang suara gemericiknya bisa menenteramkan. Bikin hati terasa syahdu.

Menikmati pemandangan Bunga dan Waduk
Menikmati pemandangan Bunga dan Waduk via instagram @nemos_crochet

Memancing

Pengunjung yang punya hobi memancing juga boleh membawa kail dan umpan ke sini. Tersedia tempat duduk berbentuk lingkaran di pinggiran danau.

Banyaknya pepohonan di sekitar lokasi membuat momen memancing jadi nyaman karena teduh. Air yang tenang berwarna hijau menjadi daya tarik tersendiri buat para pemancing.

Gambar Sabar ya kak, lagi pasang umpan pancing dulu
Sabar ya kak, lagi pasang umpan pancing dulu via instagram @adnan_hs

Olahraga

Di sini, kamu juga bisa berolahraga. Sekedar jogging atau jalan kaki keliling danau yang aksesnya sudah bagus karena ada paving-nya.

Udaranya memang tidak sesejuk di puncak atau daerah pegunungan, tapi rindangnya pepohonan memberikan oksigen tersendiri buat para pengunjung sehingga momen olahraga outdoor menjadi mengasyikkan dan menyehatkan.

Selain itu, ada alat olahraga yang tersedia di sini, kamu bisa memanfaatkan fasilitas tersebut dengan maksimal dan turut menjaganya.

Semangat Olahraga
Semangat Olahraga via instagram @margnjacob

Area bermain anak

Bila mengajak anak, jangan lupa untuk mampir di spot bermain anak. Meski tak besar, bermain di taman ini akan membuat anak-anak senang karena cukup lengkap dan bervariasi.

Ada Banyak Wahana Bermain Anak
Ada Banyak Wahana Bermain Anak via instagram @eva_afifahenna

Penjual makanan dan minuman

Seiring dengan banyaknya pengunjung yang datang ke taman ini, penjual memanfaatkannya untuk berdagang dengan membawa rombong atau ditenteng biasa. Dijajakan secara langsung tanpa membuat bangunan permanen atau semi permanen.

Dari penjual gado-gado, bakso, bakwan Malang, hingga camilan dan minuman semuanya sudah tersedia. Jadi, kalau lupa tidak membawa bekal dari rumah tak akan jadi masalah. Toh, harga makanan di sini juga ramah.

Keamanan terjaga

Biasanya ada satpol PP yang berkeliling ikut menjaga keamanan dan kenyamanan taman.

Area parkir yang luas

Kamu bisa parkir di lokasi yang tersedia cukup luas. Semua aman, kok! Ada tukang parkirnya yang tidak berseragam. Kalau memang pas kehabisan tempat, biasanya pengunjung memarkir di depan rumah elite di sekitar lokasi.

Senja di Taman Situ Lembang
Senja di Taman Situ Lembang via instagram @andinatirta

Harga tiket masuk taman situ lembang

Taman ini dikelola langsung oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, jadi untuk masuk ke kawasan ini masih gratis, tidak dipungut biaya.

Tugas pengunjung hanya ikut menjaga kerapian, kebersihan, dan keasrian taman. Pengunjung diharapkan tidak merusak tatanan dan fasilitas yang ada di taman.

Gambar Taman Situ Lembang Aerial View
Taman Situ Lembang Aerial View via instagram @ranomk

Alamat, jam buka, dan informasi taman situ lembang tutup jam berapa

Taman ini buka 24 jam alias siang dan malam, setiap hari. Alamatnya di Jalan Lembang Terusan No. D-59, RT 6 RW 5. Jalan ini merupakan cabang dari jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

Letak taman dikelilingi oleh perumahan elite di kawasan Menteng, jadi tidak cukup terlihat. Namun, di sinilah kelebihannya. Karena lokasinya agak masuk jadi tak banyak kendaraan yang berlalu lalang.

Walhasil, taman situ lembang ini makin tenang dan terasa damai. Cocok buat sejenak lepas dari kepenatan.

Featured Image Tempat Wisata Taman Situ Lembang via instagram @trisuci.as