Destinasi

51 Tempat Wisata di Blitar

Pinterest LinkedIn Tumblr

Blitar merupakan kota yang terletak di Jawa Timur. Bagi kamu yang ingin mengunjunginya, kamu patut untuk mengetahui pula beberapa tempat wisata yang ada disana. Terdapat berbagai macam destinasi liburan di Blitar yang dapat kamu manfaatkan sebagai pengisi waktu di sela-sela liburan.

Blitar terletak pada daerah kaki Gunung Kelud. Memiliki berbagai macam panorama alam yang juga patut untuk dikunjungi. Beberapa wisata alam di Blitar contohnya adalah air terjun, pantai, gua, dan lain sebagainya. Selain itu kamu juga dapat mengunjungi tempat-tempat wisata lain yang tentunya memiliki keunikannya masing-masing.

Maka jangan khawatir dan bingung jika kamu ingin berwisata ke Blitar. Karena kamu tentunya dapat menjelajahi spot-spot menarik yang pastinya menjadikan liburan kamu menyenangkan. Oleh karena ini simak 51 tempat wisata Biltar yang perlu untuk kamu tahu:

51 Tempat Wisata Blitar

1. Pantai Serang

Tempat apa? Pantai Serang merupakan salah satu pantai yang sangat mempesona di Blitar. Disini kamu dapat memanfaatkan keindahan alam untuk bersantai bersama keluarga ataupun sebagai objek foto yang menarik bagi kamu pecinta fotografi.

Apa yang menarik? Pantai Serang memiliki keindahan panorama yang disajikan melalui bersih dan putihnya pasir serta ombak yang tenang. Sehingga cocok bagi kamu yang ingin bermain-main dan berenang karena ombak tidak terlalu besar.

2. Pantai Umbul Watu

Tempat apa? Pantai Umbul Watu merupakan wisata Blitar yang patut kamu kunjungi terutama bagi para traveller. Kawasan ini terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung. Memiliki keindahan pantai yang begitu mempesona sehingga kawasan ini sempat menjadi hits di kalangan pencinta fotografi.

Apa yang menarik? Di Pantai Umbul Watu, kamu akan menyaksikan panorama pantai yang tak biasa. Hal ini dikarenakan kamu akan menyaksikan air terjun yang mengalir dari bukit dan menuju laut. Tentunya keunikan seperti inilah yang membuat banyak orang penasaran untuk mengunjungi Pantai Umbul Watu.

3. Air Terjun Grenjeng

Tempat apa? Objek wisata Blitar selanjutnya adalah Air Terjun Grenjeng. Air Terjun Grenjeng terletak di Desa Balerejo, Kecamatan Panggungrejo. Merupakan kawasan wisata air terjun yang cukup dikenal oleh banyak wisatawan. Disini kamu akan menikmati suasana air terjun yang menenangkan.

Apa yang menarik? Air Terjun Grenjeng memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan air terjun yang lain. Hal ini dikarenakan Air Terjun Grenjeng memiliki tebing breksi yang belum banyak dijumpai. Selain itu lingkungan pada kawasan Air Terjun Grenjeng juga sangatlah menyegarkan ditambah dengan air yang juga masih jernih.

4. Curug Badun

Tempat apa? Curug Badun merupakan jenis wisata Blitar lainnya yang masih beruansa alam. Curug atau Air Terjun Badun terletak di Desa Balulawang, Kecamatan Bakung. Curug Badun cocok kamu kunjungi sebagai destinasi liburan kamu bersama keluarga atau teman.

Apa yang menarik? Curug atau Air Terjun Badun memiliki panorama alam yang masih terbilang bersih dan terjaga. Jadi bagi siapapun yang mengunjunginya tentu akan merasakan kepuasan. Selain itu air terjun juga memiliki ketinggian mencapai 8 meter dan bertingkat. Sehingga daya tarik ini tentunya akan sangat memikat para wisatawan.

5. Alam Gua Embultuk

Tempat apa? Wisata Blitar yang menarik selanjutnya adalah Alam Gua Embultuk. Bagi kamu yang hobi berpetualang, kamu wajib untuk mengunjungi gua satu ini. Gua Embultuk merupakan destinasi wisata gua yang cukup terkenal. Maka dari itu jangan melewatkan pesonanya ketika kamu berkunjung ke Blitar.

