Wisata Halal di Bali Paling Recomended

Bali adalah suatu tempat yang sangat banyak dikunjungi wisatawan. Baik itu wisatawan asing maupun wisatawan lokal. Namanya yang sudah terkenal menjadikan Bali sebagai salah satu kawasan wisata top dunia.

Namanya yang sudah terkenal ke seantero dunia menjadikan Bali dipenuhi banyak tempat wisata. Wisata unggulannya adalah wisata pantai dan juga wisata budaya Bali yang memang unik dan melegenda.

Kondisi alam yang cantik, dipadu dengan eksotisme budaya tentu membuat banyak orang takjub dengan Bali. Dan mereka yang pernah mengunjungi Bali, pasti ingin kembali ke pulau yang dijuluki pulau para dewa atau pulau dewata ini.

Bisnis wisata di Bali sampai-sampai menyumbang lebih dari 80% roda perekonomian Bali. Selain tempat wisata, Bali juga dikenal karena karya seninya yang beragam. Mulai dari lukisan, tarian, musik, patung, ukiran, kerajinan kulit, dan beragam aksesoris lainnya.

Bali sendiri kental denan budaya yang rekat dengan agama Hindu. Tidak heran karena memang penduduk Bali sebagian besarnya adalah pemeluk agama Hindu. Ditambah lagi, kerajaan Hindu sudah sejak lama berpusat di Bali.

Hal inilah yang membuat banyak wisatawan beragama muslim kesulitan mencari tempat wisata yang cocok saat berkunjung ke Bali. Karena ada beberapa hal yang diharuskan halal. Mulai dari makanan sampai tempat wisata yang ramah keluarga.

Untuk itu lah, berikut ini adalah daftar wisata halal di Bali yang bisa kita lakukan.

Rekomendasi Wisata Halal di Bali

Hotel Syariah

Wisata Halal di Bali - Hotel Syariah - moodster.id

Aston Hotel Denpasar, photo by Wachid Kurniawan

Hal pertama yang harus dilakukan untuk melakukan wisata halal di Bali adalah untuk mencari tempat penginapan syariah. Memang, jumlahnya tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan di kota lain.

Tapi bukan berarti tidak ada. Karena bisnis hotel syariah juga semakin berkembang di Bali seiring dengan semakin banyaknya wisatawan muslim yang berkunjung ke Bali.

Hotel syariah sendiri memiliki beberapa peraturan yang berbeda dari hotel konvensional. Di hotel ini, saat kita akan menginap dengan teman berlibur yang berlainan jenis, maka kita akan diminta untuk menunjukkan bukti nikah. Jika tidak, jangan harap bisa tidur dalam satu kamar.

Selain itu, hotel syariah juga biasanya memiliki aturan larangan keras untuk membawa minuman beralkohol dan juga obat-obatan terlarang atau narkotika.

Kita hanya perlu mencari informasi mengenai hotel syariah ini lewat aplikasi traveling yang ada.

Restoran Halal

wisata halal di bali - nasi ayam bu oki - moodster.id

Nasi Ayam Bu Oki, photo by Eric Bonkhz

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah soal makanan.

Karena, tidak lengkap rasanya jika kita berlibur tanpa mencicipi makanan khas daerah Bali.

Bali sendiri memiliki beberapa makanan khas yang bisa dicicipi. Tapi, kita juga harus berhati-hati karena beberapa nama tempat makan di Bali yang terkenal bukanlah restoran halal. Mereka menyediakan daging babi yang memang salah satu makanan favorit masyarakat di sana.

Tapi tidak perlu khawatir, ada banyak juga tempat makan yang halal di Bali.

Kita tetap bisa merasakan sate lilit ayam, sayur urap, telur, dan juga makanan lainnya dengan bumbu khas Bali.

Beberapa tempat yang memang ada terkenal di Bali di antaranya adalah Nasi Ayam Bu Oki di Uluwatu dan Jimbaran, dan juga Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku di Ubud.

Nasi Pedas Ibu Andika juga salah satu tempat makan favorit yang halal.

Jika suka seafood, kita bisa datang ke Warung Mak Beng di Sanur.

Mengunjungi Kampung Gelgel

wisata halal di bali - kampung gelgel klungkung - moodster.id

kampung gelgel klungkung photo by @bangijang

Walaupun kental dengan nuansa dan budaya Hindu, bukan berarti tidak ada perkampungan muslim di Bali. Kampung Gelgel di Klungkung Bali adalah salah satu contohnya.

