Salah satu kota kecil di ujung timur Jawa Tengah ini memang menyimpan banyak pesona dan panorama alam yang menggumkan. Kota Karanganyar yang dikenal dengan julukan bumi INTANPARI (Industri, Pertanian, Perdagangan, dan Pariwisata) ini memiliki banyak destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi.

Kamu bisa menemukan air terjun, taman bermain, gunung, waduk, kebun teh dan museum. Bahkan kamu juga bisa berkunjung ke salah satu bangunan bersejarah yang ada di Karanganyar, yaitu candi.

Berikut ini beberapa wisata Karanganyar yang dapat kamu kunjungi bersama, teman, keluarga atau pacar:

30 Tempat Wisata di Karanganyar

Grojokan Sewu

1. Grojogan Sewu

Lokasi: Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Keb. Karanganyar

Tempat apa? Grojokan Sewu atau Seribu Air Terjun berada di lereng Gunung Lawu, atau sekitar 27 km di sebelah timur Kota Karanganyar. Air Terjun Grojogan Sewu memiliki ketinggian sekitar 81 meter dengan luas area hutan wisata mencapai 20 ha.

Apa yang menarik? Untuk menikmati wisata tersebut, kamu harus melewati 1.250 anak tangga. Sembari menaiki anak tangga, kamu akan disuguhi pemandangan hutan yang sangat asri.

2. Telaga Madirda

Wisata Karanganyar - Telaga Madirda
@travelingyuk.com via Google

Lokasi: Ngargoyoso, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah

Tempat apa? Menjadi salah satu wisata tersembunyi di Karanganyar, lho. Telaga Madirda menjadi lokasi wisata yang pas dikunjungi untuk melepas penatmu.

Apa yang menarik? Tahukah kamu, kalau ternyata Telaga Madirda merupakan telaga keramat yang kerap diadan ritual keagamaan oleh penganut agama Hindu.

3. Perkebunan Teh Kemuning

Wisata Karanganyar - Kebun The Kemuning
@Dwi Jayanti Wulandari via WordPress.com

Lokasi: Ngargoyoso, Kemuning, Kab. Karanganyar

Tempat apa? Perkebunan Teh Kemuning ini merukapan kawasan puncak di Kabupaten Karanganyar. Kebun Teh Kemuning merupakan kebun teh peninggalan Belanda, lho. Memiliki ketinggian berkisar antara 800 hingga 1.550 mdpl dengan luas area sekitar 437 hektare.

Apa yang menarik? Kamu hanya perlu pergi ke Perkebuan Teh Kemuning untuk menikmati pemandangan khas puncak yang eksotis. Uniknya lagi, bangunan di lokasi ini memiliki gaya arsitektur Belanda. Keren, bukan?

4. Taman Ria Balekambang

Taman Wisata Balekamabang
@Ludy Chyntia via Google map

Lokasi: Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar

Tempat apa? Terletak tidak jauh dari Air Terjun Grojokan Sewu. Taman Ria Balekambang bisa menjadi alternatif untuk liburan bersama keluarga atau pacar.

Apa yang menarik? Taman ini mewarkan banyak fasilitas, mulai dari sanggar lukis, lapangan tenis, dan kolam renang. Ada pula miniatur bangunan dari berbagai negara, misal Tembok Besar Cina, Bukit Hollywood, Manara Pisa dan Eiffel yang semuanya dapat kamu nikamti. Cocoklah untuk mengisi konten vlogmu.

5. Candi Sukuh

Candi Sukuh
via travelspromo.com

Lokasi: Desa Gumeng, Kec. Jenawi, Kab. Karanganyar

Tempat apa? Merukan salah satu dari bangunan candi Hindu yang menjadi salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO sejak tahun 1995. Sedangkan candi ini sendiri ditemukan oleh oleh Johnson, Residen Surakarta, pada tahun 1815.

Apa yang menarik? Jika diperhatikan bangunan dari Candi Sukuh terlihat mirip dengan bangunan Suku Maya di Meksiko dan Suku Inca di Peru. Uniknya lagi di sekitaran bangunan candi terdapat artefak yang berbentuk seperti alat kelamin manusia.

6. Candi Cetho

@AtangTriastama via travelspromo.com

Lokasi: Desa Gumeng, Kec. Jenawi, Kab. Karanganyar

Tempat apa? Candi Cetho menjadi salah satu candi peninggalan Kerajaan Majapahit. Konon, di kompleks candi ini terdapat petilasan salah satu leluhur di Dusun Cetho, yaitu Ki Ageng Krincinf Wesi. Candi Cetho memiliki kurang lebih sebelas teras yang letaknya berundak.

