Ingin liburan dan foto seperti berada di bawah laut? Yuk ke umbul ponggok! Di sini kamu bisa snorkeling, diving, dan bermain air alami sepuasnya. Tanpa kaporit jadi aman buat kulit.

Destinasi wisata ini terletak di Klaten, Jawa Tengah. Konsepnya sangat unik. Di sini kamu bisa berenang di dalam kolam dengan pemandangan bawah laut. Maksudnya, saat kamu berenang dan menyelam, akan ada ikan-ikan yang ikut berenang di sekitarmu. Asyik!

Umbul Ponggok
Umbul Ponggok via instagram @umbul_ponggok

Bahkan, kini pengelola juga membuatnya makin menarik dengan tambahan spot foto di dalam air. Misalnya dengan menambahkan sepeda motor beraneka merek, sepeda biasa, batu-batuan, dan yang lainnya.

Sejarah umbul ponggok

Pada awalnya, tempat wisata ini adalah sebuah mata air yang terus mengalir dan tidak pernah habis. Konon pada zaman Belanda, tepatnya tahun 1920, ada sekitar 4-5 pabrik gula di daerah ini. Pabrik ini tugasnya menyediakan gula untuk area Jawa Tengah dan sekitarnya.

Gambar Plang Desa Ponggok
Plang Desa Ponggok via instagram @umbul_ponggok

Mata air di ponggok memiliki fungsi untuk menyediakan air buat pabrik gula dan pabrik-pabrik di sekitarnya. Kemudian, seiring berjalannya waktu, pabrik tersebut tutup. Masyarakat sekitar sempat memberontak dan akhirnya menggunakan mata air ini untuk area perkebunan.

Tak berselang lama, mata air yang tak habis-habis ini akhirnya membentuk kolam yang luas dan lebih menyerupai danau.

Lantas, 10 tahun yang lalu, kolam ini dikembangkan sebagai lokasi wisata yang tidak hanya diminati oleh penduduk sekitar Klaten, tapi juga wisatawan domestik dari berbagai daerah.

Fasilitas yang ditawarkan sudah lengkap

Sejak dibangun, tempat wisata ini terus melakukan perombakan besar-besaran agar para pengunjung senang. Hasil listing dan ulasan di Google mengenai tempat wisata ini sangat bagus. Banyak sekali yang memberikan bintang 5.

Hal ini tak lepas dari kelengkapan fasilitas dan harga murah yang ditawarkan.

Beberapa fasilitas yang ada di kawasan wisata ini adalah:

Foto underwater

Salah satu lokasi yang paling menarik dari umbul ponggok adalah fasilitas foto underwater. Keindahan kehidupan di bawah air menjadi daya tarik tersendiri buat para wisatawan. Bayangkan saja, kamu bisa berfoto dengan pemandangan bawah air layaknya di bawah laut.

Foto Baby Margaretha Saat Liburan di Umbul Ponggok
Baby Margaretha di underwater jail via instagram @babymargaretha1

Tak perlu jauh-jauh ke Raja Ampat, di sini kamu tetap bisa mendapatkan foto yang sama buat dipajang di instagram. Airnya sejernih air laut dengan kedalaman antara 1,5 sampai 2,6 meter saja. Cukup aman buat yang baru belajar di dalam air.

Kamu bisa membawa HP sendiri lengkap dengan pengaman (plastik) atau kamera anti air. Namun jika ingin hasilnya bagus, baiknya sewa fotografer saja. Sudah banyak tersedia, kok!

Alat snorkeling

Buat kamu yang hobi snorkeling, di sini juga tersedia persewaan alat. Di antara alat yang bisa disewa adalah masker, kaki katak, dan pelampung. Alat-alat ini bisa disewa baik dalam bentuk paket maupun terpisah.

Asiknya Snorkeling
Snorkeling via instagram @menoreh.trans

Diving

Mau menyelam? Bisa! Umbul ponggok sudah memiliki fasilitas tabung oksigen, wet suit, dan kaki katak untukmu.

Bisa Diving di Ponggok
Diving via instagram @ramadhana_ali

Wahana permainan di atas permukaan air

Kamu juga bisa main di atas air, lho! Ada banyak pilihannya, bisa dicoba satu-satu.

Tempat makan

Area makan juga tersedia di sini, jadi jangan khawatir perutmu keroncongan.

Gambar Area Warung
Jejeran Warung via google maps @Gia Widayat

Bisa foto prewedding dan pesta

Ada spot yang bisa digunakan untuk acara-acara tertentu contohnya prewedding dan acara khusus lainnya. Reservasinya juga mudah, bisa lewat HP.

Foto Prewedding
Prewedding via pinterest @Alvin Photography

Masih banyak fasilitas lain yang bisa kamu rasakan di sini. Saking kecenya pemandangan di sini, sampai-sampai destinasi ini dijuluki sebagai kolam renang alam.

Harga tiket masuk umbul ponggok terbaru, jam buka, dan alamat

Harga tiket masuk umbul ponggok adalah Rp 15.000,- untuk semua usia. Harga ini sama setiap harinya. Tidak ada perbedaan antara weekend dan weekday.

Harga sewa pelampung di sini adalah Rp 7.000,-. Untuk snorkeling siapkan uang Rp 13.000,- saja. Harga per item biasanya beda-beda. Jadi, menyiapkan dana lebih akan lebih aman.

Untuk foto-foto, harga yang dipatok beragam. Kamu bisa pesan paket foto untuk 4 orang dengan membayar Rp 60.000,-. Sementara untuk masing-masing spot selfie, biasanya ada harganya sendiri-sendiri. Ada yang dipatok per spot Rp 50.000,-. Tapi tergantung spot-nya juga.

Gambar Foto Dengan Wahana Permainan
Foto Permainan Sepeda via google maps @Dyan Istanto

Kalau kamu ingin menitipkan barang, sewa loker harus bayar Rp 4.000,- dan bilas butuh uang sekitar Rp 2.000,-. Kalau mau mengajak anak memberi makan ikan, kamu bisa beli pakannya Rp 2.000,- saja.

Di sini agak susah mencari tempat parkir, beberapa pengunjung memilih untuk parkir di rumah warga sekitar. Biasanya tarif mobil sekali parkir adalah Rp 10.000,-

Harga-harga ini termasuk murah dan tidak di-mark up terlalu tinggi meski di lokasi wisata. Termasuk harga makanannya, masih dalam taraf wajar.

Foto Bersama Ikan
Berfoto dengan Ikan via google maps @Nurul Umiah

Alamatnya berada di jalan Delanggu-Polanharjo. Tepatnya di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo.

Yuk ajak keluarga berkunjung ke umbul ponggok yang buka setiap hari. Weekday dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore dan weekend dari jam 7 pagi hingga 5 sore. Wisata yang tak bikin kantong jebol ya di sini!

Peta Lokasi