Kota Bogor merupakan salah satu tujuan wisata favorit untuk menghabiskan libur akhir pekan di Jawa Barat.

Tempat wisata di Bogor dekat stasiun banyak yang bisa dikunjungi baik wisata sejarah, wisata alam ataupun wisata tematik.

Kali ini Moodster.id merekomendasikan tempat wisata di Bogor yang terjangkau dari stasiun kereta api.

Rekomendasi Tempat Wisata

Kebun Raya Bogor

wisata dekat stasiun kereta api bogor
photo by Budhidarma
  • Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122
  • Jam Buka : Setiap Hari Mulai 08.00 – 17.00
  • Harga Tiket : Rp. 15.000/Pax (Weekday)
    Rp. 25.000/Pax (Weekend)

Dengan luas lebih dari 87 hektar, Kebun Raya Bogor memiliki koleksi sebanyak 15.000 jenis tanaman. Tidak heran jika tempat ini banyak dijadikan sebagai tempat study tour dan berbagai aktifitas wisata edukasi lainnya.

Selain juga sangat menarik sebagai objek wisata alam, karena pemandangan yang ada di sekelilingnya dapat memanjakan mata. Destinasi wisata yang sangat populer ini cukup mudah dijangkau oleh wisatawan yang datang dari luar kota, terutama yang naik kereta api.

Tempat wisata di Bogor dekat stasiun ini, mcembuat wisatawan yang turun dari kereta api bisa langsung naik angkutan umum atau berjalan kaki dengan waktu tempuh sekitar 15 – 20 menit. Terdapat empat pintu masuk dalam Kebun Raya Bogor untuk mendapatkan pemandangan yang terbaik disarankan masuk melalui pintu satu.

Di dalam Kebun raya tersedia lahan parkir yang luas untuk kendaraan bermotor tetapi sayangnya lahan parkir tersebut hanya bisa digunakan pada saat weekday untuk weekend parkir kendaraan bermotor diluar kawasan kebon raya.

Di kebun raya bogor juga disediakan kereta wisata untuk berkeliling selama ± 20 menit dengan membayar tiket seharga Rp. 25.000. Bagi wisatawan yang berlibur dengan keluarga terdapat tempat untuk berpiknik dan  kongkow – kongkow diatas hamparan rumput.

Di dalam Kebun raya kalian juga dapat mengunjungi wahana lain seperti Danau Gunting, Museum Zoologi, Ecodome, Griya Anggrek, Taman Mexico, Makam Belanda dan Grand Garden Resto & Cafe.

Kampung Budaya Sindang Barang

tempat wisata dekat stasiun kereta api
Photo By Pinterest
  • Alamat : Jl. Endang Sumawijaya, RT. 02 / RW. 08, Sindang Barang, Dukuh Menteng, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Pasireurih, Bogor, Jawa Barat 16631
  • Jam Buka : Setiap Hari Mulai 09.00 – 17.00
  • Harga Tiket : Rp. 25.000/Pax

Kampung Budaya Sindang Barang terletak di Ciapus Bogor, jaraknya ± 9 Km dari stasiun Bogor. Bagi kalian yang backpacker dan mencari wisada budaya mungkin tepat ini yang wajib kalian datangi.

Berikut merupakan jalur yang harus kalian tempuh jika kesini naik angkutan umum yaitu mulai naik angkot 02 dari Stasiun Bogor dan berhenti di Pasar Bogor dan lanjutin naik angkot 03 jurusan BTM Ramayana – Sindang Barang. Jarak tempuh yang tidak terlalu jauh dari Kota Bogor sehingga membutuhkan waktu sekitar 30 sampai 40 menit.

Kampung Budaya pasti menonjolkan wisata budayanya, disini kalian bisa belajar sejarah bagaimana asal mulanya budaya sunda mulai dari kerajaan di pajajaran, kesenian tari, silat, musik khas sunda seperti angklung dan kegiatan masyarakat bercocok tanam di sawah ataupun melihat ibu-ibu memasak di dapur mereka.