Apa yang menarik? Candi ini berada di kertingian kurang lebih 1.496 mdpl, sehingga memiliki udara sejuk nan khas pegunungan. Tak berbeda jauh denga Candi Sukuh, kamu akan menemui banyak artefak yang berbentuk kelamin pria dan terletak di hampir setiap teras di Candi Cetho ini.

7. Agrowisata Amanah

Lokasi: Jl. Raya Solo – Tawangmangu KM 34 RT 01 RW 3, Karang, Karangpandan, Kab. Karanganyar

Tempat apa? Merupakan lokasi wisata keluarga yang sangat populer di Karanganyar. Tak heran jika Agrowisata Amanah selalu ramai pengunjung. Bahkan saat bukan akhir pekan.

Apa yang menarik? Agrowisata Amanah ini sudah dilengkapi bermacam-macam wahana outbond untuk anak-anak. Selain itu, kamu juga bisa belajar tentang berkebun, bertani, dan berternak. Jangan ragu untuk datang ke sini, ya!

8. Astana Giribangun

@reinalorencia via wordpress

Lokasi: Astana Giribangun, Dengkeng, Girilayu, Meteseh, Kab. Karanganyar

Tempat apa? Lokasi ini menjadi komplek pemakanan milik keluaarga besar Presiden ke-2 Indonesia, Bapak Soeharto, lho. Untuk mengenang jasa beliau, kamu wajib ke sini saat berkunjung ke Karanganyar.

Apa yang menarik? Kamu tidak hanya melihat makam Bapak Soeharto, namun kamu juga bisa melihat makan keluarga beliau. Misalnya Ibu Tien Soeharto dan beberapa keluarga dekat beliau.

9. Bukit Paralayang

via pariwisataku

Lokasi: Desa Segoro Gunung, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar

Tempat apa? Bukit Paralayang berada di Desa Segoto Gunung dan terlrtak tidak jauh dari Kebun Teh Kemuning. Jadi setelah berkebun di Kebun Teh Kemuning, kamu bisa mampir ke sini.

Apa yang menarik? Selain bisa menikmati paralayang, kamu juga disuguhi panorana sunset yang super keren. Jika ingin mendapatkan spot sunset terbaik, kamu bisa datang saat musim kemarau, atau saat langit sedang cerah.

10. Waduk Lalung

via jelajahkhatulistiwa

Lokasi: Lalung, Kec. Karanganyar, Kab. Karanganyar

Tempat apa? Tak hanya dijadikan sebagai penampung air dan saluran irigasi saja. Waduk Lalung juga kerap diserbu wisatawan, lho.

Apa yang menarik? Tidak berbeda jauh dengan Bukit Paralayang, Waduk Lalung juga menyediankan panorama sunset yang keren. Sembari menikmati sunset sambil ber-selfie ria, kamu juga bisa memancing ikan di sini. Seru bukan?

11. Bukit Hope

Lokasi: Jalan Dusun Tawang, Wonorejo, Jatiyoso, Kab. Karanganyar

Tempat apa? Nah, untuk kamu yang sedang kasmaran, kamu wajib mengajak pasanganmu ke sini. Bukit Hope ini berasa di kawasan Desa Wonorejo, Karanganyar.

Apa yang menarik? Ada salah satu spot yang sering dijadikan tempat berfoto kamu muda-mudi. Yaitu, papan yang bertuliskan ‘I Love U’ dengan kata ‘love’ yang berbentuk hati. Jika kamu ber foto dengan pasanganmu di situ, bisa dijamin mantan kamu pasti ngiri.

12. Bukit Mongkrang

via adorablebackpacke

Lokasi: Desa Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar

Tempat apa? Kamu bisa melakukan treking di Bukit Mongkrang saat akhir pekan. Lokasi ini berada di selatan Gunung Lawu. Untuk mencapai puncak, kamu hanya perlu memulainya dari Telogo Dlingo, dekat Cemoro kandang.

Apa yang menarik? Bukit Mongkrang sendiri menyuguhkan pemandangan yang tak kalah menarik. Dari sini kamu juga bisa melihat asap belerang yang mengepul dari kawah Candradikmuka yang berapa di Gunung Lawu.

13. Rumah Hobbit

Lokasi: Dsn Milir RT 001 RW 014, Desa Kemuning, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar

Tempat apa? Sebuah lembah yang di sulap menjadi bangunan yang mirip dengan film Lord of The Ring, membuat wisata ini semakin ramai dikunjungi.

Apa yang menarik? Karena memiliki tempat yang instagramable banget, kamu bisa semakin eksis di sosial mediamu. Membuatmu seperti berapa di film Lord of The Ring.

