20 Film Kolosal Terbaik, Melibatkan Ribuan Orang di Dalamnya

film kolosal terbaik

Pembuatan film kolosal memang membutuhkan banyak biaya dikarenakan melibatkan banyak sekali orang.

Walau begitu, film ini terus diproduksi setiap beberapa tahun sekali diberbagai negara mengingat respon para pentonton yang cukup bagus.

Selain menghadirkan banyak orang, film kolosal umumnya memiliki ciri khusus lain yakni dibuat dengan latar belakang masa lampau, kerajaan / kekaisaran dan ada juga yang mengadaptasi dari cerita sejarah nyata.

Kebanyakan bergenre fantasi, namun ada juga yang bergenre action, war, dan historical.

Catatan: Film yang kami rekomendasikan ini memiliki rating yang tinggi di IMDB dan tersedia di platform streaming seperti Netflix, Iflix, Viu, dan lainnya.

Daftar Film Kolosal paling seru buat ditonton

Film kolosal menghadirkan suatu sensasi tersendiri yang tidak bisa dirasakan saat kita menonton film tema lainnya. Bila kamu penggemar berbagai film kolosal, berikut kami sajikan beberapa daftar film kolosal terbaik sepanjang masa:

1. Film Kolosal Terbaik: Trilogi Lord of the Ring (2001-2003)

Trilogi Lord of the Ring mengadaptasi dari cerita yang ditulis oleh seorang penulis legendaris yakni J. R. R. Tolkien pada tahun 1973. Bersumber dari cerita itulah Peter Jackson selaku sutradara akhirnya membuat 3 film serial the lord of the ring yang begitu fenomenal. Dalam ketiga serial fimnya yakni The Fellowship of the Ring, The Return of the King, dan The Two Towers, inti ceritanya masih sama. Yakni tentang makhluk kerdil yang bernama hobbit melakukan penjelajahan ke berbagai tempat untuk menyelesaikan masalah terkait cincin misterius.

2. Film Kolosal Yunani: Gladiator (2000)

Walau termasuk film keluaran lama, gladiator merupakan film hollywood yang sukses dimasanya. Film ini meraih 5 penghargaan dari berbagai kategori dalam piala oscar di tahun 2000 an. Selain ceritanya yang begitu menarik untuk diikuti, gladiator menyajikan bebeberapa plot twist yang susah ditebak. Gladiator menceritakan tentang seorang pejuang gladiator kekaisaran Romawi yang bernama Maximus. Ia menjadi gladioator yang kuat dan seringkali memenangkan peperangan, sehingga begitu populer dan juga dicintai rakyatnya. Namun kekejaman kaisar Romawi pada diri dan keluarganya tak menghentikan niatnya untuk balas dendam dan menghancurkan kekaisarannya.

3. Film kolosal Indonesia: Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Jangan hanya memandang tinggi film hollywood atau film Korea saja, banyak juga kok film Indonesia yang gak kalah keren. Salah satunya adalah film berjudul Guru Bangsa: Tjokroaminoto ini yang memiliki alur cerita keren abis dan begitu dramatis. Reza Rahardian sebagai aktor papan atas Indonesia memerankan diri sebagai Tjokroaminoto yang merupakan salah satu tokoh penting dalam sejarah pendidikan di Indonesia. Film ini menceritakan tentang lika liku perjuangan Tjokroaminoto dalam memperjuangkan pendidikan Indonesia di masa penjajahan Belanda.

4. Diangkat dari kisal klasik: Robin Hood (2010)

Dari judul filmnya saja yaitu “Robin Hood: The Untold Story of How the Man Became the Legend” kita sudah paham garis besar cerita filmnya. Apalagi tokoh Robin Hood merupakan salah satu tokoh fiksi paling populer dalam sejarah, kita semunya pun sudah pasti mengenalnya. Film ini menceritakan tentang perjuangan heroik dari Robin Hood dan kawannya dalam melakukan kejahatan berupa pencurian namun bertujuan untuk kebaikan. Yakni hanya mencuri dari mereka yang kaya dan serakah untuk dibagikan kepada orang yang kurang mampu. Akankah perjuangannya berjalan mulus tanpa ada halangan?.

5. Film kolosal perang: Letters from Iwo Jima (2006)

Film bergenre perang ini melibatkan banyak sekali orang sebagai tokoh pembantu. Tapi dengan penataan yang bagus, alur ceritanya tetap terpusat pada tokoh tokoh penting, sehingga membuat ceritanya tetap terlihat apik untuk diikuti. Saking kerennya, film ini berhasil memenangkan 10 penghargaan bergengsi dari berbagai ajang yang berbeda-beda. Iwo Jima sendiri merupakan sebuah pulau tak berpenghuni di Jepang yang dipenuhi bebatuan dan gunung berapi. Di penghujung perang dunia kedua, Amerika ingin menjadikan pulau ini sebagai jalan menginvasi Jepang. Namun pihak Jepang yang didukung 2 orang berpengalaman dan tau seluk beluk Amerika dengan yakni Saigo dan Kuribayashi melancarkan serangan dan pertahanan dengan baik untuk menjaga kehormatan negaranya.

