Jawa Barat

Tebing Keraton

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bagaikan berada di negeri atas awan, begitulah rasanya saat kamu berada di tebing keraton Tahura Bandung. Indahnya kabut putih bergumpalan berpadu dengan rimbunnya pepohonan menjadi alasan kuat kenapa harus mengunjungi lokasi wisata ini.

Pada awalnya, destinasi wisata ini masih sangat alami sehingga untuk sampai di lokasi pengunjung benar-benar harus berjuang keras. Namun kini, akses jalannya sudah sangat bagus. Sehingga kamu bisa mengunjungi dengan lebih mudah.

Sampai di bukit, rasakanlah betapa sejuk dan segarnya udara dengan pemandangan hutan dan hamparan luas perkotaan yang memanjakan mata.

Tebing Keraton dengan Pemandangan yang Indah
Tebing Keraton dengan Pemandangan yang Indah via googlemaps @Generasi Kristal

Ketinggian tebing keraton

Hawa sejuk dan segar yang ada di sini adalah karena ketinggian tebing yang mencapai 1.200 mdpl. Meski akses jalannya sudah dibuat cukup bagus, perjuangan keras tetap menantimu di lokasi. Sebab perlu berjalan kaki untuk mendaki gunung atau perbukitan yang menanjak agar bisa sampai di puncak.

Tapi semua perjuangan keras itu akan terbayar manakala kamu berada di atas. Keindahannya tidak bisa digambarkan dengan kata-kata. Layaknya lukisan yang membuat lidah kita tak bisa berhenti berucap syukur.

Untuk bisa mendaki dengan mudah, gunakanlah sepatu. Bawalah teropong untuk melihat hamparan hutan dan perkotaan dengan lebih jelas.

Di bagian atas terdapat pagar-pagar untuk menambah nilai keamanan. Meski demikian, kamu harus tetap berhati-hati saat hendak mengambil gambar.

Tempat Wisata di Tebing Keraton Bandung
Tempat Wisata di Tebing Keraton Bandung via instagram @ikaferadilla

Khususnya bila lokasi yang diinginkan adalah di bagian bebatuan dekat dengan kabut. Karena di sini belum ada pagar pembatas.

Kalau kamu memiliki fobia terhadap ketinggian, seharusnya lebih berhati-hati lagi. Berangkatlah bersama keluarga atau pendamping.

Foto di atas Batu Tebing
Foto di atas Batu Tebing via instagram @ayopergilagi

Trekking dan cara ke tebing keraton naik motor

Jarak lokasi wisata ini dari pusat kota Bandung memang cukup dekat, yakni kurang dari 20 km dan bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 32 menit dalam hitungan normal.

Namun demikian, trekking ke lokasi cukup sulit karena perlu melewati jalanan yang kecil. Sangat disarankan untuk menggunakan motor saja agar bisa langsung ke pintu masuk tebing keraton.

Jalur Trekking
Jalur Trekking via googlemaps @dedi caromalela

Jika kamu mengendarai mobil, biasanya akan diminta parkir di bagian bawah (di sekitar tanjakan) yang jaraknya masih cukup jauh dari pos, sekitar 2 kilometer. Jika merasa kuat jalan jauh, maka tidak masalah. Tapi kalau tidak, sewalah ojek.

Ojek-ojek tersebut mengantarkanmu langsung ke pos di mana motor para pengunjung juga terparkir di sana. Dari pos ini, semua pengunjung harus berjalan kaki untuk menuju ke puncak.

Rute yang bisa dilalui untuk bisa sampai ke sini dari arah kota Bandung adalah:

Mengarahkan kendaraan ke terminal Dago. Kemudian arahkan kendaraan ke arah Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Juanda. Pada belokan pertama setelah memasuki taman, ambil kanan. Ikuti terus jalan sampai ada warung bandrek. Kamu bisa berhenti dulu atau meneruskan perjalanan sampai menjumpai pos teratas.

Dari pos pintu masuk ini, dibutuhkan waktu sekitar 5-10 menit untuk sampai di atas. Tergantung pada kekuatan kaki masing-masing orang.

Sudut Gardu Pandang
Sudut Gardu Pandang via googlemaps @Jason Theophilus

Harga tiket masuk tebing keraton, parkir, dan makanan

Harga tiket masuk ke bukit keraton adalah Rp 15.000,- per orang. Jika kamu membawa motor, maka perlu membayar parkir senilai Rp 5.000,- sekali parkir. Sedangkan untuk mobil, biasanya Rp 10.000,- sekali parkir.

Perlu diingat bahwa jika kamu membawa mobil, pengeluaran akan bertambah karena perlu menyewa ojek. Biasanya para ojek akan menawarkan harga 50 ribu untuk PP. Namun, harga ini bisa ditawar.

Cobalah tawar dengan harga Rp 30.000,-. Kalau belum boleh, kamu bisa pura-pura jalan kaki dulu. Biasanya mereka akan mengejar dan menyepakati harga jika memang bisa sepakat. Yang jelas, kalau mau niat menawar, kuatkan mental.

Harga makanan di sini masih terbilang wajar kok. Jadi, kalaupun berangkat pagi, kamu bisa sarapan di lokasi.

Bisa Untuk Foto Prewedding
Bisa Untuk Foto Prewedding via googlemaps @indriya nur aini

Kalau mau ke sini, berangkatlah pagi sekitar jam 05.30 WIB sampai di lokasi. Karena pemandangannya sangat bagus. Bisa lihat matahari terbit dan hawanya masih sejuk.

Biasanya, di jam ini juga masih cukup sepi pengunjung. Apalagi jika kamu berangkat ke tebing keraton di hari biasa. Maka akan lebih sepi lagi. Berbeda dengan weekend, kalau mau foto yang instagrammable di tempat wisata bandung ini harus rebutan dan antre dulu dengan pengunjung lainnya.

Peta Lokasi

Telepon

(022) 2515895