Diresmikan pada pertengahan 2019, waduk Gondang tak hanya jadi supplier air, tetapi juga jadi destinasi wisata. Tak heran bila banyak spot instagrammable yang jadi buruan para pengunjung.

Spot menarik yang jadi incaran tersebut tak lain adalah view Gunung Lawu berpadu bendungan. Juga tempat wisata yang sengaja dibuat dengan aneka warna supaya terlihat makin menarik. Kalau mau ke sini, simak dulu ulasannya dalam artikel ini.

Luas waduk Gondang Karanganyar

Bendungan ini dibangun di atas lahan seluas 96,23 ha. Membentang di daerah Karanganyar, tepatnya di desa Ganten dan Gempolan, kecamatan Kerjo. Juga ada di desa Jatirejo, kecamatan Ngargoyoso.

Letaknya di lereng Gunung Lawu, sehingga view pegunungan dan udara sejuk melekat erat dengan tempat wisata di Karanganyar ini.

Adapun sungai yang dibendung oleh waduk ini adalah Sungai Garuda dan beberapa sungai kecil lainnya.

Manfaat bendungan Gondang

Sama halnya dengan waduk lainnya di Indonesia, bendungan ini juga memiliki manfaat yang sangat penting buat masyarakat sekitar.

Irigasi

Manfaat utama dibangunnya bendungan ini adalah untuk irigasi atau pengairan di sekitar Kabupaten Karanganyar dan Sragen. Pengairan yang dihasilkan dari waduk ini mencapai 4.680 ha lahan pertanian.

Sementara kapasitas tampungnya sangat besar, yakni sekitar 9,15 juta meter kubik. Luasan genangan airnya mencapai 43,86 hektare.

Ini merupakan solusi pengairan yang ditunggu oleh masyarakat sekitar lereng gunung Lawu untuk memaksimalkan hasil pertanian mereka.

Waduk Gondang Untuk Irigasi via instagram @lerenglawu.id
Waduk Gondang Untuk Irigasi via instagram @lerenglawu.id

Destinasi wisata Bendungan Gondang Karanganyar

Tak hanya sebagai tempat untuk menyalurkan air atau irigasi, ke depannya waduk Gondang akan menjadi destinasi wisata favorit yang diunggulkan di daerah Karanganyar.

Hal ini terlihat dari desain lokasi wisata yang tak biasa. Di beberapa titik terlihat ada spot-spot foto yang sangat menarik. Cocok untuk diunggah ke sosial media.

Jalanannya dibuat dengan cat berwarna-warni, juga ada lampu-lampu kota sepanjang jalan yang menghiasi. Kalau mau berwisata ke sini, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu dapatkan:

Berburu spot foto instagrammable

Hal pertama yang bisa dilakukan jelas berburu spot foto yang cocok buat diunggah ke IG atau FB. Kamu bisa berfoto dengan latar waduk atau jalanan berwarna-warni.

Karena lokasinya dekat dengan Gunung Lawu, terlihat jajaran pegunungan yang sangat menarik untuk dijadikan sebagai background. Memukau!

Cari Foto di Waduk Gondang Karanganyar Buat Instagram via instagram @wadukgondang.kra
Cari Foto di Waduk Gondang Karanganyar Buat Instagram via instagram @wadukgondang.kra

Bersepeda

Selain cat yang membuatnya menarik buat foto, kamu yang hobi bersepeda juga bisa memanfaatkan trekking ke waduk untuk berolahraga.

Jalannya sudah tertata dengan rapi. Tapi tantangannya bukan di situ, melainkan di tanjakan dan turunan jalan. Bersepeda di sini jelas akan memeras keringat.

Positifnya, setelah lelah berolahraga kamu akan tiba di lokasi yang menentramkan. Waduk dengan view yang indah menjadi hadiahmu seolah sedang berkompetisi dan mendapatkan juara.

Serunya Sepeda Bareng via instagram @gowesbatujamus
Serunya Sepeda Bareng via instagram @gowesbatujamus

Tanaman

Di sini juga ada tanaman seperti pohon durian, jambu kristal, dan helena. Menurut cerita, Ibu Negara, Iriana Jokowi, juga ikut menanam pohon durian di sini. Sebagai wisatawan, kamu bisa menggunakannya untuk berteduh atau sebagai spot foto.

Sunrise yang indah

Keindahan view yang sangat unggul di sini adalah matahari terbit di balik Gunung Lawu. Kalau mau lihat, baiknya ke sini pagi sambil menghirup udara yang masih segar dan sejuk.

Harga tiket masuk Waduk Gondang

Untuk masuk ke sini belum dikenakan biaya resmi. Hanya perlu membayar uang parkir jika kamu bawa kendaraan. Untuk motor biasanya Rp 2.000,- saja.

Karena tergolong masih baru dibuka, waduk Gondang terus dikembangkan. Ditambahi fasilitas umum yang sangat berguna buat para pengunjung nantinya.

Featured Image Tempat Wisata Waduk Gondang Karanganyar via instagram @wadukgondang.kra