Jawa Timur

Telaga Rambut Monte

Pinterest LinkedIn Tumblr

Telaga rambut monte jadi destinasi wisata populer di Blitar. Rutenya mudah dijangkau dengan pemandangan unik berupa mata air di tengah danau.

Sampai saat ini, jumlah pengunjung telaga ini terus meningkat. Uniknya, meski banyak wisatawan yang datang, destinasi wisata ini masih terasa sunyi dan menenangkan. Sekilas rasanya terdengar aneh, tapi memang begitu kenyataannya.

Saat berkunjung ke sini, para wisatawan yang datang dengan berbagai problem dan rasa stres akan merasa nyaman dan tenang karena kesunyiannya itu.

Hal ini tak lepas dari pemandangan, kondisi di lokasi, legenda yang menyertai, dan ritual yang dilakukan secara rutin oleh warga sekitar. Bagaimana kisahnya? Simak selengkapnya dalam ulasan ini.

Daya tarik wisata blitar telaga rambut monte

Nama tempat wisata di Blitar ini diambil dari nama candi yang ada di lokasi, yakni Candi Rambut Monte. Lokasi ini menyimpan beragam misteri yang cukup menarik untuk disimak lebih jauh.

Kisah misteri tentang mbah monte

Saat datang ke lokasi, kamu akan disambut dengan bangunan candi yang berbentuk monyet lengkap dengan batu relief naga.

Konon menurut kisahnya, seorang Mbah Monte yang sakti berperang melawan Rahwana dan seekor naga. Keduanya kemudian dikutuk menjadi candi.

Candi Mbah Monte VS Rahwana dan Naga via googlemaps
Candi Mbah Monte VS Rahwana dan Naga via googlemaps

Selain candi ini, kamu juga akan melihat lingga Yoni yang menjadi penanda bahwa tempat ini bersejarah dan merupakan peninggalan dari kerajaan Hindu di Indonesia pada masa lampau.

Selain bangunan-bangunan tersebut sebenarnya masih ada bangunan lain yang sempat dicuri oleh oknum. Bahkan, beberapa di antaranya ditemukan di Bali.

Legenda ikan sengkaring

Kisah mistis mengenai tempat wisata telaga di Blitar ini tak hanya berhenti di situ saja. Di tengah telaga ada banyak sekali ikan sengkaring yang sampai saat ini tidak ada yang berani memasaknya.

Ikan Sengkaring via instagram @kas.mbenkk
Ikan Sengkaring via instagram @kas.mbenkk

Ikan-ikan ini menurut kisahnya adalah jelmaan dari murid mbah Monte yang dikutuk karena tidak bisa menjaga amanah untuk turut menjaga candi. Kisah lain menyebut bahwa ikan Sengkaring ini adalah jelmaan dari para prajurit Majapahit yang dikutuk.

Bagaimanapun kisahnya, yang jelas ikan ini dijuluki sebagai ikan dewa dan jadi salah satu ikan yang dikeramatkan.

Keberadaannya juga hampir punah. Kalau di Jawa Timur hanya bisa ditemui di pemandian banyu biru pasuruan selain di lokasi telaga rambut monte ini.

Keindahan telaga berwarna biru toska lengkap dengan suasananya yang romantis

Danau ini sangat unik dan indah. Di tengahnya ada mata air yang terus mengeluarkan air. Pada mata air tersebut, terlihat pantulan warna biru tosca yang terlihat berbeda dari warna-warna lain di sekitarnya.

Danau ini juga memiliki air yang sangat jernih. Saking jernihnya, para pengunjung seperti bisa bercermin. Buktinya, pepohonan yang ada di sekitar begitu tergambar jelas lewat permukaan danau yang cukup luas.

Telaga ini dikelilingi oleh pepohonan tinggi berbagai jenis. Berkat pepohonan ini, udara di lokasi jelas sangat segar dengan suasana romantis yang sangat kental.

Telaga Rambut Monte Blitar Airnya Khas via instagram @bang_yogh
Telaga Rambut Monte Blitar Airnya Khas via instagram @bang_yogh

Kolam renang dan tempat bilas buat pengunjung

Bila ingin berenang, pengelola sudah menyediakan kolam renang di samping telaga. Di sini kamu bisa berenang dengan aman lalu bilas di kamar-kamar yang sudah disediakan.

Sebenarnya, kamu bisa memilih untuk berenang langsung di danau atau di kolam tersebut, tapi karena kedalaman danau tidak bisa diperkirakan akibat lahan berlumpur maka pihak pengelola lebih menyarankan untuk mandi di kolam saja.

Ada Kolam Renang di Sebelah Telaga via googlemaps
Ada Kolam Renang di Sebelah Telaga via googlemaps

Fasilitas yang tersedia

Di lokasi sudah lumayan fasilitasnya. Ada tempat ibadah, toilet, dan warungnya sudah lumayan banyak.

Harga tiket masuk telaga rambut monte

Untuk masuk ke lokasi, kamu cukup membayar Rp 2.000,- untuk anak-anak dan Rp 3.000,- untuk dewasa. Parkirnya sekitar Rp 3.000,- untuk motor dan Rp 5.000,- untuk mobil.

Fasilitas Sekitar Area Wisata via instagram @ardiantfahmi
Fasilitas Sekitar Area Wisata via instagram @ardiantfahmi

Rute menuju lokasi yang mudah

Kalau kamu berangkat ke sini dari kota Blitar, lewatlah Garum, Talun, Wlingi, lalu masuk ke desa Semen. Lanjut ke Tulungrejo, baru masuk ke Krisik.

Alamat lengkapnya di Tirtomoyo, Krisik, Gandusari, Blitar, Jawa Timur. Sudah banyak papan penunjuk jalan yang akan membantumu mencapai lokasi.

Jam buka

Jam buka telaga rambut monte adalah mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. Silakan jadwalkan liburanmu dan jangan lupa untuk turut menjaga kearifan lokal selama berlibur.

Featured Image Tempat Wisata Telaga Rambut Monte via instagram @ari_purwantoro

Peta Lokasi