Destinasi

50 Tempat Wisata di Medan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tempat wisata di Medan tak kalah indah dan bagus dengan kota lain di Indoneisa. Banyak sekali bangunan tua yang masih tergores oleh aliran arsitektur Belanda. Selain itu, tempat wisata di sini mengandung banyak sejarah. Karena sangat lengkap tempat wisata Medan, tak heran jika perekonomiannya sangat maju dan berkembang pesat. 

Medan merupakan ibukota provinsi Sumatera Utara. Kota ini menjadi kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Surabaya dan Jakarta. Medan menjadi pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat. Kota ini aksesnya ke pusat kota dengan pelabuhan dan bandara. Kota ini juga menjadi kota wisata Medan yang menarik bagi menjadi destinasi wisata unggul di Indonesia.

Karena berbatasan dengan selat Malaka, kota Medan menjadi kota perdagangan, bisnis dan industri yang sangat penting di Indonesia. Kota ini juga menjadi pusat pariwisata yang menjanjikan karena industri, bisnis dan perdagangannya yang sudah maju.

50 Tempat Wisata di Medan

1. Menara Air Tirtanadi

Tempat apa? Menara ini adalah ikon di kota Medan yang dibangun Belanda tahun 1908 sebagai tempat penampungan air. Kini masih digunakan sebagai penyedia air minum.

Apa yang menarik? Anda bisa menikmati bangunan dengan gaya arsitekturnya yang unik dan menyimpan sejarah tentang zaman Belanda. Tak hanya itu, di sana juga disediakan air yang bisa langsung diminum.

2. Merdeka Walk Medan

Tempat apa? Tempat ini menjadi wisata Medan yang cocok untuk nongkrong. Tempat ini bisa dikunjungi dua puluh empat jam non stop. Anda bisa merasakan jajanan khas Medan yang menggugah selera.

Apa yang menarik? Di sini, selain makanan Medan Anda akan menemukan masakan khas western dan Asia. Bagi Anda pecinta kuliner, tempat ini recommended untuk Anda.

3. Menara Pandang Tele

Tempat apa? Menara pandang tele adalah wisata Medan yang berada di danau toba. Jadi Anda tidak akan lengkap berkunjung ke danau Toba jika belum ke menara pandang tele ini.

Apa yang menarik? Di tempat ini dibuat menara dengan tiga tingkatan yang berbeda. Di sini Anda juga bisa berfoto dengan background yang unik dan kekinian.

4. Up Side Down World

Tempat apa? Up side down world adalah tempat yang memang khusus untuk foto-foto. Tempat ini dibuat dengan konsep dunia terbalik.

Apa yang menarik? Di sini Anda bisa berfoto dengan latar belakang tempat dan barang-barang yang terbalik. Jadi Anda akan bersanding dengan ruang yang terbalik seperti dapur, toilet, ruang makan dan kamar tidur.

5. Istana Maimun

Tempat apa? tempat ini adalah destinasi wisata Medan yang memiliki sejarah. Istana ini menjadi lambang kerajaan Deli di Sumatra Utara pada zaman dahulu di kota Medan.

Apa yang menarik? Di istana ini menampilkan arsitektur unik dan menawan. Di sini ada berbagai campuran arsitektur khas Melayu, Turki, Islam, Spanyol, India bahkan Italia.

6. Taman Mora Indah

Tempat apa? Taman ini adalah destinasi wisata Medan berupa permainan air. Di sini adalah wahana air di kota Medan yang cocok dikunjungi bersama keluarga.

Apa yang menarik? Anda akan menemukan taman bermain anak, area flying fox dan kolam renang untuk anak-anak. Tempat ini menjadi wahana anak recommended bagi Anda dan buah hati.

7. Hill Park Sibolangit

Tempat apa? Hill park sibolangit adalah salah satu tempat wisata bermain yang hampir mirip dengan pasar malam. Tempat ini sangat cocok untuk liburan bersama dengan keluarga dan sahabat.

Apa yang menarik? Di sini Anda bisa bermain berbagai wahana permainan mulai dari kora kora, roller coaster dan permainan lain yang telah tersedia di sana.

8. Kampung Keling

Tempat apa? Tempat wisata ini menyajikan multi etnik di Medan. Di sana Anda bisa melihat bermacam-macam budaya dan etnis yang tinggal di sana.

Apa yang menarik? Wilayah ini juga mendapat julukan “the little India” karena banyak hidup etnis India dan budaya khas India. Jika Anda ke tempat ini Anda akan merasa seperti benar-benar di India.

9. The Le Hu Garden Medan

Tempat apa? The le hu garden adalah tempat wisata Medan berupa taman dengan konsep kekinian. Di taman ini Anda bisa melihat taman yang menyajikan nuansa Bali yang kental.

Apa yang menarik? Tempat ini sangat instagrammable bagi Anda yang suka selfie. Anda juga bisa outbond di tempat ini. Jika Anda berlibur di Medan tempat ini sangat rekomendasi untuk Anda.

10. Kebun Binatang Medan

Tempat apa? Kebun binatang Medan adalah kebun binatang yang menyimpan berbagai macam binatang dari berbagai penjuru. Banyak binatang yang di simpan dan disajikan di kebun binatang ini.