Apa yang menarik? Gua Embultuk menyimpan keindahan lorong gua yang dipenuhi oleh stalagmit dan stalagtit yang tentunya sangat mempesona. Kamu dapat menyusuri gua yang tentunya dapat menjadikan pengalaman berlibur kamu penuh dengan keseruan. Selain itu, Gua Embultuk juga dikatakan merupakan tempat yang dahulunya digunakan sebagai tempat persembunyian PKI.

6. Curug Bening

Tempat apa? Curug Bening merupakan salah satu wisata Blitar yang memiliki keindahan air terjun yang sangat memikat. Terletak di Desa Purworejo, Kecamatan Wates. Bagi kamu yang mendambakan liburan di tempat yang memiliki panorama alam yang megah, kamu dapat mengunjungi Curug Bening ini.

Apa yang menarik? Curug Bening memiliki panorama alam yang sangat megah. Air yang ada di Curug Bening ini mengalir dari ketinggian dan melalui tebing yang bergelombang sehingga alirannya terpecah menjadi beberapa bagian. Sangat mengasyikkan apabila kamu memasukkan Curug Bening sebagai daftar liburan kamu.

7. Air Terjun Coban Wilis

Tempat apa? Air Terjun Coban Wilis merupakan wisata Blitar bertemakan air terjun selanjutnya. Terletak di kawasan Gunung Kelud, Kecamatan Gandusari. Tempat ini cocok kamu kunjungi terutama bagi yang memiliki jiwa petualang yang besar. Hal ini dikarenakan untuk mencapainya kamu harus melewati medan yang sulit.

Apa yang menarik? Air Terjun Coban Wilis ini memiliki panorama air terjun yang memiliki keindahan khas Gunung Kelud. Terdapat bebatuan yang berada di sekitar aliran sehingga menjadikan kawasan ini begitu menarik untuk dikunjungi. Kamu juga dapat mengabadikan keindahan dengan berfoto.

8. Pantai Teh Pulo

Tempat apa? Pantai Teh Pulo merupakan destinasi wisata Blitar yang termasuk kedalam daftar rekomendasi tempat wisata yang sangat indah. Pantai Teh Pulo terletak di Panggung Rejo. Pantai ini dapat dikatakan masih tersembunyi dan belum banyak pengunjung, sehingga suasana akan sangat menenangkan.

Apa yang menarik? Pantai Teh Pulo merupakan pantai yang memiliki panorama alam yang sangat mempesona. Air laut yang masih jernih juga bebas dari pencemaran serta pasir yang bersih. Selain itu lingkungan sekitar Pantai Teh Pulo juga masih sangat asri dan terjaga. Menjadikan siapapun akan betah singgah disini.

9. Air Terjun Sirah Kencong

Tempat apa? Air Terjun Sirah Kencong terletak di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi. Bagi kamu yang menginginkan wisata Blitar yang sangat sejuk dan asri, kamu dapat mengunjunginya. Selain itu kawasan ini juga cocok bagi kamu yang gemar berpetualang karena akses menuju air terjun sangatlah menantang.

Apa yang menarik? Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Blitar, kamu tidak boleh melewatkan pesona Air Terjun Sirah Kencong. Hal ini dikarenakan kawasan ini dapat dikatakan sebagai surga Blitar yang tersembunyi. Air terjun mengalir dari ketinggian tebing yang dipenuhi oleh tetumbuhan hijau yang sangat asri dan menyegarkan.

10. Pantai Gondo Manyit

Tempat apa? Pantai Gondo Manyit meskipun namanya terdengar seram, namun jangan meremehkan keindahan didalamnya. Kawasan ini dapat terbilang masih baru, sehingga keindahannya masih sangatlah terjaga. Selain itu kamu juga dapat mengajak teman untuk camping di pantai ini.

Apa yang menarik? Pantai Gondo Manyit merupakan kawasan wisata Blitar yang sangat menarik untuk dikunjungi. Hal ini tidak dapat dipungkiri karena Pantai Gondo Manyit memiliki pesona hamparan pasir putih yang sangat mempesona serta laut biru jernih yang menyegarkan.

