Wisata di Pacitan didominasi dengan wisata alam yang terjaga keasliannya. Pacitan merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Merupakan kota yang memiliki keindahan panorama yang tak kalah menarik dari kota-kota lain. Disini kamu dapat menemukan berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Terdapat berbagai macam destinasi wisata yang ada di Pacitan. Contohnya adalah gua dan pantai. Jika kamu berkunjung ke Pacitan jangan sekali-kali melewatkan pesonanya tersebut. Kota Pacitan sendiri juga dikenal sebagai kota dengan 1001 gua.

Bagi kamu yang sedang berada di Pacitan atau ingin berwisata ke Pacitan, jangan lupa untuk menyempatkan diri di beberapa tempat wisata favorit.

Daftar Tempat Wisata di Pacitan

Berikut ini rekomendasi tempat wisata Pacitan yang layak kamu kunjungi:

1. Sungai Maron

Alamat
Maron, Dersono, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552

Tempat apa? Sungai Maron merupakan salah satu tempat wisata Pacitan yang sangat mempesona. Sungai ini merupakan sumber mata air bagi Desa Sendang dan Desa Dersono. Hal ini dikarenakan sungai ini masih sangatlah jernih dan bersih.

Apa yang menarik? Sungai Maron memiliki keindahan yang dapat memikat hati siapapun yang mengunjunginya. Bagaimana tidak, perkampungan masih begitu asri serta sungai yang juga masih sangat jernih. Kamu juga bisa menaiki perahu untuk menyusuri sungai.

2. Pantai Teleng Ria

Alamat
Teleng ria, Balong, Sidoharjo, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63514

Tempat apa? Pantai Teleng Ria merupakan salah satu pantai di Pacitan yang menyimpan keindahan yang menakjubkan. Bagi kamu yang ingin mengunjunginya kamu dapat menuju ke Kelurahan Sidoharjo. Pantai ini juga merupakan destinasi wisata yang digemari oleh banyak orang.

Apa yang menarik? Di Pantai Teleng Ria, kamu dapat menikmati keindahan hamparan pasir pantai yang berwarna putih serta air laut yang biru jernih. Cocok untuk kamu kunjungi untuk melepaskan penat dari kesibukan sehari-hari.

3. Pantai Buyutan

Alamat
Bolo, Kalak, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Tempat apa? Pantai Buyutan adalah salah satu pantai yang menarik dikunjungi sebagai destinasi wisata Pacitan. Pantai ini terletak di Kecamatan Donorojo. Letaknya berdekatan dengan Pantai Klayar, sehingga memiliki pesona yang juga sama-sama menakjubkan.

Apa yang menarik? Pantai Buyutan adalah tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi di sela-sela waktu berlibur kamu. Hal ini dikarenakan Pantai Buyutan memiliki pesona pantai yang tentunya sangat menawan dan sayang untuk dilewatkan. Pasir halus yang bersih serta panorama laut yang sangat memukau akan membuat siapapun betah singgah disini.

4. Pantai Tawang

Alamat
Sumurtimo, Sidomulyo, Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63572

Tempat apa? Saat kamu berkunjung ke Pacitan, kamu dapat mengunjungi Pantai Tawang. Wisata Pacitan yang satu ini terletak di Kecamatan Kebonagung. Bagi kamu yang ingin mengunjunginya kamu dapat menempuh perjalanan sekitar 20 km dari pusat kota Pacitan.

Apa yang menarik? Pantai Tawang dapat dikatakan tidak terlalu terkenal daripada pantai yang lain. Namun walaupun begitu Pantai Tawang tetap menyimpan pesona yang sangat mengagumkan. Pasir yang berwarna kecoklatan serta laut biru turut menjadikan kawasan ini menarik untuk dikunjungi.

5. Pantai Kunir

Alamat
Jl. Jalur Lintas Selatan, Dusun Lamong, Desa Pagerkidul, Kecamatan Sudimoro, Pager Kidul, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63573

Tempat apa? Pantai Kunir merupakan destinasi yang pas bagi kamu yang ingin mencari ketenangan. Hal ini dikarenakan Pantai Kunir ini memiliki akses yang masih susah untuk menjangkaunya sehingga tidak banyak pengunjung.