Apa yang menarik? Di kebun binatang Medan ini Anda juga bisa bermain di wahana bermain yang disedakan di tempat ini. Tempat ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga dan teman.

11. Masjid Agung Medan

Tempat apa? Masjid Agung Medan adalah tempat wisata Medan dan sekaligus sebagai tempat ibadah. Masjid ini telah berdiri sejak tahun 1906.

Apa yang menarik? Keunikan masjid ini karena bangunannya berbentuk octagonal dengan kubah berwarna hitam. Masjid ini berdekatan dengan istana Maimun, sehingga Anda bisa langsung mampir ke masjid ini setelah berkunjung ke istana Maimun.

12. Maha Vihara Adhi Maitreya

Tempat apa? Maha vihara adhi maitreya adalah tempat wisata dan tempat ibadah terbesar di Indonesia. Vihara ini kental dengan nuansa arsitektur Cina.

Apa yang menarik? Vihara ini memiliki arsitektur unik dengan 3 patung suci seperti patung Dwi Kwan In, patung Hakim Bao dan patung Suci Budha. Anda akan merasa seperti di kota Beijing Cina.

13. Masjid Amaliyah Panglima Danai Amplas

Tempat apa? Masjid amaliyah panglima danai amplas adalah salah satu destinasi wisata religi yang ada di Medan. Di tempat ini Anda bisa beribadah dengan khusyuk.

Apa yang menarik? Masjid ini dibangun dengan arsitektur yang khas. Selain itu, Anda juga bisa mengambil kenang-kenangan berupa foto untuk mengabadikan momen Anda di Tempat ini.

14. Kampung Ladang

Tempat apa? Kampung ladang adalah Salah satu wisata Medan yang cocok untuk outbond keluarga. Tempat ini menampilkan pemandangan yang cantik dan romantis. Di sana ada kali, kolam dan beberapa pondok.

Apa yang menarik? Kampung ini terdapat hiasan batu seperti candi Ratu Boko. Selain itu, ada taman bunga dan taman yang indah susunannya.

15. Taman Labirin Simalem Ressort

Tempat apa? Taman labirin simalem ressort adalah area yang biasa untuk berkumpul atau tempat nongkrong para remaja. Di tempat ini menampilkan nuansa romantis di sekitarnya.

Apa yang menarik? Di sana Anda juga akan menemukan air mancur yang bisa digunakan sebagai background spot foto bagi Anda yang suka berfoto yang instagramable.

16. Danau Linting

Tempat apa? Danau linting adalah destinasi wisata Medan yang menarik untuk dikunjungi. Danau ini juga tak kalah menarik dengan danau toba. Di sini Anda bisa melihat pemandangan yang eksotis.

Apa yang menarik? Danau ini memiliki air dengan warna biru kehijauan. Pemandangannya yang asri dan terbilang masih natural. Di danau tersebut Anda bisa berfoto-foto sepuasnya.

17. Danau Siombak

Tempat apa? Danau siombak adalah danau yang memiliki luas mencapai 40 hektare. Danau ini berada di antara sungai Deli dan sungai terjun. Danau ini adalah danau buatan, namun airnya sangat jernih dengan biru kehijauan.

Apa yang menarik? Danau ini menyajikan penampilan yang eksotis. Anda bisa berfoto dengan background air danau yang ada di sini.

18. Cagar Alam Sibolangit

Tempat apa? Tempat ini adalah cagar alam. Di cagar alam sibolangit ini Anda dapat menemukan bermacam tanaman. Selain itu, Anda juga bisa belajar untuk mencintai alam.

Apa yang menarik? Tempat ini adalah objek wisata yang mengampanyekan konsep go green di tengah pemanasan global. Anda akan belajar dengan dipandu oleh tour guide.

19. Negeri Kincir Angin Medan

Tempat apa? Kincir angin Medan adalah destinasi wisata yang memiliki sebutan “merci windmill” yang terbesar di Indonesia. Kincir angin ini identik seperti di Belanda yang ketinggiannya mencapai 22 meter.

Apa yang menarik? Kincir ini memiliki bangunan dua lantai yang unik. Lantai pertama akan menemukan ciri khas seperti di Belanda dan lantai kedua ditemukan banyak cermin.

20. Museum Sumatra Utara

Tempat apa? Museum Sumatra Utara adalah museum yang berisi peninggalan sejarah dan budaya dari Sumatra Utara. Ada sekitar 6799 koleksi di museum ini yaitu berbagai satwa khas Sumatra, arca peninggalan Hindu-Budha dan diorama.

Apa yang menarik? Di tempat ini Anda bisa menikmati suasana sejarah yang kental di tempat ini. Pengalaman dan wawasan bisa Anda dapatkan di museum ini.

21. Taman Buaya Asam Kumbang

Tempat apa? Taman budaya asam kumbang adalah tempat penangkaran buaya. Taman ini menjadi tempat penangkaran buaya terbesar di Asia Tenggara.