11. Air Terjun Lawean

Tempat apa? Air Terjun Lawean terletak di Dusun Parang. Air Terjun Lawean ini juga masih termasuk dalam kawasan perkebunan Kawisari. Sehingga menjadikan lingkungan air terjun yang sangat asri dan menyegarkan.

Apa yang menarik? Air Terjun Lawean merupakan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 25 meter. Di sekitar tebing juga ditumbuhi oleh tetumbuhan yang masih asri. Selain itu Air Terjun Lawean juga memiliki dua bagian air terjun. Yang tentunya akan membuat pengunjung merasa puas melihat keindahan alamnya.

12. Wisata Alam Gunung Butak

Tempat apa? Wisata alam Gunung Butak merupakan wisata Blitar yang berada pada kawasan pegunungan. Cocok untuk kamu kunjungi terutama bagi yang memiliki hobi mendaki. Gunung Butak juga memiliki ketinggian gunung yang tidak terlalu tinggi namun juga masih tetap menawarkan keindahan alam yang menarik.

Apa yang menarik? Di wisata alam Gunung Butak ini kamu dapat melakukan berbagai macam aktivitas yang menarik. Seperti camping yang tentunya sesuai bagi kamu yang menyukai liburan seru. Kamu bisa melihat pemandangan bukit yang tentunya sangat memikat dengan keasriannya.

13. Telaga Rambut Monte

Tempat apa? Telaga Rambut Monte terletak di Desa Krisik. Bagi kamu yang ingin mengunjunginya, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 30 kilometer dari pusat kota. Perjalanan yang panjang ini tentunya dapat terbayarkan ketika kamu menyaksikan keindahan kawasan Telaga Rambut Monte ini.

Apa yang menarik? Telaga Rambut Monte memiliki keindahan alam yang sangat memikat. Bagaimana tidak, kamu akan menyaksikan hamparan sawah juga perkebunan teh yang tentunya memanjakan mata. Disini juga terdapat candi serta petilasan yang terkadang masih digunakan untuk ritual.

14. Wisata Arung Jeram Soko Adventure

Tempat apa? Wisata Arung Jeram Soko Adventure sangat cocok untuk kamu kunjungi terutama bagi kamu yang menyukai dan tertantang untuk melakukan arung jeram. Objek wisata Blitar satu ini memang diperuntukkan bagi kamu yang hobi bermain air.

Apa yang menarik? Wisata Arung Jeram Soko Adventure tidak hanya menawarkan fasilitas arung jeram saja. Bagi kamu yang hanya ingin sekedar bersantai menikmati suasana alam juga bisa. Disini telah disediakan fasilitas berupa tempat makan yang tentunya akan memberikan kenyamanan saat berkunjung.

15. Candi Sawentar

Tempat apa? Wisata Blitar selanjutnya yang dapat kamu kunjungi selain yang bernuansa alam adalah candi. Candi dapat kamu jadikan pilihan wisata yang tentunya tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Contohnya adalah candi yang terletak di Kecamatan Kanigoro, yaitu Candi Sawentar.

Apa yang menarik? Candi Sawentar memiliki luas kawasan sekitar 1.565 meter dan tinggi yang mencapai 10,56 meter. Bagi kamu yang ingin melakukan wisata bertemakan budaya, kamu bisa mengunjungi Candi Sawentar. Selain itu kamu juga bisa menambah wawasan.

16. Candi Penataran

Tempat apa? Perlu kamu ketahui bahwa Candi Penataran merupakan objek wisata Biltar yang terkenal. Hal ini dikarenakan kawasan Candi Penataran merupakan kompleks candi terbesar yang ada di Jawa Timur. Maka sayang untuk kamu lewatkan begitu saja saat berkunjung ke Blitar.

Apa yang menarik? Candi Penataran diketahui merupakan tempat dimana Patih Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa. Hal inilah yang menjadikan Candi Penataran memiliki daya tarik yang membuat penasaran kalangan wisatawan.

17. Wisata Sejarah Arca Warak

Tempat apa? Wisata Sejarah Arca Warak terletak di Kecamatan Nglegok, Kota Blitar. Merupakan tempat sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi terutama bagi kamu yang ingin menambah wawasan budaya dan sejarah.

