Bali

Ulun Danu Beratan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Menyejukkan jiwa dan raga, itulah Ulun Danu Beratan. Tak heran bila banyak wisatawan yang memasukkannya dalam daftar tempat wisata wajib dikunjungi saat di Bali.

Jika kamu sedang berbulan madu, mencari tempat prewedding, atau sekedar ingin rileks dari rutinitas, maka berwisata ke sini bisa menjadi salah satu solusinya.

Kamu bisa berangkat sendiri atau mengajak teman dan kerabat sebab ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan.

Plang Ulun Danu Beratan Bedugul
Plang Ulun Danu Beratan Bedugul via googlemaps @Toni Vallen20

Gambaran umum Ulun Danu Beratan

Lokasi wisata ini dikenal dengan puranya yang indah. Fotonya sering nongol di brosur-brosur wisata di Bali. Hal ini wajar, sebab lokasi wisata ini memang menjadi salah satu destinasi yang diunggulkan.

Sesuai dengan namanya, Ulun Danu. Ulun artinya tepi dan Danu artinya Danau. Sedangkan kata Beratan adalah nama danaunya.

Artinya, secara keseluruhan obyek wisata utama yang ditawarkan di UDB adalah pura yang berada di tepi danau beratan. Sebuah pura dengan lanskap luar biasa yang dikelilingi bukit hijau dan air yang jernih.

Selain pura, ada banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan saat berwisata di sini. Silakan simak ulasannya di bawah ini untuk mencari tahu.

Sejarah Pura Ulun Danu Beratan

Pura ini konon menjadi salah satu dari 9 pura kahyangan jagat yang mengelilingi Pulau Dewata. Artinya, Pura ini menjadi tempat yang penting dan sangat sakral buat masyarakat Bali, khususnya mereka yang beragama Hindu.

Tempat ibadah ini pertama kali dibangun pada tahun 1634 M oleh I Gusti Agung Putu. Aktif dipakai ibadah untuk meminta kemakmuran, kesuburan tanah, dan kesejahteraan manusia kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Sebagai manifestasi dari Tri Murti, yakni Wisnu, Brahma, dan Siwa.

Upacara Nyegara Gunung
Upacara Nyegara Gunung yang dilaksanakan di Pura Ulun Danu Beratan via instagram @ulundanuberatan

Letaknya di atas permukaan laut setinggi 1.200 meter. Hal ini membuat lokasi wisata ini memiliki udara yang sangat segar dan sejuk. Sementara nilai religiusnya membuat kesejukan itu masuk ke dalam hati.

Tempat wisata di Bali ini terdiri dari 5 kompleks Pura dengan 1 stupa, yakni Penataran Agung, Dalem Purwa, Taman Beiji, Lingga Petak, Prajapati, dan Stupa Budha.

Pura Ulun Danu Beratan
Pura Ulun Danu Beratan via googlemaps

Aktivitas yang bisa dilakukan di UDB lainnya

Selain Pura, ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di sini, yakni:

  1. Memancing di danau.
  2. Naik bebek di danau.
  3. Menaiki perahu kecil.
  4. Berfoto dengan satwa liar seperti ular.
  5. Prewedding.
  6. Bermain di taman anak-anak.
  7. Dilukis wajah.
  8. Melihat hasil karya asli Bali, dll.

Dengan aktivitas di atas, destinasi wisata ini sangat cocok dipakai untuk wisata bersama keluarga. Orang tua senang, anak bahagia.

Foto Seorang Bule Naik Perahu Kecil di Ulun Danu Beratan
Foto Seorang Bule Naik Perahu Kecil di Ulun Danu Beratan via instagram @xiongofstyle

Fasilitas yang menunjang

Ada banyak fasilitas yang menunjang keberhasilan UDB sebagai tempat wisata yang paling banyak dikunjungi. Di antaranya adalah tempat parkir, restoran, taman, toilet, dan yang lainnya.

Tempat parkirnya sangat luas dan dilengkapi dengan kamera CCTV. Sementara menu makanannya lengkap dari menu Indonesia, barat, hingga Chinese.

Harga makanannya wajar untuk di daerah Bali. Tapi kalau dibandingkan dengan di luar tempat wisata di daerah Jawa, terpaut cukup jauh. Contohnya untuk jus harganya 30 ribuan, soto ayam 40 ribuan, tempe goreng 25 ribu, dll.

Restoran
Restoran via instagram @ulundanuberatan

Harga tiket masuk Ulun Danu Beratan, jam buka, dan alamat

Berikut ini adalah daftar harga tiket masuk UDB:

  1. Wisatawan domestik kategori anak-anak: Rp 20.000,- per anak.
  2. Wisatawan domestik kategori dewasa: Rp 30.000,- per orang.
  3. Pelancong mancanegara kategori anak-anak: Rp 50.000,- per anak.
  4. Pelancong mancanegara kategori dewasa: Rp 75.000,- per orang.

Jika membawa kendaraan pribadi, berikut biaya parkirnya:

  1. Mobil biayanya Rp 5.000,- sekali parkir.
  2. Sepeda motor biayanya Rp 3.000,- sekali parkir.
  3. Bus biayanya Rp 10.000,- sekali parkir.

Jam bukanya adalah Senin, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu dari jam 07.00 WITA sampai 19.00 WITA. Sementara hari Selasa tutup.

Alamatnya di Danau Beratan, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan Regency, Kabupaten Tabanan, Bali.

Itulah informasi singkat mengenai destinasi wisata Ulun Danu Beratan yang ada di Bali. Selamat berlibur dan bersenang-senang bersama keluarga. Semoga liburanmu mengesankan.

Peta Lokasi