Apa yang menarik? Pantai Kunir merupakan wisata Pacitan yang memiliki pasir putih serta panorama laut yang menyegarkan. Kamu dapat bermain-main di bibir pantai karena ombaknya juga tidak terlalu besar.

6. Pantai Kaliuluh

Alamat
Klesem, Kebonagung, Duren, Klesem, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63561

Tempat apa? Jika kamu mengunjungi Desa Klesem di Kecamatan Kebonagung, kamu wajib mengunjungi Pantai Kaliuluh. Wisata Pacitan yang satu ini menawarkan keindahan panorama pantai yang begitu memikat.

Apa yang menarik? Pantai Kaliuluh memiliki pasir putih serta laut biru yang jernih seperti kebanyakan pantai pada umumnya. Namun yang membedakan disini terdapat beberapa bebatuan di bibir pantai yang tentunya menjadikan panorama pantai semakin eksotis. Cocok untuk dimanfaatkan sebagai objek foto yang menarik.

7. Pantai Seruni

Alamat
Jl. Seruni, Pallantikang, Kec. Bantaeng, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan 92411, Indonesia, Gunungkidul, Yogyakarta

Tempat apa? Pantai Seruni merupakan destinasi wisata Pacitan selanjutnya. Pantai Seruni terletak berdekatan dengan Pantai Srau. Memiliki keindahan panorama pantai yang juga tak kalah dengan Pantai Srau.

Apa yang menarik? Pantai Seruni memiliki laut yang sangat biru dan jernih. Pasir yang ada di Pantai Seruni juga masih sangatlah bersih. Hal ini dikarenakan pantai ini masih dapat dikatakan sepi pengunjung oleh karena aksesnya yang terbilang sulit ditempuh.

8. Pantai Soge

Alamat
Dondong, Sidomulyo, Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63515

Tempat apa? Pantai Soge merupakan pantai yang terletak di Desa Sidomuyo, Kecamatan Ngadirojo. Akses menuju pantai ini sangatlah mudah sehingga pengunjung juga banyak berdatangan ke Pantai Soge ini.

Apa yang menarik? Pantai Soge merupakan salah satu wisata Pacitan yang patut kamu kunjungi karena keindahan panorama pantainya. Terutama saat sedang matahari terbenam, keindahan pantai ini menjadi sangat luar biasa. Oleh karena itu jangan lewatkan pesona Pantai Soge ini saat kamu berada di Pacitan.

9. Pantai Watu Karung

Alamat
Pringkuku, Ketro, Watukarung, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552

Tempat apa? Pantai Watu Karung merupakan wisata Pacitan yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo. Pantai Watu Karung ini sangat cocok untuk kamu kunjungi terutama bagi yang menyukai aktifitas berselancar.

Apa yang menarik? Pantai Watu Karung menyuguhkan keindahan pantai yang tidak main-main. Air laut sangat jernih, pasir yang lembut, serta terdapat pulau karang. Bagi kamu yang suka berselancar, kamu wajib mencoba ombak yang ada disini.

10. Pantai Srau

Alamat
Candi Pringkuku, Area Peswahan, Candi, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552

Tempat apa? Wisata Pacitan yang tidak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Pantai Srau. Pantai Srau ini terletak di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku. Merupakan pantai yang dapat dibilang sebagai salah satu pantai terindah yang ada di Jawa.

Apa yang menarik? Pantai Srau memiliki keindahan pasir putih dan birunya laut yang dapat menghipnotis siapapun yang menginjakkan kaki disana. Selain itu kawasan Pantai Srau ini juga tidak hanya memiliki satu pantai saja, melainkan tiga. Ketiga pantai ini memiliki ciri khasnya masing-masing yang tentunya sangatlah luar biasa.

11. Pantai Klayar

Alamat
Kalak, Sendang, Donorojo, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554, Indonesia

Tempat apa? Pantai Klayar merupakan wisata Pacitan yang dapat dibilang sangat terkenal. Terletak di Kecamatan Donorejo. Bagi kamu yang ingin mengunjunginya kamu harus menempuh sekitar 45 kilometer dari pusat Kota Pacitan.