Apa yang menarik? Wisata Sejarah Arca Warak ini didalamnya terdapat beberapa artefak sejarah. Beberapa diantaranya adalah Lumpang, Jaladwara, dan Kemuncak. Kamu dapat mengunjungi kawasan ini saat ingin berwisata dengan konsep wisata edukasi.

18. Makam Bung Karno

Tempat apa? Makam Bung Karno merupakan tempat yang ramai dikunjungi karena merupakan tempat yang sangat populer di Blitar. Disini kamu dapat melakukan ziarah untuk menghormati jasa-jasa dari bapak presiden Republik Indonesia yang sangat tersohor ini.

Apa yang menarik? Makam Bung Karno terletak di Desa Bendogerit. Karena tempat ini merupakan kawasan yang ramai oleh wisatawan, maka juga terdapat banyak fasilitas yang menunjang kenyamanan pengunjung. Seperti terdapat tempat untuk membeli oleh-oleh. Jarak dari pusat kota juga tidak terlalu jauh, hanya sekitar 3 kilometer.

19. Penangkaran Rusa Maliran

Tempat apa? Kawasan ini merupakan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Terletak di Kecamatan Ponggok, Kota Blitar. Bagi kamu yang ingin menyaksikan sekawanan rusa, kamu dapat mengunjunginya.

Apa yang menarik? Di Penangkaran Rusa Maliran ini kamu dapat mengabadikan momen dengan berfoto bersama rusa yang tentunya menyenangkan. Selain itu kamu juga dapat memberikan makan pada rusa-rusa tersebut. Tiket masuk juga terbilang sangat murah, cukup dua ribu rupiah saja. Maka dari itu tak perlu merasa ragu untuk mengunjungi tempat ini.

20. Kebonrojo Blitar

Tempat apa? Kebonrojo Blitar merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi terutama saat ingin bersantai bersama keluarga. Kebonrojo merupakan tempat wisata yang berkonsep taman keluarga. Sehingga kamu dapat mengajak anak-anak untuk bersenang-senang disini.

Apa yang menarik? Di Kebonrojo terdapat beberapa fasilitas seperti permainan, hamparan tanah yang lapang untuk bersantai, dan beberapa patung yang menarik untuk dijadikan sebagai spot foto. Kamu juga dapat menyaksikan beberapa burung belibis dan beo yang berterbangan disini.

21. Kampung Coklat

Tempat apa? Kampung coklat merupakan tempat yang wajib kamu kunjungi terutama bagi kamu yang pecinta coklat. Kampung Coklat sendiri terletak di Desa Plosorejo, Kota Blitar. Disini kamu dapat menikmati kelezatan coklat yang melimpah.

Apa yang menarik? Di Kampung Coklat ini, kamu dapat berfoto di spot-spot yang menarik. Selain tu hal yang mengasyikkan adalah kamu dapat menikmati berbagai produk olahan coklat seperti kue coklat, mi coklat, es krim coklat, dan masih banyak olahan coklat yang tentunya sangat menggiurkan.

22. Sentul Green Park

23. Desa Wisata Semen Blitar

24. Candi Gambar Wetan

25. Wisata Candi Kotes

26. Istana Gebang Blitar

27. Monumen Trisula

28. Agrowisata Karangsari

29. Pantai Jolosutro

30. Pesanggrahan Tambakrejo Blitar

31. Air Terjun Njumeg

32. Bukit Teletubies

33 Kesambi Trees Park

34. Pantai Tambakrejo

35. Gumuk Sapu Angin

36. Kebun The Sirah Kencong

37. Pesawahan Desa Tulungrejo

38. Kaloka Lodoyo

39. Pantai Putih Sumbersih

40. Pantai Jebring

41. Fish Garden

42. Gunung Kelud

43. Perpustakaan Bungkarno

44. Puncak Kejora

45. Bukit Bintang Tumpak Waru

46. Pantai Pehpulo

47. Pantai Serit

48. Pantai Pangi

49. Hutan Pinus Tulungrejo

50. Taman Pecut

51. Taman Jurug Goa Luweg Prodo

Itulah 51 tempat wisata Blitar yang patut kamu kunjungi. Tempat wisata tersebut tentunya memiliki daya tariknya masing-masing. Kamu dapat menjelajahi berbagai macam tempat wisata tersebut karena tentunya sangat menarik untuk dikunjungi saat waktu berlibur kamu.