Apa yang menarik? Berkunjung ke tempat ini bisa menguji adrenalin Anda jadi tidak ada salahnya jika Anda berkunjung ke tempat ini. Namun, disarankan yang memiliki ketakutan yang tinggi tidak perlu mengunjungi tempat ini.

22. Air Terjun Telaga Dwi Warna

Tempat apa? Air terjun telaga warna adalah air terjun yang sangat populer di kota Medan. Tempat ini menyajikan air terjun yang airnya sangat jernih dengan pemandangan alam yang eksotis.

Apa yang menarik? Air terjun ini berada di pegunungan, sehingga butuh waktu 2 sampai 3 jam untuk sampai ke tempat ini.

23. Funland Monkey Holiday

Tempat apa? Tempat wisata Medan ini adalah tempat bermain anak terbaik di kota Medan. Funland monkey holiday juga merupakan outdoor funpark terbesar di Sumatera Utara.

Apa yang menarik? Di sini anak Anda bisa bermain dengan berbagai wahana bermain yang lengkap dan telah disediakan di tempat ini. Dengan begitu Anda bisa refreshing yang sesungguhnya.

24. Pantai Berawe

Tempat apa? Pantai berawe adalah salah satu destinasi wisata pantai yang memiliki warna pasir putih dan ombak yang tenang. Selain itu, pantai ini sangat indah dan bisa dibilang masih perawan.

Apa yang menarik? Di sini Anda bisa bermain air laut sepuasnya dan tidak takut terbawa ombak. Meskipun pantai ini masih sepi, namun, Anda bisa mengunjunginya.

25. Pantai Sialang Buah

Tempat apa? Pantai ini adalah destinasi wisata Medan yang paling mudah diakses. Jika ke tempat ini Anda bisa memancing ikan.

Apa yang menarik? Tempat ini sangat cocok untuk mencari ikan dan juga sarana refreshing bersama keluarga. Anda juga perlu berkunjung ke tempat ini hanya sekedar membeli ikan segar, karena di sini pabriknya.

26. Pantai Gudang Garam Serdang Bedagai

Tempat apa? Pantai gudang garam serdang Bedagai adalah pantai yang digunakan sebagai pabrik pembuatan garam. Pantai ini dinamakan pantai gudang garam karena sebagai tempat pemroduksi garam laut.

Apa yang menarik? Di pantai ini tak sedikit wisatawan yang datang ke tempat ini. Anda bisa berfoto di pantai ini dengan background tumpukan garam yang sangat bagus.

27. Pantai Pondok Permai

Tempat apa? Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata Medan yang masih sepi. Karena masih tergolong baru.

Apa yang menarik? Pantai ini sangat cocok untuk Anda kunjungi karena masih asri. Selain itu, Anda perlu memviralkan tempat ini agar semakin ramai karena pemandangannya langka dan tidak mudah ditemukan di tempat lain.

28. Air Terjun Dwi Warna

Tempat apa? Air terjun dwi warna ini adalah air terjun yang dekat dengan pusat kota Medan. Air terjun ini memiliki keunikan yaitu memiliki dua warna.

Apa yang menarik? Yang menarik dari pantai ini adalah penampilan air yang eksotis dan unik berbeda warna. Anda bisa mengambil foto dengan background air terjun ini.

29. Air Terjun Sipiso-Piso

Tempat apa? Air terjun ini merupakan destinasi wisata Medan yang dekat dengan air terjun dua warna dan danau toba.

Apa yang menarik? Untuk menuju tempat ini Anda hanya memerlukan waktu dua puluh menit saja untuk sampai ke sana. Jadi liburan di Medan, Anda perlu mampir sebentar ke air terjun ini.

30. Air Terjun Sampuren Putih

Tempat apa? Air terjun ini memiliki air terjun kembar 7 tingkatan. Air terjun ini memang belum dikenal karena masih destinasi wisata baru.

Apa yang menarik? Jika berlibur ke Medan, tempat ini perlu Anda kunjungi karena masih baru dan Anda perlu memviralkan dengan mengambil foto dengan background air terjun ini.

31. Titi Gantung

32. Gedung London Sumatra

33. Masjid Raya Medan

34. Masjid Raya Al Osmani

35. Rumah Tjong A Fie

36. Menara Bakaran Batu

37. Vihara Gunung Timur

38. Vihara Setia Budi Kwan Te Bio

39. Kuil Shri Mariamman

40. Gereja Immanuel

41. Kolam Sri Deli

42. Pekong Lima Medan Labuhan

43. Gereja Bunda Maria Annai Velangkanni

44. Vihara Borobudur

45. Pantai Tureloto

46. Pantai Mutiara

47. Pantai Pandan

48. Pantai Bali Lestari

49. Pantai Klang Serdang Bedagai

50. Pantai Cermin

Nah, itu tadi 50 tempat wisata Medan yang menarik untuk Anda kunjungi. Tempat-tempat di atas sangat recommended untuk Anda kunjungi karena untuk masuk ke tempat wisata di atas tidak memerlukan budget yang banyak. Selain itu ada beberapa tempat yang tidak dikenakan biaya. Liburan di Medan akan lebih menyenangkan dan bermanfaat jika mengunjungi tempat tersebut.