Apa yang menarik? Pantai Klayar memiliki keindahan panorama yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Itulah yang menjadikan pantai ini begitu terkenal. Selain itu pantai ini memiliki keunikan yaitu terdapat seruling laut. Jika ombak menghantam celah yang ada pada bebatuan maka akan menimbulkan suara seperti siulan. Hal ini menjadikan Pantai Klayar sangatlah menarik.

12. Pantai Banyu Tibo

Alamat
Widoro, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554

Tempat apa? Pantai Banyu Tibo merupakan kawasan wisata Pacitan yang menawarkan pesona pantai yang begitu menakjubkan. Pantai Banyu Tibo ini terletak tidak jauh dari Pantai Klayar, jadi sempatkanlah untuk singgah menikmati keindahan di pantai ini.

Apa yang menarik? Pantai Banyu Tibo memiliki keunikan yang sama seperti namanya. Terdapat air terjun kecil yang ada di bibir pantai, menjadikan tempat ini sangatlah menarik untuk dikunjungi. Selain itu kamu juga dapat menikmati panorama matahari terbenam yang sangat menakjubkan disini.

13. Pantai Pidakan

Alamat
Godeg Wetan, Jetak, Tulakan, Godeg Wetan, Jetak, Tulakan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63571

Tempat apa? Pantai Pidakan adalah salah satu wisata Pacitan yang patut untuk dikunjungi. Terletak di Dusun Godek Kulon, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan. Bagi kamu yang ingin mengunjunginya kamu perlu untuk menempuh perjalanan sekitar 50 kilometer dari pusat Kota Pacitan.

Apa yang menarik? Pantai Pidakan memiliki keunikan tersendiri yang membedakan dari pantai-pantai yang lain. Hal ini dikarenakan Pantai Pidakan didominasi oleh kerikil putih daripada pasirnya. Bagi siapapun yang mengunjunginya pasti akan terpana oleh pesona Pantai Pidakan ini.

14. Pantai Karang Bolong

Alamat
Karang Bolong, Kendal, Sendang, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554, Indonesia, Pacitan, Jawa Timur

Tempat apa? Wisata Pacitan yang tidak boleh kamu lewatkan selanjutnya adalah Pantai Karang Bolong. Pantai ini masih berdekatan dengan Pantai Klayar, sehingga kamu juga dapat menikmati keindahan panorama alam yang juga luar biasa.

Apa yang menarik? Pantai Karang Bolong memiliki pesona yang sangat mengagumkan. Kamu dapat menyaksikan tebing yang berpadu dengan buih ombak laut yang biru kehijauan. Menjadikan siapapun yang menyaksikan keindahan ini enggan untuk meninggalkan Pantai Karang Bolong ini.

15. Pantai Taman

Alamat
Hadiwarno, Ngadirojo, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63572

Tempat apa? Pantai Taman adalah tempat wisata di Pacitan yang patut untuk kamu kunjungi. Kamu dapat bersenang-senang melakukan berbagai permainan yang tentunya seru. Mengajak keluarga, sahabat, maupun saudara tentunya juga akan menjadikan pengalaman berlibur kamu berkesan.

Apa yang menarik? Di Pantai Taman telah tersedia beberapa fasilitas permainan yang menyenangkan. Kamu dapat bermain flying fox ataupun outbond disini. Perlu kamu ketahui bahwa jalur flying fox yang ada di Pantai Taman ini merupakan jalur terpanjang di Indonesia. Sehingga bagi kamu yang merasa tertantang jangan lupa untuk mencobanya.

16. Goa Tabuhan

Alamat
Goa Tabuhan, Wareng Kidul 2, Wareng, Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63553

Tempat apa? Selain mengunjungi wisata pantai yang ada di Pacitan, kamu juga dapat mengunjungi goa sebagai pilihan destinasi liburan kamu. Goa memiliki keindahan yang tentunya juga dapat memikat siapapun saat menjelajahinya. Salah satu goa yang ada di Pacitan adalah Goa Tabuhan. Lebih tepatnya berada di Kecamatan Punung.

