Alamat
Jl. Imam Bonjol, Hamdan, Kec. Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara 20151
Harga
Gratis
Jam Buka
24 Jam

Vihara borobudur menjadi salah satu tempat ibadah tertua di Medan. Lokasi ini direkomendasikan oleh sebagian besar pengunjung karena ketenangannya.

Sebagai tempat ibadah umat Budha, pengunjung vihara ini memang tak pernah sepi. Apalagi sekarang bangunannya sudah direnovasi sehingga terlihat lebih megah dan luas.

Kalau kamu ke Medan dan punya waktu luang, silakan sempatkan untuk melihat kemegahan dan ketenangan lokasi ini. Ulasannya bisa kamu ikuti dalam artikel ini.

Sejarah vihara Borobudur

Bangunan yang bisa jadi obyek wisata di Medan ini terletak di dekat Sun Plaza. Jadi, sangat mudah dijangkau.

Tempat ini berdiri sejak tahun 1963 oleh 3 pendirinya yang salah satunya adalah Maha Upasaka Phoa Krishnaputra.

Pada awal dibuat, bangunan ini masih sangat kecil namun sebagian besar sudah berupa beton. Sementara bagian belakangnya adalah jurang yang dalam.

Pembangunannya terus dikembangkan hingga pada tahun 1982, para pengurus membuat sebuah gedung Pagoda Avalokiteshvara yang sangat terkenal. Saat itu, peresmian gedungnya dilakukan oleh Gubernur Sumatera Utara, Bapak E.W.P. Tambunan.

Yang menarik, di dalam pagoda ini ada abu almarhum sanak keluarga dari jemaat vihara yang sudah meninggal.

Menurut ajaran Budha, orang meninggal itu lebih baik dikremasi supaya arwahnya lekas diterima oleh Yang Maha Kuasa.

Daya tarik wisata Vihara Borobudur di Medan

Daya tarik destinasi wisata ini terletak pada bangunan dan suasananya yang tenang. Selain itu, ada juga pengobatan gratis yang disediakan oleh pengelola untuk seluruh warga yang datang. Tak hanya khusus buat umat Budha saja, melainkan terbuka untuk umum.

Kemegahan bangunan yang meneduhkan

Meski sudah berusia puluhan tahun, tempat ini tetap terlihat kokoh dan megah. Apalagi setelah direnovasi, bangunannya kian tertata dan nilai manfaatnya makin meningkat.

Bangunan Megah Vihara Borobudur Medan via googlemaps
Bangunan Megah Vihara Borobudur Medan via googlemaps

Karena luas, tempat ini kini bisa menampung lebih banyak jamaah. Kamu bisa melihat patung-patung budha yang ditata dengan rapi lengkap dengan warna emasnya yang indah.

Suasana yang tenang dan teduh di pusat kota yang hiruk pikuk

Berada di sini seolah ada di dimensi lain. Betapa tidak, suasana sekitarnya memang cukup ramai karena dekat dengan Sun Plaza. Tapi begitu masuk, hawa tenang langsung terasa.

Banyak pengunjung yang datang ke sini untuk bermeditasi dan keluar dari hiruk pikuk dunia dengan segala masalahnya.

Ketenangan dan kesunyian tempat ini mengundang rasa penasaran dan jadi daya tarik tersendiri buat para pengunjung.

Suasana Tempat Ibadah Vihara Borobudur Medan via googlemaps
Suasana Tempat Ibadah via googlemaps

Klinik pengobatan gratis

Di sini juga ada klinik pengobatan yang disediakan secara gratis oleh pengelola. Uniknya, pengunjung yang diperbolehkan berkunjung ke sini tak hanya dari agama Budha atau umat Budha saja, melainkan dibuka untuk umum buat seluruh warga Medan.

Inilah yang menandakan kerukunan umat beragama di Medan sangat kental. Di samping itu, kepedulian orang-orang yang ada di sini juga patut diacungi jempol.

Keramaian saat hari raya Waisak

Tempat peribadatan ini makin ramai saat hari raya waisak tiba. Seluruh umat budha berkumpul jadi satu di sini. Warga umum juga boleh datang melihatnya.

Saat Perayaan Waisak di Vihara Borobudur Medan via googlemaps
Saat Perayaan Waisak di Vihara via googlemaps

Alamat vihara borobudur Medan

Vihara ini berlokasi di jalan Imam Bonjol, Hamdan, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara.

Karena berada di perkotaan, jalan menuju lokasi sudah pasti bagus dan mudah diakses. Kalau dari Sun Plaza, kamu bisa jalan kaki selama 7 menit untuk sampai di lokasi. Jaraknya hanya sekitar 500-an meter.

Sekarang, coba datang dan nikmati langsung kemegahan bangunan dan ketenangan suasana di vihara borobudur. Sebuah tempat yang nyaman untuk beribadah buat umat Budha di Medan.

Featured Image via googlemaps

Peta Lokasi