Untuk kalian yang mau bernostalgia dengan masa kecil disini juga disediakan permainan tradisional egrang dan bakiak, cobain pasti kalian akan terjebak pada nostalgia permaianan masa kecil.

Kalo ke tempat wisata kurang afdol  kalo belum berswafoto, di Kampung Budaya ini terdapat sebuah ikon atau spot foto terbaik yaitu lumbung padi yang bangunanya sangat khas sunda pisaaan jaman dulu.

Kampung Budaya Sindang Barang juga nyediain paket wisata menginap, nanti kalian akan merasakan bagaimana suasana bermalam dan mengikutin keseharian orang desa dan tiap tahun juga diselenggarakan event namanya Sereun Tahun yang biasanya diadakan di bulan Muharam.

Sereun Tahun sendiri adalah upacara wujud syukur masyarakat sunda kepada Yang Maha Kuasa atas hasil panen yang telah didapat dan nantinya bakal ada serangkain acara yang menampilkan atraksi budaya sunda.

Waktu yang paling tempat untuk berburu senja di pingiran sawah dan menikmati semilirnya angin pedesaan.

Air Terjun Curug Nangka

wisata air terjun dekat stasiun bogor
photo by hiroshi susilo
  • Alamat : Sukajadi, Tamansari, Sukajadi, Kec. Tamansari, Bogor, Jawa Barat 16370
  • Jam Buka : Setiap Hari Mulai 07.00 – 17.00
  • Harga Tiket : Rp. 15.000/Pax

Curug Nangka, merupakan sebuah tempat wisata alam air terjun di bogor yang menarik untuk di kunjungi. Daya tarik dari curug ini yaitu mempunyai 3 bagian air terjun yaitu curug daun dengan dua luewinya luewi jurig dan leuwi anjangan dan curug .

Air terjun berada di sekitaran kaki gunung Salak sehingga curug ini mempunyai udara yang sejuk ala pegunungan, curug kawung yang merupakan hulu paling atas dari curug nangka terletak di ketinggian 750 mdpl yang mempunyai suhu rata rata 22-24 derajat celcius.

Curug Nangka bisa menjadi wisata alternatif yang murah meriah karena tidak perlu biaya banyak untuk berwisata di tempat ini.

Untuk menuju curug nangka anda bisa melalui Ciapus yang berjarak 15 kilometer dari pusat kota bogor dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan darat dengan waktu ± 30 sampai 45 menit. Setelah sampai di pintu masuk curug nagka anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh ± 1,5 kilometer.

Bagi anda traveler yang memanfaat kendaraan umum sebagai transportasi untuk menuju curug nangka, anda bisa menggunakan kendaraan umum dari terminal ramayana bogor, selanjutnya cari kendaraan dengan jurusan Bogor – Ciapus. lalu anda turun di pertigaan akhir sebelum pintu gerbang curug nangka.

Jarak dari pertigaan menuju curug nangka sekitar 700 meter, bagi anda yang tidak mau berjalan kaki, di pertigaan tersebut terdapat tukang ojek yang siap mengantarkan anda menuju pintu gerbang curug nangka.

Kuntum Farmfield

wisata alam dekat stasiun bogor
Photo By Anindya Maharani
  • Alamat : Jl. Teras Hijau Residence, Sindangrasa, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat 16145
  • Jam Buka : Setiap Hari Mulai 08.00 – 17.00
  • Harga Tiket : Rp. 45.000/Pax (Weekday)
    Rp. 50.000/Pax (Weekend)

Tempat wisata edukasi yang cocok untuk berbagai usia terutama untuk anak-anak. Disini kalian bisa menemukan banyak hal, mulai dari berbagai macam binatang serta makanannya juga cara bercocok tanam.

waktu yang paling tepat untuk datang kesini adalah pagi hari karena cuaca masih segar dan tidak terlalu panas. Kita tinggal memilih paket yang kita inginkan dan jangan lupa reservasi terlebih dulu.