Apa yang menarik? Goa Tabuhan memiliki keunikan tersendiri yang tentunya sangat menarik untuk dikunjungi. Didalam gua kamu dapat mendengar suara seperti tabuhan dari gamelan. Suara ini dihasilkan dari stalagtit yang ada pada gua. Keunikan inilah yang menjadikan banyak wisatawan penasaran akan pesona yang ada pada dalam Gua Tabuhan.

17. Goa Gong

Alamat
Jl. Salam, Salam, Bomo, Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63553

Tempat apa? Jika kamu berkunjung ke Pacitan, tidak lengkap rasanya kalau tidak mengunjungi Goa Gong. Hal ini dikarenakan Goa Gong merupakan goa terindah yang ada di Asia Tenggara. Goa ini memiliki kedalaman sekitar 700 hingga 800 meter. Serta memiliki tujuh ruangan besar yang memiliki keunikannya masing-masing.

Apa yang menarik? Goa Gong telah kini telah dirancang menjadi objek wisata yang menakjubkan. Terdapat lampu-lampu yang menyinari stalagmit pada goa. Selain itu juga telah dibangun jalur untuk berjalan agar memudahkan wisatawan menyusuri panjangnya goa. Sangat direkomendasikan bagi kamu yang haus akan objek fotografi yang menarik.

18. Goa Putri

Alamat
Desa Bomo, Kecamatan Punung

Tempat apa? Goa Putri merupakan goa yang juga memiliki keindahan yang tak kalah dari Goa Gong. Lokasi dari Goa Putri sendiri juga tidaklah jauh dari Goa Gong. Bagi kamu yang berkunjung di daerah Desa Bomo, Kecamatan Punung, kamu tentunya tidak boleh melewatkan pesona Goa Putri begitu saja.

Apa yang menarik? Goa Putri memiliki keindahan lorong gua yang tentunya sangat memikat. Stalagmit dan stalagtit yang ada pada goa sangatlah indah sehingga akan membuat pengunjung terpana. Untuk mengunjungi Goa Putri ini kamu tidak perlu lagi menggunakan senter karena di dalam goa sudah terdapat lampu yang menyinari dan memudahkan pengunjung untuk bereksplorasi.

19. Goa Luweng Jaran

Alamat
Jlubang, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552

Tempat apa? Goa Luweng Jaran merupakan salah satu goa yang menawarkan keindahan pesona dalam goa yang sangat menakjubkan. Bagi kamu yang menyukai perjalanan yang menantang, kamu dapat mengunjungi Goa Luweng Jaran untuk memuaskan jiwa petualangan kamu.

Apa yang menarik? Goa Luweng Jaran ini memiliki panjang lorong yang sangatlah panjang. Dikatakan lorong Goa Luweng Jaran ini mencapai 48 kilometer. Di sepanjang goa kamu akan menyaksikan keindahan stalagmit dan stalagtit yang sangat megah. Oleh karena itu jangan melewatkan pesona Goa Luweng Jaran saat kamu berkunjung ke Pacitan.

20. Pantai Wawaran

Alamat
Wawaran, Sidomulyo, Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63561

Tempat apa? Pantai Wawaran adalah salah satu wisata pantai di Pacitan yang patut kamu masukkan ke dalam daftar destinasi liburan kamu. Pantai Wawaran merupakan kawasan yang digunakan sebagai jual beli ikan. Namun kamu juga masih dapat menikmati keindahan yang terkandung di Pantai Wawaran ini.

Apa yang menarik? Pantai Wawaran memiliki keindahan laut biru yang masih jernih serta hamparan pasir putih yang memukau. Kamu dapat mengajak keluarga, sahabat, maupun sanak-saudara untuk mengunjungi Pantai Wawaran agar liburan semakin menyenangkan. Selain itu kamu juga dapat membeli ikan yang masih segar disini.

