Akhir pekan di Jakarta akan terasa sejuk dan menyenangkan bila bisa berkunjung ke taman Tabebuya. Sebuah lahan terbuka hijau lengkap dengan tanaman, area bermain, dan kolam. Sangat cocok buat wisata keluarga.

Tempat wisata ini memiliki sebutan yang cukup banyak, mulai dari taman angsa hingga taman Moch Kafi 1. Disebut taman angsa karena dulunya tempat wisata ini dipenuhi dengan angsa, sebelum akhirnya ditiadakan karena wabah flu burung pada tahun 2014.

Sementara sebutan Moch Kafi disesuaikan dengan letaknya yang berada di Jalan Moch Kafi. Tertarik untuk berkunjung? Simak ulasannya di bawah ini.

Pohon tabebuya di Jakarta

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa pada awalnya sebutan destinasi wisata ini bukan Tabebuya, melainkan angsa atau sesuai letak jalannya. Penyebutan Tabebuya tak lain disebabkan oleh keberadaan pohon Tabebuya yang ditanam cukup banyak di taman ini.

Pohon ini merupakan pohon yang berasal dari  Brazil. Pada saat berbunga, tampilannya menyerupai pohon sakura yang ada di Jepang. Warna merah mudanya menutupi seluruh pohon yang tidak ada daunnya. Sangat indah.

Wisata dan fasilitas taman Tabebuya

Lokasi wisata ini menjadi pilihan buat orang tua yang ingin mengajak anaknya bermain ke taman dengan udara sejuk di kota metropolitan. Alih-alih bermain di mall yang sudah terlalu mainstream, para orang tua bisa mengajak putra-putri mereka kesini. Bermain, berolahraga, dan piknik.

Ada banyak aktivitas liburan yang bisa dilakukan di sini. Ini dia beberapa di antaranya:

Piknik

Hamparan rumput hijau yang menyegarkan terbentang luas di taman Tabebuya. Rumput ini bisa jadi spot piknik keluarga yang sangat nyaman. Pihak pengelola juga sudah mengizinkan area ini untuk dijadikan sebagai tempat piknik bersama keluarga.

Jadi, jangan sampai lupa membawa makanan, minuman, karpet, dan peralatan piknik lain bila ke sini.

Piknik di Taman Tabebuya
Piknik di Taman Tabebuya via instagram @revelipo

Menikmati indahnya pohon tabebuya

Ada setidaknya 17 pohon yang ditanam berjajar di taman ini. Saat semuanya berbunga secara bersamaan, ini menjadi pemandangan yang sangat indah. Rasanya tidak seperti sedang di Indonesia. Rasanya sedang melihat indahnya sakura di luar negeri.

Tempat bermain anak

Tempat wisata jakarta ini juga sudah dilengkapi dengan taman bermain buat anak. Mulai dari prosotan, bandulan, dll.

Asyik Bisa Main Bola Bareng Ayah
Asyik Bisa Main Bola Bareng Ayah via instagram @sialimah

Beragam ikan

Di sini tersedia beragam ikan air tawar, seperti lele, mujaer, patin, gabus, dan yang lainnya. Para pengunjung bisa memberi makan pada ikan-ikan tersebut atau sekedar melihatnya.

Jogging keliling taman

Salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan oleh pengunjung di pagi atau sore hari adalah berlari atau jalan-jalan keliling taman. Track-nya sudah dipaving dengan rapi sehingga sangat mudah dilalui.

Joging Bareng di Taman Tabebuya
Joging Bareng di Taman Tabebuya via instagram @ediesantoso1970

Ruang ekspresi komunitas

Di lokasi terdapat lapangan yang cukup luas. Biasanya lapangan ini digunakan sebagai tempat untuk pertemuan komunitas-komunitas tertentu. Bahkan, ada juga yang memanfaatkannya untuk yoga bersama.

Juga ada mobil baca keliling di taman
Juga ada mobil baca keliling di taman via instagram @olinalaila

Tempat sampah yang sangat banyak

Bagi pengunjung yang sering datang, mereka paham bahwa kebersihan taman adalah segalanya. Mereka sudah terbiasa membuang sampah pada tempatnya.

Baiknya, pihak Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta juga sudah menyediakan tempat sampah di berbagai titik. Jumlahnya sangat banyak sehingga pengunjung tidak akan kebingungan bila harus membuang sampahnya.

Harga tiket masuk ke taman Tabebuya Jakarta, alamat, dan jam buka

Untuk masuk ke sini, pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang atau gratis. Parkirnya lebih banyak untuk motor dengan membayar Rp 2.000,- sekali parkir. Untuk area parkir buat mobil ada, tapi terbatas, hanya beberapa saja.

Jam bukanya adalah dari jam 06.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB. Alamatnya di jalan Moch. Kafi No. 1 RT 1 RW 2 Ciganjur, Jakarta Selatan.

Karena taman Tabebuya adalah tempat wisata umum, sebaiknya seluruh pengunjung turut menjaga kebersihan dengan baik.

Featured Image Taman Tabebuya via instagram @prasdanzkaren