Hanya di Umbul Manten, kamu bisa merasakan segarnya mandi langsung dari sumber mata air alami. Di bawah rindangnya pohon yang membuat suasana makin sejuk.

Kamu dapat menemukan kesegaran ini dengan berwisata ke salah satu destinasi di Jawa Tengah, tepatnya di Klaten.

Lokasinya agak di belakang rumah warga, tapi sangat layak untuk dicari. Karena begitu sampai di sana, keindahan suasana pedesaan, rindangnya pepohonan, dan jernihnya air siap memanjakan mata.

Penasaran? Sebelum ke sana, yuk baca review-nya dulu biar bisa nge-list lokasi liburan dengan nyaman.

Legenda mistis terbentuknya umbul manten

Umbul dalam bahasa indonesia di artikan sebagai mata air. Sementara manten adalah pengantin. Bila dua kata ini digabung, didapatkan sebuah arti kata baru, yakni mata air pengantin.

Ada alasan yang sudah melegenda di daerah tersebut kenapa kolam ini dinamai dengan mata air pengantin.

Konon, suatu ketika ada sepasang pengantin yang baru saja menikah. Mereka berdua dilarang untuk keluar dari rumah selama 40 hari setelah menikah. Namun sayang, mereka melanggarnya.

Mereka keluar saat sore. Sang suami berjalan di bagian depan, sementara istrinya berada di belakang. Mereka berhenti di bawah pohon rindang yang ada mata airnya.

Lalu tiba-tiba, ketika sang suami menoleh ke belakang, dia tidak mendapati istrinya di sana. Sang istri lenyap entah ke mana.

Hal serupa terjadi pada sang istri. Dia mengejar suami yang sedari tadi berjalan di depannya. Tapi ia kehilangan belahan jiwanya itu. Dia tidak dapat menemukannya sama sekali.

Sampai kini, tidak ada orang yang tahu akhir kisah tragis itu. Entah di mana mereka berdua. Dari sinilah orang-orang menyebut kolam tersebut dengan sebutan Umbul Manten.

Legenda umbul manten
Legenda umbul manten via instagram @megayutw

Larangan di umbul manten dan hubungannya dengan masa sekarang

Percaya tidak percaya, larangan untuk tidak keluar pasca menikah selama 40 hari masih diterapkan hingga kini. Beberapa daerah di Jawa masih menerapkannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Terpisah menjadi dua kolam

Seolah senada dengan legenda yang ada, kolam ini juga terdiri dari 2 bagian yang diberi nama umbul lanang dan wadon. Lanang berarti lelaki, sementara wadon berarti perempuan. Kolam lelakinya terletak di tepi jalan, sedangkan kolam perempuannya di belakangnya. Ukuran kolam lelakinya lebih kecil.

Aktivitas yang bisa dilakukan di lokasi

Di sini ada banyak hal yang bisa dilakukan, di antaranya adalah:

Berenang atau mandi

Kolamnya tidak terlalu dalam, bahkan lokasi terdalamnya hanya 2 meter saja. Tersedia juga kolam untuk anak-anak yang jauh lebih dangkal.

Tempat wisata di Klaten ini sangat cocok untuk wisata keluarga atau rombongan bareng teman.

Foto underwater

Karena tidak terlalu dalam, kamu juga bisa foto di bawah air. Airnya sangat jernih sehingga hasil selfie juga akan lebih bagus.

Foto Underwater
Foto Underwater via instagram @rockyabato

Terapi ikan

Kamu juga bisa mencoba terapi ikan yang gratis tanpa biaya.

Fasilitas

Di sini sudah lumayan banyak fasilitas, di antaranya adalah:

  1. Warung makan yang harga makanannya murah.
  2. Tempat bilas.
  3. Mushola

Destinasi wisata ini harus masuk list bila kamu suka dengan wisata alam dan pedesaan. Karena di sini, kamu akan melihat area persawahan yang meneduhkan.

Umbul manten pohon tumbang / roboh

Mata air ini terletak di bawah pohon beringin besar yang konon usianya sudah ratusan tahun. Bagian akarnya menancap di dasar kolam dan sangat kuat.

Bersantai di mata air bawah pohon beringin besar Umbul Manten
Bersantai di mata air bawah pohon beringin besar via instagram @lintas_jawa_tengah

Desember 2019, pohon ini roboh akibat hujan dan puting beliung. Pemerintah setempat mengerahkan ekskavator untuk mengembalikan pohon ke tempat semula. Mereka juga merapikan bagian atas pohon supaya bisa berdiri tegak kembali.

Harga tiket masuk umbul manten terbaru

Untuk bisa menikmati suasana nyaman dan menyegarkan di kolam alami ini, kamu cukup membayar Rp 6.000,- sekali masuk. Parkirnya bertarif Rp 2.000,- sekali parkir.

Jam buka dan alamat

Destinasi wisata ini buka setiap hari dari jam 06.00 WIB sampai 18.00 WIB.

Alamatnya berada di Jalan Janti Boto, Wunut, Kecamatan Tulung, Klaten, di Jawa Tengah.

Sekarang, selamat berlibur di umbul manten dan buktikan sendiri segarnya!

Featured Image via googlemaps @Teguh andrijatmoko

Peta Lokasi