Dan di kampung inilah berdiri dengan kokoh sebuah masjid tertua di Bali.

Memang, jika dilihat sekilas, tidak ada yang berbeda atau unik dari masjid tertua di Bali ini. Kecuali pada menara 17 meternya yang memang masih terlihat kuno dengan ciri khas pintu kayu berukirnya.

Di sini kita bisa beribadah, berfoto, bercengkerama dengan warga muslim Bali, sambil belajar mengenai agama Islam di Bali.

Masjid ini sendiri dibangun di akhir abad ke-13 dan menjadi salah satu jejak pertama masuknya agama Islam di Pulau Bali.

Selain menara, mimbar masjid ini juga masih berupa mimbar kayu berukir yang merupakan peninggalan zaman lama.

Puja Mandala

wisata halal di balo - puja mandala - moodster.id

Puja Mandala, photo by Adi Rahmadi

Bali merupakan salah satu tempat di mana toleransi antar umat beragama sangatlah baik. salah satu contoh nyata dari hal ini adalah Puja Mandala Nusa Dua Bali.

Di tempat ini, terdapat lima tempat ibadah yang berdiri berdampingan bahkan bersebelahan.

Di sini terdapat tempat ibadah umat Islam, Kristen, Katolik, Budha, dan Hindu. Seluruhnya berdiri bersebelahan di suatu kawasan kompleks rumah ibadah.

Di hari-hari raya atau hari suci, maka kawasan ini akan ramai merayakannya. Di hari Jumat, kawasan ini akan dipenuhi oleh umat muslim yang melaksanakan ibadah salat Jumat. Sementara di hari Minggu, kawasan ini diramaikan oleh para penganut agama Kristen dan Katolik.

Karena hal ini, kawasan Puja Mandala yang awalnya merupakan sebuah tempat untuk beribadah juga kerap didatangi sebagai destinasi liburan.

Taman Safari Bali

wisata halal di bali - bali safari - moodster.id

bali safari, photo by @lisa_goeun

Berbeda dari dua Taman Safari yang ada di Indonesia: Taman Safari Bogor dan Taman SAfari Malang, Taman Safari Bali banyak dihiasi oleh ukiran dan arca khas Bali di dalamnya. Sehingga memberikan suasana liburan yang berbeda dengan satwa.

Ada banyak koleksi binatang di sini. Taman Safari yang berada sekitar 17 kilometer dari Denpasar ini memiliki binatang yang bahkan didatangkan langsung dari India dan juga Afrika.

Kita bisa bercengkerama dengna beragam satwa sambil berfoto. Bahkan, tidak anya berfoto dengan satwa saja, kita juga bisa berfto dengan beragam ukiran, patung, dan arca yang ada di sana. Sehingga menampilkan foto yang sangat khas dan kental dengan nuansa Bali.

Sharma Springs Bamboo

wisata halal di bali - Sharma Springs Bamboo - moodster.id

Sharma Springs Bamboo, photo by @sk.starxx

Tempat ini merupakan sebuah villa yang unik dan memang bisa melepaskan penat. Tidak heran karena desain villa Sharma Spring Bamboo di Bali ini sangat cantik dan juga unik. Jadi, sangat cocok untuk melakukan staycation di Bali.

Walaupun tidak bepergian ke berbagai tempat wisata, tinggal di villa ini tetap bisa melepaskan penat untuk melepaskan stress dari aktivitas sehari-hari.

Kita bisa menikmati juga indahnya Sungai Ayun dan hamparan hutan yang hijau yang asri. Bahkan, saking cantiknya, kita juga tidak akan kehabisan stok foto bagus di sini. Apalagi di instalansi bambu yang ada.

Tegalalang

wisata halal di bali - Tegalalang - moodster.id

Tegalalang, photo by @thebaliexpert

Sunrise tidak hanya bisa dinikmati dari balik gunung atau garis pantai. Bali memang memiliki banyak tempat melihat sunrise yang sangat indah dan cantik.

Tapi di Bali, kita juga bisa melihat sunrise yang menakjubkan di hamparan persawahan Tegalalang di Ubud, Bali.

Kawasan ini terlihat sangat cantik dan indah dengan sawah padi yang berundak-undak. Bukitnya yang kehijauan menjadi penyegar mata dan juga pikiran.

Kita bisa rileks sambil menikmati keindahan alam ini setelah salat subuh, untuk melihat bagaimana sinar matahari perlahan menyelimuti hamparan hijau sawah di Tegalalang Ubud Bali.