Selain bisa dapat guide yang membantu untuk keliling kebun, kita pun bisa lebih mudah mengerti tentang informasi mengenai berbagai hal terutama saat kalian berwisata dengan keluarga dan  membawa anak-anak.

Perjalanan dimulai dengan melihat beberapa jenis ikan dalam kolam yang berbeda, ada ikan Patin, Ikan Mas dan beberapa jenis ikan lain.

Selanjutnya kalian masuk pada wahana mengenai beberapa jenis unggas, di pintu masuk kandang kamu akan dibekali seplastik jagung untuk memberi makan ayam, burung, bebek. Dan jangan lupa selalu dampingi sekecil karena biasanya para unggas akan mendekati si pemberi makan secara berkelompok.

Lalu mulai ke kandang kelinci, marmut, kambing, domba, sapi dan kerbau. Kegiatan yang dilakukan kurang lebih sama, memberi makan atau memberikan susu untuk domba. Dan juga disana terdapat wahan untuk menaiki kuda poni dan wahana menangkap ikan bagi anak – anak.

JungleLand Adventure Theme Park

wisata yang ada di bogor dekat stasiun
Photo By Alivikry
  • Alamat : Kawasan Sentul Nirwana, Jl. Jungle Land No.1, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810
  • Jam Buka : Setiap Hari Mulai 10.00 – 18.00
  • Harga Tiket : Rp. 165.000/Pax (Weekday)
    Rp. 220.000/Pax (Weekend)

Salah satu theme park paling hits di bogor yang gag boleh dilewatin kalau lagi liburan ke bogor.

Theme park yang memiliki 37 wahana dan dibagi menjadi empat zona ditambah dua spot yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu Science dan Downtown.

Zona Carnival

Pada zona ini terdapat 15 wahana : Daytona car, air race, 3 Point basket, Flight Academy, Kiddy Land, Discovery, Disk’O, Mini Drop, Haunted House, Ferris Wheel, Rainbow Train, Midway Games, Mini Swinger, serta Carousel.

Zona Tropicalia

Pada zona ini dikhususkan untuk anak – anak tetapi juga ada yang bisa dinaiki bersama dengan orang dewasa. Di zona ini terdapat miniatur dari wahana di zona lain yaitu Mini bumper car agar lebih safety buat anak-anak.

Masih banyak wahana lainnya Convoy 6, Happy Swing, Harvest Time, Happy Train, Mini Ferris Wheel, North Pole, Ship Adventure, Texan Train, Water Flume, dan Wave Swinger.

Zona Mysteria

Pada zona ini terdapat beberapa wahana yang khusus buat dewasa yaitu Mega Drop dan untuk anak – anak seperti Magic Bike dan Jump Around.

Kalau ingin main perang – perangan air di wahana Boat Blaster dan masih banyak wahana lainnya antara lain Fire Pots, Jeep Tour, Hydrolift, serta Raraftingan.

Zona Explora

Pada zona ini terdapat tiga wahana antara lain Octopis, Safari Dino dan Animal Corner.

Octopus merupakan satu-satu nya wahana yang menantang adrenalin dapa zona ini dan Safari Dino merupakan taman dinosaurus yang dapat kalian jelajahi menggunakan jeep untuk menembus hutan dan sambil melihat berbagai spesies dinosaurus.

Sedangkan Animal Corner menampilkan koleksi berbagai binatang seperti reptil, musang, burung hantu dan hewan – hewan lainnya.

Dua zona lainnya adalah Science Center yang merupakan wahana edukatif buat anak – anak yang menyediakan berbagai robot hewan.

Zona terakhir Downtown merupakan pusat kuliner yang ada di jungleLand dengan konsep ala hutan rimba yang enak buat nongkrong dan berfotoria.