14. Kedung Pengaron

via krjogja

Lokasi: Banaran, Desa Selomoro, Kec. Jenawi, Kab. Karanganyar

Tempat apa? Dinamai Kedung Pangaron karena terdapat dua cengunan pada hulu sungai yang menonjok seperi ‘karon’.

Apa yang menarik? Kamu bisa berenang atau mandi di kedung ini, lho. Memiliki aliran air yang deras, sehingga saat mandi di bawah air terjun mininya, tubuhmu akan merasakan sensasi seperti dipijat.

15. Bukit Sekipan

via info-bukitsekipan

Lokasi: Desa Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar

Tempat apa? Bukit Sekipan bisa menjadi alternatif liburanmu bersama keluarga. Karena di sini memiliki banyak wahana untuk dinikmati bersama keluarga tercinta.

Apa yang menarik? Di sini kamu bisa menikmati waterboom, rumah halloween, jembatan goyang dan wahana outbond yang seru. Bukit Sekipan juga memiliki miniatur Ka’bah, zona lempar jumroh, dan miniatur bangunan terkenal dari berbagai negara.

16. Candi Kethek

via My Notes

Lokasi: Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar

Tempat apa? Dinamakan Candi Kethek, karena dulunya banyak penduduk yang bertemu kera di sini. Candi ini juga menjadi salah satu wisata Karanganyar yang bisa kamu coba.

Apa yang menarik? Karena memiliki tata ruang yang mirip dengan Candi Cetho dan Candi Sukuh. Konon, waktu pembangunan Candi Kethek diperkirakan hampir sama dengan kedua candi tersebut, kisaran abad 15 hingga 16 masehi.

17. Taman Pancasila

Elieva Yasmine Channel via youtube

Lokasi: Jl. Lawu, Dompon, Karanganyar

Tempat apa? Taman Pancasila juga bisa menjadi alternatif menghabiskan waktu liburmu bersama dengan keluarga. Di taman ini kamu akan menemui banyak pedagang kaki lima saat malam hari dengan menjual banyak dagangan. Mulai dari mainan hingga kuliner.

Apa yang menarik? Terdapat patung Garuda lengkap dengan tulisan ‘Taman Pancasila’ di bawahnya.

18. Museum Manusia Purba Klaster Dayu

via Kompasiana

Lokasi: Dayu, Kec. Gondangrejo, Kab. Karanganyar,

Tempat apa? Museum Klaster ini memiliki luas sekitar 10.500 meter persegi. Di sini kamu bisa belajar mengenai manusia purba zaman dulu. Kamu juga bisa mengetahui jenis manusia purba yang pernah tinggal di bumi.

Apa yang menarik? Museum Manusia Purba Klaster menjadi satu-satunya jejak prasejarah di Kabupaten Karanganyar.

19. Taman Bintang

via trivindo

Lokasi: Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar

Tempat apa? Jika kamu ingin merasakan kesegaran alami, kamu wajib berkunjung ke Taman Bintang. Kebun Bintang ini berada di kawasan Kebun Teh Kemuning.

Apa yang menarik? Kamu dapat merasakan teduhnya udara pegunungan di sini. Selain itu, kamu juga bisa melihat pemandangan hijau yang mampu menyegarkan matamu.

20. Gunung Lawu

via khairulleon.com

Lokasi: Perbatasan antara Magetan dan Karanganyar

Tempat apa? Untuk kamu yang suka berpetualang, Gunung Lawu sangatlah direkomendasikan. Memiliki ketinggian 3.265 mdpl selalu membuat Lawu menjadi tujuan utama pencinta gunung saat ke Karanganyar.

Apa yang menarik? Spot pendakian dimulai dari cemoro kandang. Saat mendaki tentunya kamu akan disambut dengan pemandangan alam yang segar. Bahkan kamu bisa melihat sunset dan sunrise yang menakjubakan.

21. Rumah Pohon Banyu Anyep

Lokasi: Dusun Punthuksari, Desa Wonorejo, Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar.

Tempat apa? Awalnya, Rumah Pohon Banyu Anyep hanya memiliki bukit-bukit dan pohon saja. Namun, karena banyak wisatawan yang datang untuk sekedar menikmatu udara sejuk ataupun berfoto ria.

Apa yang menarik? Berada di ketinggian 1500 mdpl, Rumah Pohon Banyu Anyep menjadi tujuan favorit wisatawan karena memiliki spot yang instagramable.

22. Waduk Gondang

Lokasi: Kecamatan Kerjo, Kab. Karanganyar

Tempat apa? Bendengan yang memiliki luas sekitar 4.680 hektar dan mampu menampung 9,15 juta meter kubik air. Selain digunakan untuk saluran irigasi, Waduk Gondang juga digunakan sebagai destinasi wisata.