6. Film kolosal peraih penghargaan Golden Globe dan Academy Awards: Spartacus (1960)

Mungkin saat film ini dibuat kamu sendiri belum lahir ya. Tapi jangan khawatir, sekarang kamu masih bisa menonton film legendaris ini dari berbagai situs layanan streaming film yang ada. Aksinya yang begitu dramatik, spartacus berhasil menyabet 5 penghargaan di 2 ajang berbeda yakni Golden Globe Awards dan Academy Awards. Film ini menceritakan tentang Trachian Spartacus yang diperankan oleh Kirk Douglas yang digembleng untuk dijadikan budak gladiator. Demi mendukung kebebasan kaumnya, Spartacus melatih banyak budak untuk dilatih sebagai pejuang untuk pemberontakan. Setelah pengikutnya semakin membesar, ia akhirnya merencanakan pemberontakannya, namun ada 2 pihak yang justru memanipulasinya demi keuntungan masing-masing.

7. Film kolosal yang disutradari Christopher Nolan: Dunkirk (2017)

Sutradara senior yaitu Christoper Nolan memang selalu menjadikan film yang dibuatnya seakan-akan bisa menghipnotis para penonton. Semua karya filmnya pasti laris dipasaran internasional. Salah satunya ialah film bertemakan war yakni Dunkirk ini. Walaupun Dunkirk merupakan film sejarah yang pertama dibuatnya, tapi ia berhasil menyuguhkan dengan cerita dan tampilan yang begitu memukau. Bercerita tentang misi penyelamatan 400 ribu tentara Inggris dan Prancis yang terdampar di Dunkrik saat perang dunia ke II. Dunkrik sendiri merupakan tempat di Perancis yang dijadikan tempat operasi militer yang bernama “The Battle of Dunkrik” dalam selang waktu antara 26 Mei sampai 4 Juni 1940. Dalam perjalananan misinya, film ini menggunakan 3 sudut pandang yang berbeda, yakni darat, laut dan udara.

Lihat juga:  20 Film Alien Terbaik, Menegangkan dan Bikin Ngeri

9. Film Kolosal Asia yang diperankan Tom Cruise: The Last Samurai (2003)

Film campuran Jepang Amerika ini memiliki genre history, drama dan action. Diperankan oleh aktor papan atas yaitu Tom Cruise, Koyuki dan Ken Watanabe menjadikannya sebagai salah satu film kolosal terbaik yang pernah ada. The Last Samurai mengisahkan tentang pemberontokan kelompok samurai profesional yang tidak bisa ditangani pihak keamanan Jepang. Akhirnya pemerintah Jepang meminta bantuan Amerika. Dari pihak Amerika mengirimkan veteran perang yakni Nathan Algern (Tom Cruise) untuk melatih prajurit Kaisar dalam menggunakan senapan.

10. Film Kolosal Korea yang banyak adegan dewasa: The Treacherous (2015)

Siapa disini yang penggemar film korea? Melalui film The Treacherous, kamu bisa melihat film kolosal korea yang dibuat dengan alur yang menarik. Banyaknya unsur adegan dewasa yang vulgar mengharuskan kamu tidak mengajak anak dibawah umur saat menontonnya, ya. Film yang rilis tahun 2015 ini menceritakan tentang seorang raja yang berbuat semaunya sendiri kepada rakyatnya. Ia membunuh orang tanpa perhitungan bagi siapapun yang dicurigai terlibat dengan kematian ibunya. Selain itu, sifatnya yang mesum menjadikan setiap wanita yang dianggap cantik diharuskan menjadi budak seksnya.

11. Film Kolosal Jepang tentang pembunuh bayaran: 13 Assassins (2010)

Jepang juga punya film kolosal yang cukup terkenal yaitu 13 Assasins. Takashi Mike selaku sutradara film ini membuat semua adegan demi adegan yang ada didalamnya terasa begitu nyata seakan kita sebagai penonton ikut masuk ke dalam masa lampau, tepatnya pada tahun 1844. Menceritakan tentang 13 orang assassins papan atas yang memiliki rencana menjalan misi membunuh tuan tanah bengis yang ditakuti masyarakat. Misi ini juga dilakukan akibat salah satu anggota keluarga assasins tersebut ada yang dibunuh olehnya, sehingga sekaligus menjadi misi balas  dendam. Akan tetapi dalam menjalankan misinya menemukan halangan yang cukup rumit.

