Mau lihat patung Dewi Kwan Im tertinggi se-Asia Tenggara? Kunjungilah Vihara Avalokitesvara. Lokasi wisata ini berada di Pematang Siantar, kota terbesar kedua di provinsi Sumatera Utara.

Sesuai dengan namanya, destinasi wisata ini merupakan tempat ibadah umat Budha. Namun, karena sudah jadi tempat wisata, Wihara ini terbuka untuk umum. Siapa pun bisa masuk ke dalamnya dan mempelajari budaya sekaligus agama di Indonesia melalui patung-patung yang ada di situ.

Jika kamu tertarik, yuk kita jelajahi tempat wisata di Siantar ini lewat ulasan berikut sebelum mengunjunginya secara langsung!

Vihara Avalokitesvara Siantar
Vihara Avalokitesvara Siantar via googlemaps @Ringo

Sejarah Vihara Avalokitesvara Pematang Siantar (Sejarah Patung Dewi Kwan Im)

Hal yang paling unik dan menarik dari destinasi wisata di Sumatera Utara ini adalah keberadaan Patung Dewi Kwan Im. Patung ini merupakan patung paling tinggi se-Asia Tenggara. MURI atau Museum Rekor Indonesia pun sudah menetapkannya sebagai patung tertinggi di Indonesia. Ketinggiannya mencapai 22,8 meter.

Sejarah panjang telah dilalui untuk membuat Vihara Avalokitesvara ini. Menurut ceritanya, pengerjaan patung Sang Dewi ini bisa dirampungkan dalam 3 tahun. Bahan yang digunakan adalah granit dan diimpor langsung dari China / Tiongkok.

Bangunan ini selesai dibuat dan diresmikan pada tahun 2005 dengan biaya sekitar 9 Miliar rupiah. Sayangnya, pada tahun 2008 patung ini sempat mengalami kebakaran. Hingga pihak pengelola harus melakukan renovasi. Proses renovasi ini tentu menghabiskan biaya, tenaga, dan waktu yang tidak sedikit.

Fakta unik: aktivitas, fasilitas, dan wisatawan

Ada banyak fakta unik yang tersembunyi di destinasi wisata satu ini. Di antaranya adalah:

Aktivitas

Patung Dewi Welas Asih ini diletakkan di lantai 2. Untuk ke sana, kamu akan melewati berbagai patung kecil yang sangat unik. Di antaranya adalah patung shio lengkap berjumlah 12 yang diletakkan secara berurutan. Ada tikus, ayam, kerbau, kelinci, naga, monyet, anjing, babi, kambing, macam, kuda, dan ular.

Patung shio berjumlah 12
Patung shio berjumlah 12 via instagram @enofunofotografi

Tak hanya patung Shio, di sekitar patung Sang Dewi, kamu juga akan melihat patung malaikat pencatat kebaikan dan keburukan. Merekalah yang akan menyambutmu dulu saat berkunjung ke sini. Karena letaknya berada di dua sisi tangga pintu masuk. Patung ini dikenal juga dengan sebutan Catur Mahadewa-raja.

Namun sebelum sampai di sini, kamu bisa melihat lonceng besar dan roda doa atau praying wheel. Di situ ada tempat berteduh bila kamu merasa kepanasan.

Aktivitas yang bisa dilakukan di sini adalah melihat patung-patung dan peninggalan sejarah keagamaan. Kamu juga bisa mengambil spot-spot khusus untuk berfoto dan membagikannya ke sosial media.

Apalagi di sini juga ada lampion-lampion yang siap membuat suasana selfie menjadi lebih terlihat wow!

Tidak hanya selfie, pengunjung yang memang memuja Dewi juga bisa sekalian beribadah di sini. Menenangkan diri dan merasakan kasih sayang Sang Dewi Welas Asih.

Sebagai catatan, pengunjung diharap tetap menjaga kebersihan, kerapian, dan kesunyian selama melakukan sesi foto. Sebab bagaimanapun ini adalah tempat ibadah.

Fasilitas

Bila ke sini, jangan berharap banyak soal fasilitas. Sebab memang belum banyak fasilitasnya. Bahkan, untuk ke toilet, kamu harus berjalan cukup jauh karena lokasinya berada di seberang kompleks wisata. Di sekitar kompleks area tidak tersedia toilet umum.

Soal parkir, tak perlu khawatir. Lahan parkir di sini sangat luas. Jadi, kalau kamu bawa mobil atau motor bisa parkir secara leluasa.

Pintu Gerbang Vihara Avalokitesvara
Pintu Gerbang Vihara via instagram @yogi_situmorangdetro

Wisatawan dan tips berwisata

Pelancong yang datang ke sini umumnya berasal dari Indonesia atau domestik. Namun, karena di sini berdiri patung Dewi Kwan Im tertinggi se-Asia Tenggara, ada beberapa turis mancanegara yang kadang terlihat turut berkunjung.

Datanglah ke sini saat pagi atau sore saja. Sebab lokasinya outdoor dan sangat panas.

Salah Satu Patung Pendamping
Salah Satu Patung Pendamping via instagram @oktacreis_

Harga tiket Vihara avalokitesvara, jam buka, dan alamat

Untuk masuk ke sini, kamu tak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Jam bukanya mulai pagi sampai jam 17.00 WIB. Belum ada informasi menentu tentang jam buka pastinya, tapi kalau sore tutupnya jam 5 sore. Beberapa pengunjung yang datang 17.30 WIB harus pulang karena sudah tidak ada akses masuk lagi.

Berfoto di depan Dewi Welas Asih Vihara Avalokitesvara
Berfoto di depan Dewi Welas Asih via instagram @jumintenmasilam

Alamat Vihara Avalokitesvara berada di belakang RS Saragih pas. Tepatnya berada di jalan Gn. Pusuk Buhit, Karo, Kecamatan Siantar Selatan, di Kota Pematang Siantar. Selamat berwisata, selamat belajar budaya!

Featured Image Vihara Avalokitesvara Siantar via instagram @wironototriatmojo

Peta Lokasi