Apa yang menarik? Kamu bisa melakukan banyak hal di sini, berolahraga misalnya. Selain itu lokasi ini juga dimanfaatkan sebagai green belt atau ruang terbuka hijau atau taman buah.

23. Kedung Sriti

Lokasi: Pancot, Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganya

Tempat apa? Salah satu air terjun yang berada di Karananyar ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Selain bisa menikmati air yang jatuh dari atas bukit, kamu juga bisa berendam di kedung tepat di bawah air terjun.

Apa yang menarik? Menyuguhkan pemandangan yang indah serta udata yang sejuk.

24. Air Terjun Semawar

Lokasi: Desa Trengguli Kec. Jenawi, Kab. Karanganyar

Tempat apa? Salah satu air terjun teruntik yang pernah ada. Air Terjun Semawar menyuguhan pemandangan yang perbeda. Kamu tidak akan menemukan air yang jatuh dari tebing. Namun, air terjun ini mengalir deras di bebatuan yang kokoh.

Apa yang menarik? Selain menawarkan pemanangan yang super keren dengan pesona air terjunnya. Kamu juga bisa ber-selfie ria, karena Air Terjun Semawar memiliki banyak spot yang instagenik.

25. Tubing Goasari Ngargoyoso

Lokasi: lereng Gunung Lawu atau di Seguwo, Puntukrejo, Ngargoyoso, Karanganyar,

Tempat apa? Merupakan salah satu wisata alam terbuka yang ada di Karanganyar. Kamu dapat melakukan banyak aktifitas di sini.

Apa yang menarik? Menyuguhkan banyak wahana permainan alam terbuka. Seperti, arung jeram, flying fox, hacking, river climbing, dan masih banyak lagi.

26. Goa Tlorong

Lokasi: Desa Lempong, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar

Tempat apa? Untuk kamu yang suka wisata dengan kegiatan menantang, kamu wajib datang ke sini. Pasalnya, mulut Goa Tlorong hanya berukuran 2 meter kali 1,5 meter, cukup sempit bukan? Selain itu, konon, Gua Tlorong merupakan goa tempat persembunyian tentara PKI.

Apa yang menarik? Selain memiliki keindahan khas goa, di dalam Goa Tlorong juga terdapat banyak kelelawar. Sehingga kamu harus memakai masker dan jangan lupa membawa senter.

27. Goa Cokro Kembang

Lokasi: Desa Jenawi, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar

Tempat apa? Salah satu goa di Karanganyar yang cocok untuk dikunjungi. Konon, goa ini juga kerap dijadikan tempat pertapaan. Menurut keyakinan masyarakat Jawa, pertapaan Cokro Kembang ini dijadikan sebagai mediator untuk memohon atau berdoa kepada sang pencipta.

Apa yang menarik? Hanya memiliki kedalaman gua sekitar 2 meter saja. Meski hanya memiliki kedalaman 2 meter, kamu masih bisa menikmati keindahan khas goa di dalamnya.

28. Waterboom Tirta Guwo Indah

Lokasi: Kampung Guworejo, Sumberejo, Kerjo, Karanganyar

Tempat apa? Dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 1.800 meter. Waterboom Tirta Guwo menjadi saah satu wisata Karangaanyar paling populer.

Apa yang menarik? Selain untuk orang dewasa, kolan renang ini juga memiliki kolan khusus untuk anak-anak. Selain itu ada pula plosotan dengan ketinggian 10 meter yang langsung masuk ke dalam kolam.

29. Jembatan Selfie

Lokasi: Lereng Gunung Lawu

Tempat apa? Sesuai dengan namanya, jembatan ini dibangun di atas jalan, di sisi tebing. Untuk berfotopun kamu harus antri, karena jembatan ini hanya dibangun dengan bambu yang memiliki ketinggian 4,5 meter saja.

Apa yang menarik? Menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan. Sahingga kamu bisa ber-selfie ria dan mengunggahnya di sosial mediamu.

30. Alun-alun Karanganyar

Lokasi: Jl. Lawu, Badran Asri, Cangakan, Kec. Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Tempat apa? Berada di pusat kota Karanganyar. Tidak heran jika alun-alun ini sering menjadi pilihan untuk menghabisakan waktu sore. Wisata alun-alun Karanganyar ini juga memiliki beragam fasilitas.

Apa yang menarik? Banyak aktifitas yang bisa kamu lalukan di sini. Misal, duduk santau, berolahraga, atau menikmati jajanan yang di jual di Alun-alun Karanganyar ini.