21. Goa Song Terus

Alamat
Tabuan, Wareng, Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63553

Tempat apa? Goa Song Terus merupakan tempat yang wajib kamu kunjungi terutama bagi kamu yang menyukai sejarah. Tempat wisata Gong Song Terus ini memiliki peninggalan dari jaman purbakala, yang diyakini berusia sekitar 10 ribu tahun yang lalu. Maka dari itu bagi kamu yang tertarik dan penasaran mengenai manusia purba, kamu dapat mengunjungi Goa Song Terus.

Apa yang menarik? Goa Song Terus memiliki beberapa peninggalan dari jaman purba. Ditemukan beberapa artefak seperti limas, gurdi, lancipan, dan serpihan alat yang lainnya. Bagi kamu yang ingin berwisata sambil memperluas pengetahuan, kamu wajib untuk mengunjungi Goa Song Terus ini.

22. Pantai Tamperan

Alamat
Tamperan Sidoharjo, Desa Sidoharjo, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan

Tempat apa? Pantai Tamperan merupakan pantai yang termasuk dalam perairan teluk Pacitan. Terletak dekat dengan Pantai Telengria. Pantai Tamperan ini cocok untuk kamu kunjungi terutama bagi yang ingin mengistirahatkan jiwa dari kesibukan.

Apa yang menarik? Pantai Tamperan memiliki panorama pantai yang asri. Kamu akan menyaksikan perbukitan yang ditumbuhi oleh pepohonan yang rimbun, membuat siapapun yang mengunjunginya akan merasa nyaman. Kamu dapat bersantai menikmati pasir yang lembut serta deburan ombak yang tentunya menambah suasana yang menentramkan.

23. Sungai Cokel

Alamat
Gumuharjo, Watukarung, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

24. Alun-alun Pacitan

Alamat
Jl. Sugiyo Pranoto No.1, RW.01, Krajan, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63511

25. Bukit Watukarung

26. Grojogan Dhuwur Pacitan

Alamat
Kerok Kulon, Candi, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552

27. Mandi Angin Pacitan

Alamat
Pelem, Dadapan, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552

28. Monumen Jenderal Soedirman

Alamat
Monumen Sudirman, Menur, Pakisbaru, Nawangan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63584

29. Masjid Agung Pacitan

Alamat
Jl. T. Imam Bonjol, Krajan, Pacitan, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63511

30. Curug Sabun

Alamat
Dusun Saren, Desa Bandar, Kec Bandar, Kab Pacitan.

31. Gerojokan Mbedayu

32. Curug Gringsing

Alamat
Krajan, Ploso, Tegalombo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63582

33. Pantai Watu Bale

Alamat
Jl. Pacitan-Trenggalek, Desa Jetak, Tulakan, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63571

34. Pantai Anakan

Alamat
Sumurtimo, Sidomulyo, Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63572

35. Pantai Pangasan

Alamat
Kalipelus, RT.1/RW.2, Krajan, Ketro, Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63561

36. Tlogo Sono

Alamat
Petung, Kalikuning, Tulakan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63571

37. Pantai Ngandul

Alamat
Widoro, Donorojo, Krajan Wetan, Kalak, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554

38. Pantai Kasap

Alamat
Gumuharjo, Watukarung, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

39. Pantai Denombo

Alamat
Desa Jlubang, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan

40. Pantai Langitan

Alamat
Widoro, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554

41. Pemandian Banyu Anget Pacitan

Alamat
Jalan Arjosari-Banyu Anget, Krajan RT.1/RW.2, Karangrejo, Arjosari, Krajan, Karangrejo, Arjosari, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63581

42. Bukit Pakis Pacitan

Alamat
Desa Mantren, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Bukit Pakis

43. Beiji Park

Alamat
Jl. Raya Tompak Rinjing, Beji, Dadapan, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552

Itulah 42 tempat wisata Pacitan yang wajib kamu kunjungi. Jangan melewatkan pesona tempat-tempat wisata tersebut saat kamu berkunjung ke Pacitan. Jangan merasa ragu-ragu untuk berkunjung, karena kamu tentunya akan mendapat kepuasan saat berada di tempat-tempat wisata tersebut. Tentunya mengajak keluarga maupun sahabat pastinya akan lebih menyenangkan.