12. Film kolosal dengan sentuhan CGI: 300: Rise of an Empire (2006)

Pembuatan film yang rilis tahun 2006 ini memang kaya akan sarat editing dengan CGI. Namun akting dari para tokoh yang ada didalamnya terutama dalam adegan peperangan juga sangat bagus, sehingga menyempurnakan efek dramatisasi film. Mengisahkan tentang sosok Raja dari Sparta Leonidas yang menyusun strategi perang untuk melawan 1000 pasukan perang dari Persia. Bersama 299 prajuritnya, mereka terus belajar menguasai medan peperangan dan juga belajar bertarung agar bisa menundukan pasukan lawan yang dipimpin oleh Raja Xerxes. Berkat usahanya, dengan pasukan yang tidak seimbang akhirnya pasukan dari Sparta berhasil memukul mundur pasukan Persia.

13. Film kolosal yang meraih 4 penghargaan bergengsi: Cleopatra (1963)

Clopatara menjadi salah satu film terbaik di masanya. Kala itu, dia berhasil meraih 4 penghargaan piala oscars. Ini membuktikan bahwa film ini tak bisa dipandang sebelah mata. Walau dari sisi visual beda jauh dengan film saat ini dikarenakan teknologi yang ada di masa lalu, tapi inti cerita yang ada didalamnya sangatlah bagus untuk terus diikuti. Clopatara sendiri merupakan sosok wanita mesir yang tersohor akan kecantikan parasnya yang luar biasa. Hal inilah yang membuat Julius Caesar yang merupakan kaisar Romawi jatuh hati padanya dan menikahinya. Namun dibalik pernikahannya ia memiliki rencana lain untuk menguasai Kerajaan Mesir dan beberapa daerah jajahan baru disekitarnya.

14. Film yang menceritakan kisah Gengis Khan: Mongol: The Rise of Genghis Khan (2007)

Film yang disutradarai oleh Sergei Bodrov ini memang pernah memenangkan piala dalam beberapa ajang penghargaan seperti Academy awards. Dengan film ini, kamu juga bisa belajar tentang sejarah sekaligus mengambil pelajaran berharga dari dalamnya. Genghis Khan yang saat kecil dipanggil dengan nama Temudjin merupakan salah satu tokoh penting dibalik berdirinya Kekaisaran Mongol / Mongolia. Film ini diawali dengan cerita Temudjin yang saat itu usia 9 tahun diajak oleh ayahnya memilih jodoh untuk dirinya. Akhirnya ia bertemu Borte dan ia berjanji untuk menikahinya 5 tahun lagi. Saat perjalanan pulang, sang ayahnya meninggal karena diracun. Akhirnya ia harus berjuang hidup dalam penderitaan sampai menjadi penakluk daerah jajahan paling disegani sepanjang masa.

15. Film kolosal box office pada masanya: Troy (2004)

Wolfgang Petersen sebagai sutradara berhasil membuat film ini masuk ke dalam film top box office pada tahun 2005 silam. Troy juga berhasil menjadi salah satu film kolosal terbaik yang mendapatkan penghargaan dari ASCAP Film TV and Music Awards. Hadirnya sosok pemeran papan atas Brad Pitt tentu menambah keseruan film ini. Film ini memiliki alur yang simpel, tapi sangat bagus untuk dinikmati. Bercerita tentang Menelaos (Raja Sparta) yang tidak terima istrinya dibawa ke Trojan karena dipengaruhi oleh Paris. Ia memerintahkan Agamemnon untuk mengambil kembali istrinya sekaligus menyerang Trojan. Namun Trojan dibawah kepemimpinan Hector sangat tangguh saat itu, hingga akhirnya berkat keterlibatan Achilles, Yunani bisa memenangkannya.

Lihat juga:  13 Film Thailand Horror Komedi, Mau Serem tapi Ketawa

16. Menceritakan kisah pangeran Yahudi yang dikhianati: Ben-Hur (1959)

Walaupun Ben-Hur merupakan film lawas yang dibuat dengan tidak menggunakan teknologi modern seperti CGI, tapi film ini mengedepankan kekuatan akting para tokoh pemainnya. Film ini dibuat dengan penuh akan totalitas yang berisi cerita penuh dramatisasi. Pantas saja jika Ben-Hur berhasil memenangkan puluhan lebih piala oscar setelah beberapa tahun diluncurkan. Judah Ben-Hur sebenarnya ialah Pangeran Yahudi (Israel), namun saat itu Yahudi masih jadi daerah kekuasaan Romawi. Ia bernasib buruk karena dikhianati dan dijual oleh temannya sendiri untuk menjadi budak Romawi. Akhirnya ia membalas dendam kepada orang Romawi karena telah menindasnya dan kaumnya untuk merebut kemerdekaannya kembali.

