Urban farming Purwakarta merupakan wisata yang menyerupai floating market Lembang, yakni menyediakan sebuah kota mini sebagai spot foto yang ciamik.

Ide dasarnya boleh jadi meniru yang di Lembang tapi tetap memiliki keunikannya tersendiri. Jadi, tetap indah, kece, dan layak dikunjungi. Bila kamu sedang berada di Purwakarta, yuk mampir sebentar untuk refreshing!

Wisata Purwakarta urban farming

Secara umum, konsep yang diusung dari tempat wisata di Purwakarta ini adalah tiruan rumah petani Eropa. Hal ini bisa dirasakan saat berada di kota tiruan mini yang ada di lokasi tersebut. Di mana warna catnya sangat mencolok dan bagus banget buat latar foto.

Tidak hanya itu, model bangunan, taman gantung di sekitar pintu dan di bawah jendela juga menjadi ciri khas rumah petani luar negeri yang tidak bisa ditemukan di Indonesia.

Bila ke tempat wisata yang dimiliki oleh PT East West Seed ini, kamu bisa menikmati beberapa wahana, seperti:

Berfoto di rumah ala Eropa

Sebuah kota mini dengan rumah bergaya Eropa yang berjajar menjadi spot foto yang menjanjikan. Warna-warni yang dipilih untuk masing-masing rumah sangat keren dan bagus sekali untuk latar pemotretan. Anti mainstream!

Taman-taman tertata rapi di depan rumah, juga taman gantung di sekitar pintu dan jendela. Hal ini semakin menguatkan khas Eropa dari kota mini tersebut.

Selama di sini, pengunjung hanya boleh berfoto. Kamu tidak bisa masuk ke dalam rumah. Oleh karena itu, silakan siapkan outfit terbaik yang bakal menyatu dengan konsep rumah. Berposelah yang bagus dan cari angle terbaik supaya fotomu sempurna.

Berfoto di Rumah Eropa Urban Farming Purwakarta
Berfoto di Rumah Eropa Urban Farming Purwakarta via instagram @shintarapika

Taman bunga dan spot foto lainnya

Tak hanya rumah ala Eropa, terdapat beberapa titik ikonik di sekitar urban farming Purwakarta ini. Misalnya taman yang tertata rapi lengkap dengan bunga warna-warni yang kontras dengan daunnya yang hijau.

Juga gapura berbentuk love dengan dedaunan rindang yang melingkupinya. Sungguh jadi spot yang sangat sayang bila dilewatkan.

Belajar berkebun

Ketika membeli tiket pertama kali, kamu akan mendapatkan benih buah atau sayuran sebungkus. Benih ini bisa jadi alat berlatih cocok tanam di lokasi.

Bila latihan dengan sebungkus benih dirasa tidak cukup, kamu bisa berkebun lagi dengan membeli benih tambahan.

Selain itu, di lokasi ini kamu juga bisa belajar menanam pohon secara hidroponik, lho!

Mari Mengenal Ragam Bibit dan Berkebun
Mari Mengenal Ragam Bibit dan Berkebun via googlemaps

Mini zoo

Buat menambah edukasi anak mengenai hewan yang ada di Indonesia, kamu bisa mengajaknya mengenal hewan di rumah ternak yang ada di tempat wisata Purwakarta ini. Dengan begini, anak-anak akan jauh lebih mengenali hewan dan alam secara langsung.

Kelinci, Salah satu koleksi Kebun Binatang Mini via instagram @asal._.jepret
Kelinci, Salah satu koleksi Kebun Binatang Mini via instagram @asal._.jepret

Ide dan ilmu bercocok tanam

Selama di sana, galilah ilmu sebanyak-banyaknya tentang perkebunan. Sebab ada banyak inspirasi dan ide berkebun di lahan sempit dan cara menata tanaman yang bagus. Sangat cocok diterapkan di rumah minimalis yang memiliki lahan kecil untuk ditanami tumbuhan.

Agar lebih yakin, ide-ide tersebut bisa langsung dilihat melalui rumah-rumah kecil yang sudah didesain dengan tanaman dan penataan yang pas sehingga hasilnya indah. Bisa dicontoh.

Kolam ikan

Kalau mau mengajak anak lebih mengenal hewan air. Kamu bisa mengajak mereka untuk melihat kolam ikan secara langsung.

Fasilitas Urban Farming Center

Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang ada dan mendukung liburanmu:

  1. Mushola.
  2. Toilet.
  3. Toko suvenir.
  4. Toko oleh-oleh.
  5. Tempat parkir yang luas.
  6. Kantin / tempat makan.
Fasilitas Kantin Urban Farming
Fasilitas Kantin Urban Farming via instagram @isminrjmlhrhyu

Lokasi urban farming Purwakarta dan jam bukanya

Tempat wisata ini terletak di Benteng, Campaka, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Jam bukanya adalah setiap hari dari pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Harga tiket masuk Urban Farming Purwakarta

Harga tiket masuknya adalah Rp 15.000,-. Sementara biaya parkir untuk motor adalah Rp 3.000,-, parkir mobil Rp 5.000,-, dan bus Rp 15.000,-.

Karena tempatnya bersih dan asri, kamu juga harus mematuhi aturan dan menjaga kebersihan selama berada di lokasi Urban Farming.

Featured Image Urban Farming Purwakarta via googlemaps