Kental dengan unsur legenda, telaga ngebel memiliki pesona tersendiri hingga sayang untuk dilewatkan. Air yang tenang, udara yang bersih, dan suasana pedesaan yang kental menjadi daya pikatnya.

Destinasi wisata ini terletak di Ponorogo, salah satu kota yang ada di provinsi Jawa Timur. Tepatnya di sisi selatan. Lokasinya berada di dataran tinggi sehingga udaranya sangat sejuk. Saat ini, pengelola terus melakukan pengembangan wisata sehingga bisa memuaskan para pengunjung yang datang.

Bila kamu tertarik untuk mengunjungi lokasi wisata ini, kali ini kami akan mengulas danau penuh legenda di Ponorogo ini.

Legenda telaga ngebel angker

Legenda yang ada di sini sangat kental. Hal ini berkaitan erat dengan asal mula terbentuknya danau yang dinamai ngebel yang artinya “bau” ini. Cerita terbentuknya telaga ini sudah dipercayai secara turun temurun oleh masyarakat sekitar.

Konon dikisahkan seorang patih dari kerajaan Bantar Angin tengah melakukan semedi di sekitar lokasi dengan cara menjelma sebagai seekor ular naga. Suatu ketika, ada penduduk yang kelaparan menemukan ular tersebut dan membawanya pulang ke desa untuk dimakan.

Saat semua sudah bersiap untuk memasak, hal aneh terjadi saat ular hendak dipotong. Ular tersebut tiba-tiba berubah menjadi anak yang imut. Anak tersebut membuat sayembara dengan menancapkan lidi di tanah dan meminta warga mencabut lidi tersebut. Ada sumber yang bilang bahwa lidi ini adalah centong biasa.

Konon pada saat itu semua warga sudah mencoba untuk mencabutnya tapi tak berhasil, bahkan yang berbadan kekar sekalipun. Namun, saat anak tersebut mencabutnya sendiri, tiba-tiba air keluar secara terus menerus hingga terbentuklah sebuah telaga.

Kisah lain tentang telaga ngebel ini juga dikaitkan dengan terbentuknya Ponorogo di mana pendiri kabupaten ini, Batoro Katong, dipercaya pernah menyucikan diri di telaga ini baru menyiarkan agama islam di bumi reog tersebut.

Cerita Legenda telaga ngebel
Cerita Legenda telaga ngebel via googlemaps @IDE MADIUN

Wisata telaga ngebel ponorogo, Jawa Timur

Layaknya wisata air pada umumnya, di sini juga banyak wahana-wahana air yang bisa dilakukan selain hal menarik lainnya. Kamu bisa melakukan banyak hal seperti:

Melihat sunrise dan sunset

Datanglah ke sini pagi, sebelum matahari terbit. Maka kamu akan bisa menyaksikan momen matahari terbit yang begitu indah. Kalau memang tidak sempat, datanglah di sore hari, matahari terbenamnya juga begitu menakjubkan.

Melihat sunrise dan sunset di telaga
Melihat sunrise dan sunset di telaga via instagram @hanungsatriyo

Naik perahu motor dan becak air

Kamu juga bisa menyewa becak air dan perahu motor yang sudah disediakan di sana. Ada banyak perahunya, jadi jangan khawatir sampai tak kebagian.

Untuk menyewa ini, kamu perlu menyiapkan dana khusus. Biasanya, setiap satu perahu akan dihargai secara kolektif. Kalau mau murah, kamu harus menunggu perahu penuh. Kalau mau langsung jalan, cukup bayar sesuai dengan harga sewa satu perahu.

Sebagai perbandingan harga, kalau mau menunggu biasanya kamu cukup mengeluarkan uang Rp 5.000,- per orang. Kalau ingin langsung berangkat tanpa menunggu, harga sewanya sudah mencapai puluhan ribu rupiah, biasanya Rp 50.000,-.

Gambar Naik perahu motor menyusuri telaga ngebel
Naik perahu motor menyusuri telaga ngebel via googlemaps @Andi Nur Hamzah

Berkeliling sambil naik kuda

Luas tempat wisata di ponorogo ini mencapai ratusan hektar dengan jarak tempuh berkeliling mencapai 5 km. Jadi, kalau mau berkeliling kamu tidak bisa berjalan kaki biasa. Agar bisa hemat tenaga, naiklah kuda yang sudah banyak disewakan di sana. Tarifnya sekitar Rp 30.000,-.

Menikmati keindahan telaga di gazebo

Untuk menikmati keindahan danau berpadu dengan rimbunnya hutan dan suasana pedesaan, kamu bisa duduk di gazebo yang sudah dibangun dengan indah. Spotnya juga cukup kece buat diposting di instagram.

Menikmati keindahan telaga di gazebo
Menikmati keindahan telaga di gazebo via googlemaps @Muhammad Fuad

Memancing

Kalau kamu hobi memancing, boleh juga membawa kail dan pancing ke sini.

Gambar Memancing Dapat Ikan Besar
Memancing Dapat Ikan Besar via instagram @sapalupa

Makan durian di musimnya

Bila musim durian datang, para pedagang akan mulai menjajakannya. Penggemar durian wajib coba!

Gambar Pas Musim Durian Banyak Yang Jual
Pas Musim Durian Banyak Yang Jual via instagram @davaalexxis

Fasilitas umum

Di sini sudah tersedia area parkir dan tempat makan dengan aneka menu seperti sate ayam, bakso, ikan bakar, dan yang lainnya. Harganya juga terjangkau.

Selain itu, sudah tersedia juga penginapan/hotel, mushola/masjid, dan toilet.

Tempat Wisata Telaga Ngebel Ponorogo
Tempat Wisata Telaga Ngebel Ponorogo via instagram @fitroha_ae_serdana

Harga tiket telaga ngebel dan alamatnya

Jarak telaga ini dari pusat kota Ponorogo kurang dari 30 km. Bila naik kendaraan, butuh waktu sekitar 40-50 menit. Tergantung kondisi jalan. Bila akhir pekan biasanya kendaraan ramai. Karena jalannya tidak luas jadi potensi macetnya tinggi. Kamu harus hati-hati.

Berfoto dengan latar telaga
Berfoto dengan latar telaga via instagram @fitri_yuliani3

Kamu bisa mencapai lokasi dengan melewati jalur Delopo Madiun, atau lewat jl. Jenangan dari Ponorogo.

Harga tiket telaga ngebel sangat murah, hanya Rp 10.000,- untuk weekdays dan Rp 15.000,- untuk weekend.

Featured Image Telaga Ngebel via googlemaps @aviv azantha