17. Film kolosal yang diadaptasi dari game: Warcraft: The Beginning (2016)

Film ini merupakan adaptasi dari game Warcraft yang sudah begitu mendunia dan dimainkan banyak orang. Kamu yang suka memainkan video game warcraft, wajib untuk nonton film ini. Dijamin penuh dengan keseruan disamping ceritanya sendiri juga sangat aksi heroik yang super keren. Isi cerita dalam film ini juga hampir sama dengan misi yang ada pada game. Yakni mengisahkan perjuangan manusia yang harus melawan makhluk asing yang keluar dari portal portal sihir. Manusia tidak bisa melawannya sendiri, sehingga ia harus bergabung dengan orc agar bisa menyatukan kekuatan untuk melawan makhluk tersebut.

18. Film kolosal Cina dengan scene perang yang masif: Red Cliff (2008)

Red Cliff menjadi salah satu film kolosal terbaik dari negeri tirai bambu. Sebagai karya spektakular yang dibuat oleh sutradara senior yakni John Woo, film sejarah ini dibuat dalam 2 bagian. Untuk itu, bila kamu mau menontonya, pastikan memiliki versi lengkapnya ya. Bagi yang pernah mentonton film THREE KINGDOMS: RESURRECTION OF THE DRAGON, sebenarnya film ini hampir mirip, hanya saja ceritanya dibuat dengan berdasarkan fakta yang lebih detail. Menceritakan penaklukan kekaisaran yang dimpimpin oleh Liu Bei dan Sun Quan oleh Kaisar Xian. Penaklukan ini menghadapkan kepada pertempuran yang tak kunjung henti.

19. Film kolosal barat 1800 an yang mengisahkan strategi menyusun perang: Master and Commander (2003)

Russel Crowe dan Paul Bettany bermain dengan penuh totalitas dalam film ini. Walau membutuhkan biaya yang besar dalam pembuatannya, berkat kerja keras semua orang yang terlibat film ini berhasil mendapatkan kesukesan yang cukup besar. Selain itu film ini juga menuai pujian dari para kritikus film. Film Master and Commander: The Far Side of the World yang berlatar belakang tahun 1800 an ini mengisahkan tentang Jack Aubrey yang merupakan kapten kapal perang Inggris yang bertugas dalam misi mengalahkan Ancheron. Namun ia menyadari bahwa kekuatan yang dimilikinya tidak mampu menembus pertahan dari Ancheron. Lalu strategi apakah yang akan mereka gunakan?.

 

20. Film kolosal tentang seorang Gladiator Romawi dalam misi penyelamatan: Centurion (2010)

Ada sebagian orang yang gemar menonton film kolosal karena ada adegan perangnya. Jika kamu juga demikian halnya, maka Centurion adalah tontonan wajib untukmu. Film ini penuh akan aksi dan strategi perang yang begitu mendebarkan saat ditontonnya. Film ini menceritakan tentang mantan gladiator tangguh yakni Centurion Quintis Dias yang juga merupakan seorang perwira Romawi. Berkat ketangguhan dan kecerdasannya, ia dipercaya untuk menjalankan tugas penyelamatan Jenderal Romawi yang ditawan musuh. Ia dan pasukan yang telah dilatihnya harus berjuang mati-matian dalam misi penyelamatan ini.

21. Film kolosal yang diperankan aktor kenamaan Johnny Depp: Pirates of the Caribbean: Dead Man’s Chest (2006)

Film yang diluncurkan tahun 2006 ini merupakan sequel dari film pertamanya yang berjudul “The Curse of Black Pearl”. Menceritakan tentang perjalanan Jack Sparrow dalam menghindari perbudakan jiwanya dengan cara dia harus memulihkan hati Jones. Tanpa disadari, ia harus bersaing dengan orang lain yang juga ingin merebut hati Jones untuk tujuan masing-masing.

22. Film kolosal Cina yang dibuat Disney: Mulan (2020)

Film buatan Disney ini diperankan oleh aktor terkenal dari Cina. Sebut saja Jet-Li, Donnie Yen, dan pemeran utamanya Liu Yifei. Mulan (2020) menceritakan tentang kisah seorang gadis desa bernama Mulan. Tak hanya cantik parasnya, ia memiliki keahlian dalam seni bela diri dan kekuatan yang berasal dari phoenix. Masalah terjadi ketika kaisar Tiongkok mengeluarkan perintah untuk setiap laki-laki dalam keluarga ikut dalam pasukan militer. Mulan yang mengetahui ayahnya yang tidak sehat akhirnya memutuskan untuk ikut dalam pasukan tersebut untuk berlatih.


Dari beberapa macam film kolosal terbaik di atas, manakah yang paling menarik dan mengesankan menurut kalian?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *